Masih Mau Melupakan Sarapan Setelah Mengetahui Dampak Buruknya?

doktersehat-wanita-sakit-perut

DokterSehat.Com– Tidak sedikit orang yang masih menyepelekan sarapan. Padahal, sarapan merupakan jam makan yang sangat penting untuk memperoleh energi yang akan digunakan saat beraktivitas pada siang hari. Ada banyak alasan yang digunakan untuk tidak sarapan. Mungkin untuk sekarang, dampak buruk dari melupakan sarapan masih belum Anda rasakan. Namun, jika Anda terus melupakan sarapan, maka Anda aka mengalami hal-hal berikut ini.

1. Menjadi Pemalas

Melakukan aktivitas seperti belajar di sekolah, bekerja di kantor, dan aktivitas harian lainnya akan terganggu saat perut Anda kosong. Perut yang lapar membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi sehingga Anda akan menjadi malas. Untuk itu, usahakan sebelum memulai aktivitas, Anda harus sarapan terlebih dahulu. Tidak perlu sarapan dengan nasi, Anda bisa sarapan dengan mengonsumi sebuah apel atau satu helai roti dan susu.

2. Berpotensi Mengidap Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat gula darah naik. Penyakit ini juga bisa berbahaya. Jika Anda melupakan sarapan, maka Anda harus siap-siap terkena penyakit diabetes karena dengan melupakan sarapan maka kadar gula darah Anda menjadi terganggu.

3. Menyebabkan Serangan Jantung

Tidak hanya penyakit diabetes saja yang dapat menghantui Anda jika melupakan sarapan. Serang jantung juga menjadi hal sangat mengerikan yang akan mengintai Anda. Menurut penelitian  dari Harvard University yang mengatakan bahwa jika seseorang jarang sarapan, maka risiko terkena serangan jantung menjadi 27%. Melupakan sarapan akan mengakibatkan serangan jantung karena Anda akan menginginkan makanan yang banyak mengandung kolesterol. Seperti yang Anda ketahui bahwa kolesterol merupakan salah satu penyebab serangan jantung.

4. Berat Badan Meningkat

Hal ini juga banyak terjadi pada pelaku diet. Mereka beranggapan bahwa dengan tidak sarapan, maka mereka akan menurunkan berat badan secara efektif. Padahal, anggapan mereka salah, karena jika melupakan sarapan berat badan akan semakin naik. Mengapa bisa demikian? Sarapan merupakan jam makan yang penting untuk mengontrol porsi makana Anda pada siang hari, jika Anda melupakan sarapan, secara tidak langsung porsi makan siang Anda akan semakin banyak. Anda akan memakan segala makanan yang ada karena Anda merasa sangat lapar akibat tidak sarapan. Jadi, bukannya berat badan semakin turun, justru berat badan Anda akan semakin naik.