Terbit: 3 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Antonius Hapindra Kasim


Bagaimana cara memanfaatkan masker teh hijau untuk kecantikan? Simak ulasannya berikut ini. Teh hijau dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Selain diminum, teh hijau juga dapat dimanfaatkan menjadi masker yang dapat memberikan manfaat untuk kulit.

masker-teh-hijau-doktersehat

Manfaat Masker Teh Hijau

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan masker teh hijau, Anda harus mengetahui lebih dulu manfaat dari bahan alami yang sangat kaya antioksidan satu ini.

Berikut adalah manfaat masker teh hijau yang tidak boleh dilewatkan:

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Masker teh hijau dapat menjadi salah satu solusi bagi wajah berminyak akibat produksi sebum yang berlebihan.

Sebuah penelitian menunjukkan 5% ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan sekresi sebum secara signifikan dalam 60 hari. Penelitian lainnya menunjukkan pengurangan sebum hingga 70% berkat penggunaan produk dengan kandungan ekstrak teh hijau  3% selama 8 minggu.

Diduga kandungan tanin dalam teh hijau berperan untuk mengecilkan pori-pori yang kemudian membuat sekresi sebum berkurang. Mengurangi sekresi sebum adalah salah satu solusi tepat untuk kulit berminyak dibandingkan hanya mengurangi jumlah minyak yang ada di wajah.

2. Sifat Antibakteri dan Antiinflamasi

Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Kedua sifat ini sangat dibutuhkan kulit untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kulit. Hal ini yang membuat teh hijau dianggap sebagai salah satu bahan alami potensial yang dipercaya dapat membantu dalam berbagai masalah kulit.

3. Sebagai Exfoliator

Teh hijau juga dijadikan sebagai gentle exfoliator.

Exfoliator dibutuhkan untuk membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit. Selain menghilangkan sel kulit mati, exfoliator juga membantu menghilangkan minyak berlebih dan polutan yang ada di kulit.

Kulit yang bersih dapat terlihat lebih cerah dan tentunya juga akan terhindari dari berbagai masalah kulit.

4. Mengurangi Jerawat dan Komedo

Seperti yang kita ketahui, produksi sebum berlebih adalah salah satu penyebab utama dari munculnya jerawat dan komedo di wajah.

Manfaat masker teh hijau yang dapat membantu mengurangi produksi sebum tentunya juga dapat turut membantu mengurangi jerawat dan komedo. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dibutuhkan untuk membantu merawat jerawat.

Dapat dikatakan bahwa teh hijau dapat membantu mempercepat kesembuhan jerawat sekaligus mencegah jerawat untuk datang kembali.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami Sebelum Tidur untuk Wajah Glowing!

5. Melindungi dari Sinar UV

Teh hijau memiliki kemampuan perlindungan dari sinar UV.

Paparan sinar UV tentunya tidak dapat kita hindari sepenuhnya, tapi kita dapat melakukan berbagai cara untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan sinar UV. Kandungan antioksidan polifenol dalam teh hijau dipercaya mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu menetralisir kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Dengan perlindungan ini, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kulit akibat paparan sinar UV.

6. Memperlambat Penuaan

Penuaan memang tidak dapat dicegah, tapi paling tidak kita dapat mencegah penuaan terjadi lebih cepat.

Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG), sejenis senyawa katekin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Penelitian menunjukkan bahwa EGCG mampu untuk mengaktifkan kembali sel kulit yang sekarat, meskipun efek ini hanya terbatas pada lapisan luar kulit.

Teh hijau juga memiliki sejumlah antioksidan lain yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menghindarkan Anda dari kemunculan bintik hitam dan keriput.

Kemampuan teh hijau untuk melindungi dari sinar UV juga tentunya berpengaruh, karena paparan sinar UV  termasuk ke dalam salah satu pemicu dari munculnya tanda-tanda penuaan.

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Selain menimbulkan gejala penuaan, paparan sinar UV juga dapat memicu kanker kulit.

Ya, paparan sinar UV berlebihan memang menjadi salah satu penyebab kanker kulit paling umum. Sebuah penelitian membuktikan bahwa aplikasi teh hijau secara topikal ditambah dengan konsumsi oral dapat mencegah perkembangan kanker yang diinduksi oleh sinar UV.

Kandungan polifenol dan EGCG dalam teh hijau membantu mencegah respons inflamasi yang dipicu paparan sinar UV, stres oksidatif, dan juga imunosupresi.

8. Mengurangi Kantung Mata

Kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata dapat terbentuk ketika kita kurang tidur dan kelelahan.

Kondisi ini tentunya sangat mengganggu penampilan. Salah satu manfaat masker teh yang sudah banyak dicoba adalah membantu mengatasi masalah satu ini. Kompres dari kantong teh dingin dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar area mata sehingga kantong mata berkurang.

9. Melembapkan Kulit

Manfaat masker teh hijau yang sayang sekali dilewatkan selanjutnya adalah melembapkan kulit.

Kulit yang lembap adalah salah satu kunci dari kulit yang sehat. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam teh hijau dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sebuah studi menunjukkan peningkatan kelembapan dan kekasaran kulit setelah penggunaan ekstrak teh hijau selama 15-30 hari.

Cara Pakai Masker Teh Hijau

Ada banyak sekali cara untuk meracik masker teh hijau. Anda dapat menggunakan bubuk teh hijau (matcha) maupun daun teh hijau. Anda juga dapat mencampurkan masker dengan bahan alami lain sesuai dengan kebutuhan kulit.

Berikut adalah salah satu cara pakai masker teh hijau yang bisa Anda coba:

  • Campurkan 1 sdt bubuk teh hijau, 1 sdt gula pasir, 1 sdt madu, dan air secukupnya dalam sebuah wadah, aduk hingga merata.
  • Bersihkan wajah, kemudian aplikasikan masker ke seluruh wajah sambil dipijat dengan lembut.
  • Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit hingga masker kering.
  • Bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

Masker di atas dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Masker dapat diaplikasikan 2-3 kali seminggu. Penggunaan secara rutin dan konsisten dibutuhkan apabila Anda menginginkan hasil yang maksimal.

Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu seperti kulit kering atau kulit berjerawat, Anda dapat menyesuaikan campuran masker sesuai dengan kebutuhan kulit. Efek pada setiap orang tentunya akan berbeda-beda, apabila penggunaan masker teh hijau menimbulkan efek negatif pada kulit, maka jangan lanjutkan perawatan.

 

 

  1. Higuera, Valencia. 2019. 5 Benefits of a Green Tea Face Mask and How to Make One. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask. (Diakses 3 Februari 2020).
  2. Leonard, Jayne. 2019. 8 Reasons You Should Start Putting Green Tea on Your Face + Recipes!. https://www.naturallivingideas.com/green-tea-on-face/. (Diakses 3 Februari 2020).
  3. Sinha, Ramona. 2020. 12 Green Tea Face Packs For Different Skin Types. https://www.stylecraze.com/articles/green-tea-face-packs-for-different-skin-types/#gref. (Diakses 3 Februari 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi