Terbit: 24 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pria memang jarang memerhatikan masalah kesehatan tubuhnya dibandingkan dengan wanita. Namun, ada beberapa hal yang sangat diperhatikan oleh pria hingga membuat mereka kerap mengalami gangguan psikologis. Masalah seks dam reproduksi adalah hal yang sangat ditakuti oleh pria dan kerap membuat mereka tidak nyaman.

5 Masalah Seksual dan Reproduksi yang Paling Ditakuti Pria

Mengapa masalah seksual dan reproduksi sangat ditakuti pria?

Bagi pria memiliki kemampuan yang hebat di atas ranjang adalah sebuah keharusan. Kalau mereka tidak bisa memuaskan pasangan, pria menganggap kejantanannya perlu dipertanyakan. Hal inilah yang membuat pria kerap terobsesi membuat pasangannya puas dan sering bertanya setelah aktivitas seks usai dilakukan.

Selanjutnya kalau pria mengalami gangguan dalam seks entah dalam ketidakmampuan melakukan penetrasi hingga mudah menyelesaikan seks, mereka akan merasa stres. Banyak pria mengalami depresi saat mengalami kemunduran seksual. Kondisi ini membuat pria jadi tidak nyaman dan akhirnya enggan melakukannya lagi.

Masalah reproduksi seperti kemandulan juga menjadi isu yang serius. Pria bisa mengalami depresi kalau tidak bisa mendapatkan anak padahal sudah menikah lebih dari satu tahun.

Masalah seksual dan reproduksi yang ditakuti pria

Pria memiliki banyak sekali masalah seksual dan reproduksi yang wajib diwaspadai, berikut ulasan selengkapnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi adalah masalah utama yang paling banyak menimpa pria. Masalah ini muncul karena beberapa sebab. Yang paling sering adalah masalah kegemukan dan penurunan testosteron di dalam tubuh. Penurunan ini membuat pria susah mengalami ereksi. Kalau pun bisa melakukan ereksi, pria akan susah mempertahankannya.

Disfungsi ereksi atau impotensi juga terjadi saat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Kadar gula darah ini akan menyebabkan aliran darah ke penis terganggu sehingga pria tidak bisa mendapatkan ereksi dengan sempurna.

  1. Ejakulasi dini

Pria yang mengalami ejakulasi dini biasanya susah sekali mempertahankan orgasmenya. Meski seks atau penetrasi yang dilakukan hanya beberapa menit saja, ejakulasi bisa langsung terjadi sehingga kemungkinan pasangan tidak puas secara seksual akan tinggi. Ejakulasi dini ini juga kerap membuat pria takut melakukan seks dengan pasangannya.

  1. Kemandulan

Gangguan pada sistem reproduksi pria menyebabkan kemandulan terjadi. Kemandulan ini muncul karena kualitas sperma yang sangat rendah. Kualitas dari sperma ini ditentukan oleh banyaknya jumlah dari sperma, pergerakan atau motilitas, dan bentuk dari sperma itu sendiri. Kalau syarat tersebut dipenuhi, kemungkinan pria menjadi subur akan tinggi.

  1. Masalah testis

Testis kerap dianaktirikan oleh pria padahal organ ini memiliki peranan yang sangat penting. Testis menghasilkan testosteron dan juga sperma untuk pembuahan. Salah satu gangguan pada testis yang sering muncul adalah varikokel atau rasa sakit di testis akibat muncul pembengkakan.

  1. Masalah prostat

Prostat memang tidak terlibat secara langsung dalam aktivitas seks. Namun, organ yang berada di dekat kandung kemih ini sangat penting dan memiliki peranan yang besar. Prostat menghasilkan kelenjar yang ikut terbawa keluar saat ejakulasi. Organ ini juga titik rangsang dari pria.

Kalau prostat mengalami gangguan seperti terjadi pembengkakan dan kanker, ada kemungkinan terjadi masalah pada kesehatan dan kesuburan. Saat ejakulasi pria bisa saja mengeluarkan darah dan area di perut bagian bawah akan nyeri dan membuat aktivitas harian jadi tidak lancar.

Inilah beberapa masalah seksual dan reproduksi yang sangat ditakuti oleh pria. Dari beberapa permasalahan di atas, kira-kira mana saja yang pernah Anda alami dan saat ini sudah terbebas? Semoga setelah mengetahui hal di atas, Anda bisa lebih memperhatikan kesehatan penis, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi