Terbit: 27 September 2019 | Diperbarui: 28 September 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masturbasi masih menjadi sesuatu cukup menarik di kalangan pria. Ada pria yang melarang melakukannya karena bisa menyebabkan impotensi. Selain itu, ada yang menyarankannya kalau sedang stres karena bisa membuat tubuh jadi segar. Nah, kira-kira mana yang benar dari saran yang dikeluarkan beberapa pria tersebut?

Berapa Kali Pria Bisa Masturbasi Selama Seminggu?

Masturbasi yang Normal

Sebenarnya masturbasi bisa dilakukan dan cukup normal. Melakukan masturbasi juga memberikan manfaat meski efek sampingnya juga cukup banyak kalau berlebihan. Dengan kelebihan dan kekurangan ini kira-kira berapa kali masturbasi bisa dilakukan dengan aman dalam jangka waktu satu minggu?

Banyak pria yang bilang kalau masturbasi terlalu banyak bisa menyebabkan masalah pada kekuatan ereksi sampai mengalami impotensi. Hal-hal seperti ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar dan juga salah. Oleh karena itu kita harus tahu seperti apa masturbasi yang dikatakan normal dan tidak.

Masturbasi dalam Seminggu yang Aman

Sebenarnya tidak ada pakem terkait jumlah atau frekuensi masturbasi yang aman. Masalah aman dan tidaknya juga tergantung dengan kebiasaan atau kehidupan dari pria. Misal, pada pria yang sudah menikah. Karena mereka bisa melakukan seks selama 1-2 kali seminggu, masturbasi tentu tidak bisa dilakukan lebih dari 2 kali.

Kalau pria belum menikah dan tidak ingin melakukan premarital seks, mereka sangat disarankan untuk melakukan masturbasi. Sekitar 1-2 kali dalam satu minggu saja mungkin sudah cukup. Yang penting, masturbasi bisa mengakomodasi kebutuhan yang dimiliki oleh pria setiap minggunya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Pria bisa melakukan masturbasi lebih dari 2 kali dalam seminggu. Namun, mereka harus memperhatikan banyak hal. Pertama, apakah masturbasi itu benar-benar dibutuhkan. Kalau tidak bisa dihindari dengan melakukan aktivitas lain. Selanjutnya, apakah masturbasi mengganggu kehidupan sehari-hari atau tidak? Kalau mengganggu hari dikurangi.

Kalau pria memaksakan diri untuk melakukan masturbasi secara reguler setiap hari, bisa jadi mereka kecanduan. Kalau sudah ada pada fase ini, kehidupan seks yang lebih aktual akan terganggu. Masturbasi juga bisa dikatakan tidak normal lagi karena memicu gangguan psikis.

Manfaat Masturbasi pada Pria

Masturbasi yang dilakukan dengan frekuensi benar dan tidak berlebihan memiliki cukup banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat masturbasi selengkapnya.

  • Menurunkan stres yang berlebihan. Pria yang bekerja di kantor cenderung memiliki banyak tekanan akibat pekerjaan. Ada kalanya mereka tidak bisa mengendalikan stres sehingga pekerjaan jadi kacau. Masturbasi bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut dengan mudah.
  • Membuat pria tidur dengan nyenyak. Pria yang susah tidur dan insomnia biasanya terbantu dengan melakukan masturbasi. Hormon yang memberikan efek relaks bisa membuat pria mudah tidur. Namun, jangan gunakan masturbasi sebagai cara untuk tidur setiap harinya, bisa berbahaya dan memicu ketagihan,
  • Menghindari penyakit menular seksual. Pria yang belum menikah akan rawan kalau melakukan seks dengan orang yang bukan pasangan. Itulah kenapa masturbasi harus dilakukan meredakan keinginan bercinta yang berlebihan. Setelah masturbasi, gairah seks pria akan turun dengan sendirinya dan tidak meluap-luap.
  • Mendekatkan pasangan. Masturbasi bisa dilakukan dengan pasangan dalam bentuk masturbasi mutualisme. Pasangan bisa saling memberikan rangsangan hingga klimaks. Hal ini juga bisa menghindarkan pasangan dari penolakan-penolakan seks. Ada kalanya saat tubuh lelah dan bergairah, masturbasi bisa dilakukan bersama.
  • Menurunkan risiko terkena kanker prostat. Dari penelitian yang dilakukan oleh European Urology, mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali dalam sebulan bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Meski demikian, sesuaikan masturbasi dengan kebutuhan dan jangan dipatok harus di angka itu.

Efek Samping Masturbasi pada Pria

Masturbasi yang dilakukan secara berlebihan memiliki banyak efek buruk para pria. Efek buruk ini terdiri dari:

  • Kecanduan masturbasi. Pria yang melakukan masturbasi berlebihan setiap harinya bisa mengalami kecanduan. Kondisi ini akan semakin parah kalau pria sampai melakukan masturbasi dengan bantuan film dewasa. Kalau setiap hari tidak melakukan masturbasi, pria merasa tidak nyaman dalam beraktivitas.
  • Susah mendapatkan ereksi dengan sempurna tanpa rangsangan yang maksimal. Hal ini akan berbahaya pada seks yang dilakukan secara aktual. Anda akan sulit melakukan seks dengan pasangan. Dampaknya, kepuasan tidak akan bisa didapatkan.
  • Sering khawatir saat akan melakukan seks dengan pasangan. Karena melihat video pornografi berlebihan, pria akan merasa kemampuannya tidak sempurna. Kondisi ini menyebabkan mereka takut melakukan seks dan tidak mampu memuaskan pasangannya.
  • Pria jadi mengalami stres atau sering merasa bersalah pasca masturbasi. Rasa bersalah ini akan menyebabkan mood dari pria menjadi berantakan setiap saat. Dampaknya, mereka akan sulit sekali mendapatkan ketenangan saat bekerja. Bahkan, depresi bisa saja memicu banyak hal berbahaya.
  • Mengganggu kehidupan sosial. Pria yang suka masturbasi akan susah sekali melakukan komunikasi dengan orang lain. Biasanya mereka yang mengalami kecanduan cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Kondisi ini akan sangat berbahaya untuk masa depan pria.
  • Kerusakan pada penis karena terlalu sering digunakan. Kalau pria masturbasi secara intens bahkan ekstrem, peluang penis mengalami kerusakan akan besar. Kerusakan bisa saja dalam bentuk lecet atau patah.

Demikianlah ulasan tentang masturbasi yang harus dimengerti oleh pria. Jadi, dalam satu minggu, Anda bisa melakukannya 1-2 kali atau sesuai dengan kebutuhan. Intinya, jangan memaksakan diri.

 

Sumber:

  1. Scaccia, Annamarya. 2017. Masturbation Effects on Your Health: Side Effects and Benefits. https://www.healthline.com/health/masturbation-side-effects. (Diakses pada 28 September 2019).
  2. Jewell, Tim. 2018. How Often Should a Man Ejaculate? And 8 Other Things to Know. https://www.healthline.com/health/mens-health/how-often-should-a-man-ejaculate. (Diakses pada 28 September 2019).
  3. Cueto, Emma. 2014. How Much Masturbation Is Normal? The Answer Might Surprise You. https://www.bustle.com/articles/27005-how-much-masturbation-is-normal-the-answer-might-surprise-you. (Diakses pada 28 September 2019).

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi