Masih Terbiasa Membakar Sampah? Ternyata Hal Berbahaya Bagi Kesehatan, Lho!

DokterSehat.Com– Sampah masih menjadi salah satu masalah yang besar bagi kehidupan manusia. Di Indonesia, sampah juga belum benar-benar dikelola dengan benar sehingga membuatnya kerap kali menumpuk di suatu tempat atau bahkan memenuhi sungai-sungai. Demi mengatasi hal tersebut, sebagian orang memilih untuk membakar sampah. Logikanya, dengan membakarnya, maka sampah akan habis dan tidak akan menyebabkan masalah bagi lingkungan. Sayangnya, kebiasaan membakar sampah ternyata bisa memberikan kerugian bagi kesehatan kita.

Tahukah anda jika asap pembakaran sampah yang bisa saja masuk ke rumah atau bahkan terhirup oleh paru-paru kita memiliki kandungan zat dioksin? Kandungan ini sangatlah berbahaya dan bisa memicu masalah kesehatan layaknya pusing-pusing, gelisah, sakit kepala, atau bahkan kehilangan kesadaran. Bahkan, mereka yang kerap menghirup asap pembakaran sampah bisa mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran, nafas yang menjadi semakin pendek, keringat berlebihan, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, hingga otot yang gemetaran. Selain itu, ada yang sampai mengalami masalah kesehatan paru-paru gara-gara kerap menghirup asap pembakaran sampah di dekat rumah.

Beberapa jenis masalah kesehatan yang serius yang terjadi jika kerap menghirup asap sampah adalah sebagai berikut.

Memperparah asma
Jika kita memiliki asma, ada baiknya kita tidak sering-sering menghirup asap pembakaran sampah karena bisa membuat penyakit ini menjadi semakin parah.

Kanker paru-paru
Jika kita tinggal dekat dengan pembuangan sampah yang sering dibakar, maka resiko untuk terkena kanker paru-paru bisa meningkat dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai mengelola sampah dengan lebih baik. Pisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan yang aman bagi lingkungan sehingga kita tidak akan mencemari lingkungan dan menjaga kesehatan.