3 Jenis Makanan Mengandung Kolagen yang Bisa Dijadikan Masker Wajah

doktersehat-tips-merawat-wajah
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Hampir semua orang, khususnya wanita tidak ingin menjadi mengalami penuaan dini. Berbagai cara akan dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi, mulai dari olahraga secara teratur, tidak mengonsumsi makanan secara sembarangan, istirahat yang cukup, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, tanda-tanda penuaan dini bisa terjadi pada wajah, seperti munculnya keriput dan garis halus. Jika demikian, Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan perawatan kulit wajah. Perawatan wajah bisa Anda lakukan di pusat kecantikan atau di rumah dengan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Namun, untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan makanan yang bisa meningkatkan kolagen. Seperti yang Anda tahu bahwa kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi masalah penuaan. Oleh sebab itu, berikut adalah 3 jenis buah yang bisa meningkatkan kolagen, yang bisa Anda jadikan sebagai masker wajah alami.

1. Apokat

Apokat merupakan salah satu buah yang mengandung asam lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apokat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, apokat juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah penuaan. Caranya, haluskan daging apokat, lalu campurkan dengan dua sendok madu. Aplikasikan ke seluruh wajah Anda seperti saat sedang menggunakan masker wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Pisang

Buah selanjutnya yang dapat meningkatkan kolagen adalah pisang. Seperti yang Anda tahu bahwa pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Sehingga, Anda bisa menggunakan pisang sebagai bahan alami dalam pembuatan masker wajah agar masalah penuaan bisa teratasi. Anda bisa menumbuk buah pisang matang sampai halus. Kemudian, campurkan satu sendok teh susu krim. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, aplikasikan ke seluruh wajah Anda. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Nanas

Buah yang bisa meningkatkan kolagen dan bisa dijadikan sebagai masker wajah yang terakhir adalah buah nanas. Cara pembuatan masker nanas cukup mudah, pertama-tama ambil dua potong buah nanas, lalu tumbuk hingga halus. Lalu, buah nanas yang telah halus tersebut campurkan dengan satu sendok gula pasir. Oleskan ke seluruh wajah, kemudian diamkan dan bilas dengan air hangat.