Masturbasi Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi?

Doktersehat-jamur-kelamin-pada-penis

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja melakukan masturbasi demi bisa mendapatkan kepuasan seksual secara solo tanpa perlu merepotkan orang lain. Meski terlihat sebagai tindakan yang tidak etis, pakar kesehatan menyebutkan bahwa melakukan masturbasi bisa memberikan manfaat kesehatan. Sayangnya, ada baiknya kita tidak sering-sering melakukannya karena sebagian pakar menyebut kebiasaan ini bisa memicu masalah tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Times of India, pakar kesehatan menyebut masturbasi bukanlah yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi. Sayangnya, saat kita mengalami ejakulasi atau orgasme, tubuh juga mengalami peningkatan tekanan darah. Hal ini berarti, mereka yang menderita masalah hipertensi rentan terkena masalah tekanan darah tinggi yang bisa memicu dampak buruk lainnya.

Jika sampai penderita hipertensi kesulitan untuk mengendalikan tekanan darahnya dan rajin melakukan masturbasi, maka bukannya akan mengeluarkan sperma saat ejakulasi, justru darah yang akan keluar. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa memicu serangan jantung atau bahkan stroke.

Lantas, apakah hal ini berarti penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak melakukan aktivitas seksual solo ini? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan mereka bisa mengendalikan tekanan darahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat atau rutin mengonsumsi obat penurun tekanan darah, maka risiko untuk mendapatkan masalah karena bermasturbasi pun bisa ditekan.

Bagaimana jika saat melakukan masturbasi darah ikut keluar bersama dengan sperma? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini normal terjadi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya beberapa hormon tatkala adrenalin meningkat sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hanya saja, jika darah terus keluar setiap kali ejakulasi, bisa jadi ada masalah kesehatan yang tentu harus diperiksakan ke dokter.