Terbit: 27 Mei 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat masker cokelat sama bagusnya dengan masker lainnya yang bisa mempercantik kulit. Salah satu khasiatnya bisa membuat kulit tampak lebih muda karena cokelat mengandung polifenol, katekin, flavonol, dan antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit, melancarkan aliran darah ke kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan menjaga elastisitas kulit. Selengkapnya simak penjelasan tentang khasiat masker cokelat dan cara membuatnya di bawah ini!

manfaat-masker-cokelat-doktersehat

Manfaat Masker Cokelat untuk Kecantikan Kulit

Tidak sedikit klinik kecantikan kini memiliki perawatan wajah dengan bahan dasar cokelat. Ini karena cokelat memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat masker cokelat untuk kulit wajah:

1. Menyegarkan Kulit

Menurut Jessica Wu, M.D, dokter kulit dan penulis Feed Your Face yang berbasis di Los Angeles, menggunakan masker cokelat dapat membantu menjaga kulit tetap jernih dan terhidrasi.

Cokelat mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu menjaga kulit terhidrasi dan lembap dan membuatnya tampak segar sepanjang hari.

Jika memiliki kulit kasar dan kering, maka penggunaan masker cokelat adalah salah satu solusinya karena memberikan kelembapan pada kulit dan membuatnya tetap terhidrasi, sehingga membuat kulit terlihat segar.

2. Melindungi Kulit dari Radiasi

Dark chocolate atau cokelat hitam terbuat dari biji kakao yang memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah banyak.

Cokelat hitam juga mengandung triptofan, senyawa penting yang memberikan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari sinar matahari, polusi, dan cuaca buruk. Berkat kandungannya, manfaat masker cokelat dapat mencegah dari kerutan dan garis-garis halus di wajah.

3. Memberikan Nutrisi pada Kulit

Masker cokelat dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah karena mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang membuat kulit sehat dan tampak muda. Nutrisi cokelat juga membantu mencegah kulit kering, kulit kasar, flek hitam, dan flek penuaan.

4. Mencerahkan Kulit

Jika memiliki wajah kusam, menggunakan masker cokelat adalah cara yang tepat untuk merawat wajah kusam. Manfaat masker coklat sangat bagus untuk pencerah kulit wajah karena kandungan antioksidan kuat yang ada di dalamnya membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan mengurangi produksi pigmen.

5. Melembapkan Kulit

Selain untuk perawatan wajah kusam, manfaat masker cokelat juga sangat baik untuk merawat kulit kering. Memiliki kulit kering membuat wajah terlihat lusuh dan pucat, jika tidak dirawat dengan baik, kulit akan mengalami penuaan dini.

Oleh karena itu, khasiat luar biasa yang terdapat dalam cokelat akan membantu melembapkan dan membuat kulit wajah tampak bercahaya.

6. Mencegah Penuaan

Penuaan adalah proses alami dan semua orang pasti akan mengalaminya. Salah satu tanda penuaan adalah kulit tampak keriput dan ini tidak dapat dihentikan. Namun, setidaknya Anda bisa memperlambatnya dengan rajin merawat kulit wajah.

Salah satu manfaat masker coklat bisa memperlambat penuaan karena kandungan antioksidan di dalamnya benar-benar dapat mencegah kulit keriput.

7. Mendetoksifikasi Kulit

Jika dikombinasikan dengan kafein (misalnya bubuk kopi), manfaat masker cokelat dan kopi dapat mendetoksifikasi kulit dengan sangat bagus. Masker coklat dan kopi bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu sel-sel kulit baru untuk bernapas dengan baik.

8. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Lagi-lagi peran kandungan antioksidan dalam cokelat bisa membantu merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat di kulit wajah. Jika rutin menggunakan masker cokelat, kulit akan tampak mulus dan tanpa jerawat.

9. Menghaluskan Kulit

Kulit yang terasa kasar bisa menggunakan masker cokelat secara rutin karena mampu membantu menghaluskan kulit. Ini karena cokelat mengandung sifat menghidrasi yang memberikan kelembapan pada kulit dan membuat kulit menjadi lembut, kenyal, dan halus.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengingat manfaat masker coklat sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Bila cokelat dikombinasikan dengan gula akan menjadi scrub yang sangat baik dan akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan memungkinkan sel-sel baru untuk beregenerasi dan karenanya membuat kulit menjadi lembut dan halus.

11. Mengobati Dermatitis Atopik

Ekstrak cokelat juga dapat mengobati gejala dermatitis atopik atau peradangan pada kulit yang ditandai gatal-gatal.

Manfaatnya telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusetts, peneliatian tersebut menemukan bahwa polifenol dalam ekstrak cokelat bisa mengurangi peradangan dan mengobati gejala alergi lain yang berkaitan dengan kondisi kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Cokelat untuk Tubuh, Benar Bisa Meningkatkan Mood?

Cara Membuat Masker Cokelat di Rumah

Jessica Wu, M.D mengatakan bahwa masker wajah yang sudah dikemas kemungkinan mengandung garam atau partikel gula, sehingga Ia menyarankan membuat masker cokelat sendiri di rumah. Selain murah, masker yang dibuat sendiri akan lebih alami, higienis, dan aman untuk kulit wajah.

Berikut ini beberapa cara membuat masker cokelat di rumah:

  • Langkah pertama adalah memilih bubuk cokelat murni atau tidak menggunakan bahan-bahan lainnya seperti pemanis.
  • Menyiapkan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti bubuk kopi, krim kental (bisa pakai susu almond atau yoghurt), dan santan.
  • Campurkan semua bahan-bahan sesuai takaran, yakni 4 sendok makan bubuk cokelat, 4 sendok makan bubuk kopi, 8 Sendok makan krim kental, dan 2 Sendok makan santan.
  • Aduk campuran ini secara merata hingga menjadi pasta yang kental.
  • Masker cokelat siap dioleskan ke wajah secara merata.

Selain bahan-bahan tambahan tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti kayu manis, madu, minyak kelapa, kuning telur, lemon, pisang, stroberi, dan semangka.

Berikut cara menggunakan masker cokelat:

  • Mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu.
  • Keringkan dengan handuk bersih.
  • Oleskan masker cokelat secara merata pada kulit wajah.
  • Biarkan masker selama 20 sampai 30 menit.
  • Setelah 30 menit, bersihkan wajah dengan air bersih.
  • Keringkan wajah dengan handuk.

_

Itu dia manfaat masker coklat yang sangat bagus untuk kecantikan kulit wajah dan cara membuatnya. Meski aman dan bagus untuk kulit, efek samping masker cokelat kemungkinan bisa menimbulkan ruam pada kulit. Oleh karena itu, hati-hati menggunakannya atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi kulit dan alergi!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Cocoa. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-812/cocoa. (Diakses pada 27 Mei 2020)
  2. Khati, Mamta. 2018. Benefits Of Chocolate Face Mask You Probably Didn’t Know. https://www.boldsky.com/beauty/2018/benefits-of-chocolate-face-mask-you-probably-didnt-know-122463.html. (Diakses pada 27 Mei 2020)
  3. Libers, Abigail. Tanpa tahun. Are chocolate face masks bad for your skin?. https://health.howstuffworks.com/skin-care/cleansing/products/are-chocolate-face-masks-bad-for-your-skin-.htm. (Diakses pada 27 Mei 2020)
  4. Sinha, Ramona. 2019. 15 Amazing Homemade Chocolate Face Masks For Flawless Skin. https://www.stylecraze.com/articles/5-chocolate-face-masks-with-detailed-steps-and-pictures/. (Diakses pada 27 Mei 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi