Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sudah pernahkah Anda mendengar tentang masker labu kuning? Jenis buah labu yang menjadi ikon perayaan Halloween ini adalah buah yang sudah familiar di Indonesia. Tapi tentunya labu kuning lebih dikenal sebagai santapan enak daripada sebagai bahan masker wajah. Labu kuning biasa disantap dengan caraa direbus, dijadikan isian kolak, atau dijadikan campuran kue atau pudding.

Masker Labu Kuning: Manfaat dan Cara Membuat

Labu kuning memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti menajamkan penglihatan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi siapa sangka selain enak untuk disantap dan baik untuk kesehatan, labu kuning juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Perawatan wajah menggunakan masker wajah alami memang terbilang aman dan ekonomis. Labu kuning bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Labu kuning juga sangat mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Apa saja manfaat masker labu kuning untuk kecantikan?

Manfaat Masker Labu Kuning

Sebelum beralih ke bagimana cara membuat masker alami dari labu kuning, ada baiknya Anda mengenal manfaat masker labu kuning untuk kulit berikut ini dulu!

1. Mengatasi jerawat

Manfaat masker labu kuning yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Labu kuning mengandung zat antiinflamasi yang ampuh untuk meredakan peradangan, termasuk juga jerawat. Kandungan vitamin E dan vitamin C dalam labu kuning juga turut meredakan masalah jerawat dan memberikan nutrisi pada kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Mengontrol minyak berlebih

Masalah jerawat sering kali terjadi pada orang yang memiliki karakter kulit berminyak. Tapi meskipun tidak ditumbuhi jerawat, wajah berminyak tetap mengganggu karena bisa membuat wajah jadi terlihat kusam dan membuat make up cepat luntur jadi wajah. Kandungan zinc dalam labu kuning sangat baik untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih tersebut.

3. Melembaplan kulit

Meskipun dapat mengatasi kulit berminyak, masker labu kuning tidak akan membuat kulit Anda menjadi kering. Justru sebaliknya, masker wajah alami yang satu ini juga bisa mengatasi masalah kulit kering Anda. Kandungan antioksidan dan juga vitamin E dalam labu kuning bisa membantu melembapkan kulit. Kulit yang lebih lembap akan menghindarkan Anda dari kulit kering yang terlihat kasar dan kusam.

baca juga : Manfaat dan Cara Membuat Masker Oatmeal

4. Mencerahkan kulit

Labu kuning mengandung enzim yang bekerja seperti AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang sering ditemukan dalam produk pencerah kulit. Masker labu kuning akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati memang merupakan salah satu masalah utama hiperpigmentasi kulit.

Selain itu, kandungan vitamin E dan vitamin A dalam labu kuning juga turut membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Selain wajah yang lebih cerah, penggunaan masker labu kuning secara rutin juga akan mampu menyamarkan noda hitam di wajah.

5. Melawan gejala panuaan

Gejala penuaan bisa datang lebih cepat akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Antioksidan yang berasal dari beta-karoten yang terkandung dalam labu kuning ampuh untuk menangkal radikal bebas dan radiasi akibat sinar UV tersebut. Berbagai vitamin dan mineral lainnya dalam labu kuning juga turut membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit tetap terjaga elastisitas dan kekenyalannya.

Cara Membuat Masker Labu Kuning

Manfaat-manfaat labu kuning untuk kecantikan dipercaya dapat Anda dapatkan hanya dengan mengonsumsinya saja. Tapi, jika Anda ingin hasil yang lebih cepat dan reaksi langsung pada kulit wajah Anda, maka Anda bisa menggunakan masker labu kuning.

Cara membuat dan mengaplikasikan masker labu kuning:

  • Kukus labu kuning hingga matang, lalu tumbuk atau blender labu hingga halus.
  • Ambil 2 sdm labu yang sudah hancur, lalu campurkan dengan 1 sdt madu organik.
  • Bersihkan wajah Anda seperti biasa. Masker wajah akan bekerja lebih efektif pada wajah yang telah bersih.
  • Aplikasikan masker wajah tersebut ke seluruh wajah menggunakan tangan atau kuas. Berhati-hati ketika mengaplikasikannya di sekitar mata dan bibir.
  • Diamkan masker selama kurang lebih 20 menit hingga mengering di wajah.
  • Bilas wajah dengan air hangat.

Anda bisa menggunakan masker wajah dari labu kuning ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Gunakanlah masker ini secara rutin dan rasakan manfaatnya pada kulit Anda setelah beberapa minggu. Anda juga bisa selingi perawatan dengan labu kuning ini dengan perawatan alami lainnya agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga.

  1. Saba. 2019. 21 Amazing Benefits Of Pumpkin For Skin, Hair And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-pumpkin-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses 2 Februari 2020).
  2. Yerkes, Diana. 2019. How to Make a Pumpkin Facial Mask. https://www.wikihow.com/Make-a-Pumpkin-Facial-Mask. (Diakses 2 Februari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi