6 Resep dan Cara Memakai Masker Bibir agar Sehat dan Cantik Alami

masker-bibir-doktersehat

DokterSehat.Com – Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik seseorang. Jika bibir sehat dan terawat, maka dapat membuat wajah seseorang juga terlihat lebih cerah. Salah satu cara untuk merawat bibir adalah menggunakan masker bibir. Intip 5 resep masker bibir dan scrub bibir untuk menjaga kesehatan bibir berikut ini!

Fungsi Masker Bibir

Sebelum mengetahui resep dan cara memakai masker bibir. Anda harus mengetahui lebih dulu fungsi dan manfaat dari masker bibir. Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan dari menggunakan masker bibir secara rutin:

1. Menjaga kelembapan bibir

Fungsi masker bibir yang pertama adalah menjaga kelembapan bibir. Bibir yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan terhidar dari masalah bibir kering. Bibir yang lembap juga akan terlihat lebih sehat, lembut, dan juga kenyal.

2. Mengangkat sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati tidak hanya terjadi pada kulit wajah dan tubuh saja, tapi juga bisa terjadi di bibir. Menggunakan scrub bibir secara rutin akan membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan bibir lebih segar. Mengangkat sel kulit mati juga akan menghindarkan bibir dari warna gelap.

3. Menjaga kecerahan bibir

Menginginkan bibir dengan warna cerah alami? Jawabannya adalah perawatan menggunakan masker bibir. Berbagai sebab bibir hilang kecerahannya adalah akibat bibir kering, gaya hidup, hingga penggunaan produk yang salah. Perawatan menggunakan masker bibir dapat membantu Anda mendapatkan bibir merah dan cerah yang diidamkan banyak orang.

Resep dan Cara Memakai Masker Bibir

Jika menginginkan masker bibir atau scrub bibir yang praktis. Anda dapat menggunakan produk masker bibir yang sudah beredar dipasaran. Namun jika Anda mengiginkan perawatan yang lebih ekonomis maka Anda dapat menggunakan bahan alami untuk membuat masker bibir. Berikut adalah 7 resep masker dan scrub bibir paling ampuh!

1. Gula pasir dan lip butter

Resep scrub bibir yang pertama adalah dengan mencampurkan gula pasir dengan produk lip butter atau sejenis petroleum jelly. Penggunaan lip butter dapat berguna untuk melembapkan bibir, jika dicampurkan dengan gula maka akan menjadi scrub bibir yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Cara pakainya adalah dengan mencampurkan seujung sendok lip butter dengan gula secukupnya, kemudian balurkan pada bibir sambil digosok lembut selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu diamkan scrub sebagai masker bibir kurang lebih selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Gula, madu, minyak zaitun

Scrub bibir yang kedua berasal dari campuran madu, minyak zaitun, dan gula. Baik madu dan minyak zaitun sama-sama memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan dan kelembapan bibir. Cara memakai masker bibir dari madu, minyak zaitun, dan gula sama seperti penggunaan scrub bibir yang berasal dari lip butter dan gula.

3. Madu dan lemon

Resep masker bibir alami selanjutnya adalah madu dan lemon. Madu memiliki manfaat untuk melembapkan dan lemon memiliki manfaat untuk mencerahkan. Cara memakai masker bibir dari madu dan lemon juga sangatlah mudah.

Campurkan perasan lemon dengan madu secukupnya, lalu balurkan ke seluruh bibir. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Campuran ini juga bisa Anda gunakan ke seluruh wajah, jika Anda memiliki masalah wajah berjerawat.

4. Mentimun

Mentium adalah salah satu bahan yang dikenal ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan juga bibir. Buahnya juga dapat dengan sangat mudad didapatkan. Cara memakai masker bibir dari timun adalah dengan menghancurkan timun, lalu mengaplikasikannya ke seluruh bibir. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 15-20 menit.

5. Tomat

Selain timun, bahan alami lain yang juga mudah ditemukan namun tidak kalah berkhasiat adalah tomat. Cara menggunakan masker bibir dari timun sama dengan cara menggunakan timun. Anda juga bisa menjadikannya sebagai scrub dengan cara mencampurkannya dengan gula pasir.

6. Lidah buaya

Bahan alami paling ampuh untuk masker bibir adalah gel lidah buaya. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai lip sleeping mask. Aplikasikan gel lidah buaya pada seluruh bibir sebelum tidur, bilas masker saat bangun tidur di pagi harinya.

Jika ingin mendapatkan bibir yang selalu sehat, maka sebaiknya lakukan perawatan bibir secara rutin. Penggunaan scrub bibir cukup dilakukan satu minggu sekali. Sedangkan penggunaan masker bibir bisa dilakukan 3 kali seminggu atau bahkan setiap hari.