Masuk Angin Tidak Termasuk Penyakit Dalam Dunia Medis, Lantas Apa Penyebabnya?

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

DokterSehat.Com– Masuk angin adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang masyarakat tanah air. Sebenarnya, kondisi ini juga dikenal oleh masyarakat dari beberapa negara lainnya layaknya masyarakat Filipina yang juga menyebutnya dengan nama yang mirip, yakni pasok hangin. Namun, tahukah anda jika dunia medis tidak mengenal penyakit masuk angin? Lantas, apa sebenarnya penyebab dari masalah kesehatan ini?

Pakar kesehatan menyebut masuk angin sebagai kondisi dimana kita merasa tidak enak badan yang diduga akibat dari banyaknya angin yang memasuki tubuh. Biasanya, hal ini muncul setelah kita kehujanan, melakukan kegiatan di luar rumah, atau berada di dalam ruangan ber-AC. Penyakit ini cenderung mirip dengan gejala flu atau influenza meskipun kita juga akan merasakan gejala tambahan seperti kembung, pegal-pegal, begah, terus buang angin, mual-mual, kedinginan, dan lain sebagainya.

Bukannya tidak mau memastikan kondisi ini sebagai salah satu penyakit, pakar kesehatan ternyata menganggap gejala masuk angin ini sebagai akibat dari menurunnya daya tahan tubuh dan masih belum cukup untuk dianggap sebagai penyakit. Biasanya, kondisi ini dipicu oleh tubuh yang sudah terlalu kelelahan atau tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau seimbang.

Meskipun tidak diklasifikasikan sebagai penyakit, masalah masuk angin ini juga tidak bisa serta merta dibiarkan begitu saja. Jika kita tidak segera meningkatkan daya tahan tubuh, maka kondisi ini bisa berkembang menjadi penyakit yang lebh serius. Karena alasan inilah ada baiknya kita harus segera beristirahat dengan cukup, mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gizi yang baik, dan jika perlu, mengkonsumsi bahan-bahan herbal atau suplemen vitamin yang akan membuat sistem imun tubuh kembali membaik sehingga badan pun akan kembali enakan.