Apakah Masturbasi Saat Haid Berbahaya? Ini Manfaat dan Risikonya!

masturbasi-saat-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Sebagian orang menganggap masturbasi pada wanita adalah hal yang tabu. Pada dasarnya, masturbasi adalah aktivitas yang wajar untuk dilakukan. Masturbasi juga bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat masa menstruasi. Bahkan, masturbasi saat haid dipercaya dapat meredakan nyeri haid, benarkah?

Masturbasi pada Wanita

Seperti yang kita ketahui, memenuhi hasrat seksual adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Selain melalui hubungan seksual, sebagian orang juga melakukan masturbasi untuk mendapatkan kepuasan seksual.

Masturbasi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual dengan memberikan rangsangan pada diri sendiri. Aktivitas ini wajar dilakukan baik oleh pria maupun wanita, bahkan yang sudah memiliki pasangan.

Dilansir dari sheknows, sebuah survei yang dilakukan oleh Superdrug pada 979 orang Eropa dan Amerika menunjukkan bahwa sebanyak 88% wanita melakukan masturbasi dan pria sebanyak 96%. Rata-rata wanita melakukan masturbasi sebanyak dua kali dalam satu minggu. Sedangkan pria lebih sering, yaitu rata-rata 4 kali seminggu.

Jumlah pria yang melakukan masturbasi dan intensitas masturbasi pada pria memang lebih tinggi. Namun hal jumlah 88% dan intensitas dua kali seminggu tetap membuktikan bahwa masturbasi juga menjadi kebutuhan yang tidak jauh berbeda untuk pria maupun wanita.

Manfaat Masturbasi bagi Wanita

Masturbasi untuk wanita juga memberikan beberapa manfaat yang tidak disangka-sangka. Berikut adalah beberapa manfaat masturbasi bagi wanita secara umum:

  • Wanita lebih nyaman dan lebih mengenali tubuhnya sendiri
  • Meningkatkan mood, membuat lebih rileks dan bahagia
  • Menurunkan stres
  • Membatu tidur lebih nyeyak
  • Mendapatkan orgasme berkali-kali yang mungkin tidak didapatkan ketika berhubungan seks
  • Memperkuat otot panggul
  • Mencegah infeksi serviks dan saluran kemih.

Masturbasi Saat Haid, Bolehkah?

Jika masturbasi adalah aktivitas rutin yang bisa dilakukan oleh wanita, tentunya akan muncul pertanyaan apakah masturbasi juga bisa dilakukan saat haid? Sebagian wanita mungkin merasakan gairah seksualnya justru meningkat ketika sedang menstruasi.

Sama seperti berhubungan seksual saat haid, masturbasi saat haid juga masih banyak dipertanyakan keamanannya. Sebelumnya, ketahui lebih dulu risiko dan manfaatnya berikut ini!

Manfaat masturbasi saat haid

Manfaat masturbasi saat haid tentunya tidak berbeda jauh dengan manfaat masturbasi bagi wanita secara umum. Namun adakah manfaat khusus dari masturbasi saat haid? Sebagian ahli justru berpendapat bahwa masturbasi adalah salah satu aktivitas yang disarankan untuk dilakukan saat haid.

Masturbasi dipercaya dapat membantu meringankan nyeri yang biasanya dirasakan ketika haid. Ketika mencapai orgasme, toleransi terhadap rasa sakit meningkat, sehingga rasa nyeri dapat mereda. Selain itu, rahim juga berkontraksi sehingga ketegangan pada rahim yang menyebabkan nyeri perut saat haid juga juga berkurang.

Selain nyeri perut, sebagain wanita juga mengalami migrain selama menstruasi. Gejala ini juga dapat berkurang ketika seseorang mendapatkan orgasme dari masturbasi saat haid.

Risiko masturbasi saat haid

Selain manfaat masturbasi saat haid, tentunya terdapat juga beberapa risiko dari aktivitas ini. Risiko dari masturbasi ketika haid tidak berbeda dengan risiko berhubungan seks saat haid. Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah terjadinya infeksi.

Area kewanitaan memang sensitif dan akan menjadi lebih sensitif ketika sedang menstruasi. Kondisi mulut rahim yang sedikit terbuka membuatnya lebih rentan terhadap virus dan bakteri. Maka dari itu, melakukan masturbasi saat haid harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Risiko lain yang mungkin terjadi adalah meningkatnya risiko terkena endometrioisis. Darah haid yang seharusnya keluar mungkin akan tertahan atau kembali ke rahim saat melakukan hubungan seks atau masturbasi.

Kondisi ini yang dapat memicu terbentuknya jaringan baru yang bisa menyebabkan endometriosis. Jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa ketika menstruasi dan juga bisa memicu kista.

Cara Marturbasi Saat Haid yang Benar

Melihat adanya manfaat sekaligus risiko dari melakukan masturbasi saat haid, tentunya aktivitas ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan masturbasi saat haid:

1. Pastikan Anda memang menginginkannya

Masturbasi saat haid memang dapat meredakan nyeri hingga migrain, namun bukan berarti ini merupakan solusi satu-satunya untuk mengatasi gejala menstruasi tersebut. Sebagian wanita mungkin mengalami peningkatan libido ketika menstruasi, namun sebagian lainnya justru merasa kurang tertarik dengan aktivitas seksual.

Jika memang Anda menginginkan untuk melakukan masturbasi, maka boleh dilakukan. Jika tidak, coba untuk mengonsumsi lebih banyak air putih dan istirahat yang cukup untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

2. Pilih cara masturbasi saat haid yang tidak berisiko

Cara masturbasi saat haid yang benar adalah dengan memilih gaya masturbasi yang lebih minim risiko. Anda bisa memilih menyilangkan paha dan melakukan gerakan berirama untuk merangsang klitoris. Cara lainnya adalah dengan memberikan rangsangan dengan menyentuh area sensitif lain seperti payudara.

3. Jaga kebersihan area kewanitaan dan tubuh

Menjaga kebersihan juga merupakan hal yang sangat penting diperhatikan ketika ingin melakukan masturbasi saat haid. Jika memang ingin menggunakan sex toy atau menggunakan jari, maka sebelumnya pastikan mainan atau jari Anda dalam keadaan bersih.

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya infeksi. Selain itu, masturbasi saat haid juga mungkin akan sedikit lebih berantakan karena adanya darah haid. Siapkan handuk atau semacamnya untuk membersihkan darah tersebut. Bersihkan diri juga ketika selesai melakukan masturbasi.

4. Jangan terlalu sering

Melakukan masturbasi selama dua kali seminggu adalah hal normal. Melakukannya setiap hari mungkin dapat meningkatkan risiko infeksi akibat iritasi pada vagina. Jadi meskipun masturbasi saat haid aman untuk dilakukan, tapi jangan melakukannya secara berlebihan ya, ladies!