Manfaat dan Cara Membuat Masker Oatmeal

masker-oatmeal-doktersehat

DokterSehat.ComOatmeal terkenal sebagai makanan yang memilki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat oatmeal untuk kesehatan antara lain adalah membantu menurunkan kolesterol jahat, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, oatmeal yang lama diserap dalam lambung juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu diet.

Ternyata selain memiliki manfaat bagi tubuh, oatmeal juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Masker oatmeal merupakan salah satu jenis masker rumahan banyak direkomendasikan oleh para beauty vlogger. Selain harganya terjangkau, oatmeal juga sangat mudah didapat.

Penasaran bagaimana oatmeal dapat bermanfaat untuk kecantikan? Berikut adalah manfaat masker oatmeal dan juga cara membuatnya!

Manfaat Masker Oatmeal

Masker oatmeal banyak disukai karena cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit mulai dari berminyak, berjerawat, kulit kering, hingga kulit sensitif. Manfaat oatmeal untuk kecantikan bisa berbeda-beda bergantung pada campuran masker yang Anda pilih. Sebelum beralih ke bahan dan cara membuat masker oatmeal, ketahui dulu manfaat-manfaat masker oatmeal berikut ini!

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat oatmeal untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mengatasi kulit kering. Masker oatmeal dapat mengembalikan kelembapan kulit wajah kita dan bersifat menenangkan kulit. Bukan hanya kulit yang kering saja, kulit kasar dan juga iritasi pada wajah juga bisa diredakan menggunakan masker oatmeal. Hal ini disebabkan karena oatmeal memang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker wajah dari oatmeal juga bermanfaat sebagai eksfoliator alami. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Maka dari itu, kita proses ekfoliasi harus dilakukan secara rutin pada wajah. Tekstur oatmeal yang sedikit kasar juga menjadikan oatmeal sangat cocok untuk dijadikan bahan scrub.

Anda juga tidak perlu khawatir akan mengalamai iritasi atau kemerahan jika mengekfoliasi kulit wajah dengan oatmeal karena oatmeal memiliki sifat menenangkan kulit seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Mengatasi Jerawat

Manfaat oatmeal untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Oatmeal yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, mampu untuk mengatasi segala jenis peradangan di wajah, termasuk juga jerawat. Kandungan saponin dalam oatmeal juga membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Jadi, jerawat bukan hanya akan hilang dari wajah tetapi juga enggan untuk kembali lagi.

Mencerahkan Kulit

Penggunaan masker oatmeal secara rutin juga bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat oatmeal yang mampu membersihkan wajah dengan maksimal dan juga mengatasi berbagai masalah kulit akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Setelah semua masalah kulit berkurangan dan kulit selalu dalam keadaan bersih dan sehat, maka efek kulit yang lebih cerah juga akan Anda dapatkan.

Cara Membuat Masker Oatmeal

Setelah mengetahui apa saja manfaat oatmeal untuk kecantikan, sekarang saatnya kita membuat masker oatmeal sesuai dengan kebutuhan kita. Terdapat beberapa bahan yang umum dicampurkan dengan oatmeal untuk dijadikan masker. Masker oatmeal dan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat, masker oatmeal dan gula untuk mengangkat sel kulit mati, masker oatmeal dan madu untuk melembapkan kulit, dan masker oatmeal ditambah greek yogurt untuk mencerahkan kulit.

cara membuat masker oatmeal:

  • Hancurkan satu sendok oatmeal, bisa gunakan blender atau ditumbuk.
  • Campurkan oatmeal dengan bahan tambahan seperti jeruk nipis, madu, gula, atau greek yogurt secukupnya. Sesuaikan bahan dengan kebutuhan kulit Anda.
  • Aduk bahan-bahan hingga rata dan memiliki kekentalan seperti masker pada umumnya. Jika campuran terlalu kental, bisa tambahkan air hangat sesuai dengan kebutuhan.
  • Aplikasikan masker oatmeal ke seluruh wajah. Jika terdapat sisa masker, aplikasikan juga ke bagian leher.
  • Diamkan masker selama 15 hingga 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan wajah dengan handuk.
  • Aplikasikan masker sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Manfaat oatmeal untuk kecantikan bisa Anda rasakan dengan penggunaan masker wajah ini dengan rutin dalam waktu beberapa minggu. Pilihan oatmeal sebagai masker wajah terbilang sangat praktis karena bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit wajah tanpa takut menimbulkan efek samping untuk wajah. Selamat mencoba!