Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku masih sulit untuk lepas dari makanan cepat saji. Bagaimana tidak, makanan seperti pizza, hamburger, kentang goreng, dan lain-lain ini memang memiliki rasa yang enak dan bisa memicu ketagihan. Yang menjadi masalah adalah, jika kita kerap mengonsumsinya, maka risiko untuk terkena berbagai penyakit pun bisa meningkat dengan signifikan.

Masih Sulit Lepas Dari Junk Food? Lakukan Hal Ini Agar Menjadi Lebih Sehat

Dilansir dari Health24, ada baiknya memang kita menurunkan asupan junk food agar bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun, jika kita masih sulit untuk lepas dari makanan ini, ada baiknya kita melakukan berbagai hal berikut ini agar kesehatan tubuh tidak mengalami dampak kesehatan yang serius.

  1. Jangan berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik, termasuk jika kita mengonsumsi makanan cepat saji. Pakar kesehatan Anika Barnard menyebutkan bahwa ada baiknya kita menurunkan asupan junk food hingga dua kali saja dalam sebulan agar tubuh tetap berada dalam kondisi yang sehat.

  1. Ganti daging merah dengan bahan lainnya

Saat kita membeli burger dan membawanya pulang ke rumah, gantilah daging merah yang ada di dalamnya dengan daging lain yang lebih sehat seperti ikan atau ayam.

  1. Kurangi asupan kentang goreng

Cobalah untuk menghindari asupan kentang goreng dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih sehat seperti salad atau buah-buahan. Dengan melakukannya, maka kita akan menurunkan asupan lemak yang tidak sehat sekaligus meningkatkan asupan sehat seperti serat dan mikronutrien.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Berbagai tips mudah lainnya

Agar lebih sehat, ada baiknya kita juga tidak memilih minuman dengan kandungan gula dan memilih air putih yang sehat. Selain itu, jangan sembarangan dalam menambahkan saus dalam makanan cepat saji. Konsumsi air putih dengan cukup sebelum makan sehingga kita pun tidak akan mudah makan dengan berlebihan saat membeli makanan cepat saji.

Meskipun sulit untuk menghilangkan kebiasaan makan junk food, setidaknya kita berusaha untuk menurunkan asupannya agar lebih sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi