Ini Alasan Mengapa Masker Selai Kacang Bisa Membuat Kulit Sehat

masker-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Merawat kulit wajah agar tetap sehat adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara paling efektif untuk merawat kulit wajah adalah dengan menggunakan masker wajah secara rutin. Selain menggunakan produk masker wajah yang beredar dipasaran, Anda juga bisa menggunakan masker wajah alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Ada banyak sekali pilihan bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai masker wajah mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, hingga makanan olahan seperti selai kacang. Ya, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ternyata masih banyak orang yang memiliki anggapan yang salah dan percaya dengan mitos tentang selai kacang.

Manfaat dan Mitos Selai Kacang

Kandungan protein, vitamin A, C, E, dan juga berbagai antioksidan dalam selai kacang membuat selai kacang tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat. Konsumsi selai kacang mampu membantu program diet hingga menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Pendapat bahwa selai kacang dan makanan berbahan dasar kacang lainnya menyebabkan jerawat juga merupakan mitos belaka. Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa kacang, ice cream, dan coklat bukanlah pemicu jerawat. Penyabab jerawat sebenarnya adalah gula yang mampu meningkatkan insulin dalam darah dan produksi hormon endrogen berlebih.

Jadi yang sebaiknya Anda hindari adalah selai kacang dengan kandungan gula yang tinggi. Selai kacang tawar adalah pilihan paling tepat untuk dikonsumsi.

baca juga : Suka Makan Selai Kacang? Rasakan Manfaat Sehat Ini

Masker Selai Kacang untuk Kulit Sehat

Nah, selain baik untuk dikonsumsi, selai kacang tawar juga bisa Anda jadikan sebagai perawatan kulit dari luar. Selai kacang yang kaya akan vitamin E, mampu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak kering dan rusak. Vitamin E juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Perlu Anda ketahui bahwa paparan sinar UV A dapat memicu penuaan dini, sedangkan sinar UV B mampu membakar kulit dan menjadikannya lebih gelap. Dengan kata lain, selai kacang ini juga mampu untuk membantu mencegah penuaan dini dan juga menjaga kecerahan kulit.

Selain vitamin E, terdapat juga kandungan vitamin B3 dan magnesium yang akan membantu mengangkat kotoran di kulit agar lebih maksimal. Dengan terangkatnya kotoran di kulit, maka akan mencegah perkembangan bakteri yang bisa memicu timbulnya infeksi pada kulit.

Masker selai kacang juga sebaiknya menggunakan selai kacang tawar. Hal ini untuk menghindari adanya zat yang ternyata tidak baik untuk kulit. Jika ragu dengan kandungan produk selai kacang yang ada dipasaran, Anda juga bisa membuat selai kacang sendiri dengan cara mencampurkan kacang tanah, madu murni, dan juga minyak zaitun.

Cara penggunaan masker selai kacang adalah dengan mengaplikasikan selai kacang tawar langsung pada wajah Anda. Hati-hati ketika mengaplikasikannya di area sensitif seperti di bawah mata. Setelah selai kacang merata di wajah, diamkan selama 15 hingga 20 menit atau hingga selain kacang mengering. Setelah selai kacang mengering, bersihkan perlahan dengan menggunakan tangan Anda, baru kemudian bilas dengan air hangat.

Masker selai kacang juga bisa Anda padukan dengan bahan alami lainnya. Anda bisa mencampurkan selai kacang dengan strawberry untuk mengurangi kerutan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan selai kacang dengan timun untuk mengatasi kantung mata yang hitam.

Jika menginginkan masker wajah alami untuk mencerahkan, campurkan selai kacang dengan perasan lemon atau buah alpukat. Campuran selai kacang dan perasan lemon juga mampu untuk mengurangi komedo pada wajah berminyak. Sedangkan untuk pemilik kulit kering, campurkan selai kacang dengan putih telur dan dapatkan wajah yang lembab dan juga lebih kencang.

Gunakanlah masker selai kacang ini sebanyak dua kali seminggu untuk mengatasi berbagai masalah kulit Anda dan mendapatkan kulit yang sehat. Hal lain yang perlu diperhatikan dari penggunan masker selai kacang ini adalah adanya alergi kacang. Jika Anda mengalami alergi ketika mengonsumsi kacang, maka sebaiknya Anda juga menghindari perawatan dengan masker wajah dari selai kacang ini.