Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak hanya untuk dimakan, telur ternyata juga mampu membuat rambut cantik dan teratur. Rambut Anda yang cenderung kusut tidak beraturan juga bisa kembali tertata cantik dan teratur dengan bantuan telur. Berikut ini bagaimana Anda bisa memanfaatkan telur untuk kesehatan rambut Anda.

Masker Telur Agar Rambut Cantik dan Teratur

1. Telur Membantu Pertumbuhan Rambut

Anda bermasalah dengan rambut rontok atau rambut yang menipis? Bisa gunakan masker telur sebagai jawabannya. Telur mengandung protein yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, telur juga mengandung zat besi, zinc, fosfor, sulfur, serta selenium yang bermanfaat untuk rambut.

Agar Anda dapat merasakan manfaatnya, kocok lepas dua kuning telur dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Ratakan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Biarkan 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker rambut ini antara dua sampai tiga kali saja dalam satu bulan, dan rasakan manfaatnya.

2. Telur Memperbaiki Rambut Rusak

Rambut Anda mengalami kerusakan karena beberapa hal? Tidak usah khawatir,m telur bisa diandalkan. Manfaat telur untuk rambut, bisa juga sebagai penyelamat rambut Anda yang bermasalah. Kandungan protein, mineral, asam lemak esensial pada telur, dapat membantu kembali menyehatkan rambut dan mengembalikan kilau alami rambut.

Campurkan satu buah pisang yang sudah dihaluskan dengan satu butir telur an dua sendok makan susu. Tambahkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun murni. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih 60 menit. Lalu bilas dan bersihkan menggunakan shampoo. Lakukan ini satu minggu sekali.

3. Telur Membantu Mengatur Rambut Keriting Anda

Rambut keriting Anda sulit diatur? Gunakan maker telur! Kandungan lemak dan protein pada telur berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut keriting Anda. Caranya cukup mudah, kocok satu atau dua telur, bergantung panjang rambut, lalu campurkan dengan minyak zaitun. Diamkan masker tersebut di rambut Anda sekitar 30 menit. Lalu bilas dan cuci hingga bersih. Ulangi dan rutinkan penggunaan masker telur ini satu minggu sekali.

Bagaimana? Manfaat telur untuk rambut ini apakah sudah cukup menginspirasi Anda? Kalau begitu, selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi