Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Diabetes memang lebih banyak terjadi pada wanita dan menimbulkan banyak masalah. Namun, pria pun juga bisa mendapatkannya dengan mudah dan mendapatkan efek samping pada tubuh seperti rasa lelah berlebih padahal tidak melakukan aktivitas berlebihan hingga sering alami infeksi pada tubuh.

Masalah Seksual yang Akan Dialami Pria Penderita Diabetes

Selain masalah kesehatan yang umum, pria yang menderita diabetes juga akan mengalami gangguan pada kesehatan seksualnya. Kemampuan pria dalam seks akan menurun sehingga kemungkinan mendapatkan klimaks yang hebat akan susah terjadi.

Masalah seksual pada pria penderita diabetes

Pria yang mengalami diabetes setidaknya akan mengalami tiga masalah seksual yang terdiri dari:

  1. Disfungsi ereksi (impotensi)

Pria yang mengalami diabetes akan mengalami kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh. Kenaikan gula darah ini menyebabkan tubuh mengalami gangguan mulai dari kerusakan saraf dan rusaknya pembuluh darah khususnya yang mengarah ke penis. Kerusakan ini akan membuat pria susah mendapatkan ereksi dengan maksimal.

Kalau kerusakan pembuluh darah dan saraf kian parah, pria akan susah menjalani kehidupan seksualnya. Selain itu, mereka yang masih ingin memiliki keturunan akan susah mendapatkannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement
  1. Penurunan libido

Pria yang mengalami gangguan pada gula darahnya akan mengalami penurunan libido dalam jumlah banyak. Penurunan ini semakin besar kalau pria mengalami obesitas sehingga tubuh semakin minim hormon seks. Penurunan ini berakibat pada kehidupan seksual khususnya pada penurunan libido secara instan.

Kalau pria mengalami penurunan libido, seks tidak akan berjalan dengan lancar. Bahkan pria lebih memilih untuk tidak melakukan seks karena mereka merasa tertekan karena susah ereksi dan tidak bisa memuaskan pasangannya.

  1. Infeksi pada penis

Kenaikan gula darah yang berlebihan pada penis bisa menyebabkan pria mengalami gangguan berupa infeksi. Infeksi ini terjadi di area kelapa penis berupa rasa perih dan bercak merah yang membuat pria tidak nyaman melakukan seks dengan pasangan.

  1. Ejakulasi terbalik

Ejakulasi terbalik atau retrograde juga bisa dialami oleh pria yang mengalami kondisi diabetes. Ejakulasi yang tidak terjadi keluar ini membuat air mani justru masuk ke dalam kandung kemih dan bercampur dengan urine.

Oh ya, air mani akan keluar dengan urine saat pria kencing. Pria yang mengalami kondisi ini akan susah mendapatkan keturunan karena mereka sperma tidak bisa dikeluarkan dan berenang hingga ke rahim.

Cara mencegah penurunan kualitas seks

Obat untuk diabetes mungkin sudah didapatkan oleh pria dari dokter, tapi untuk menyelamatkan kemampuan seks, pria juga disarankan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan. Karena diabetes gejalanya dipicu oleh gula darah yang baik, hindari aneka gula khususnya gula meja. Selanjutnya hindari karbohidrat sederhana seperti nasi, berat ketan, dan aneka tepung untuk kue.
  • Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Cukup lakukan olahraga dengan intensitas sedang atau ringan asal bisa dilakukan setiap hari.
  • Usahakan untuk memasakan makanan sendiri setiap hari. Jangan terlalu banyak membeli makanan di luar karena Anda tidak akan tahu apa kandungan dari makanan yang Anda santap.
  • Lakukan pencatatan kalori setiap hari. Anda bisa mengunduh aplikasi yang menampilkan makro nutrisi mulai dari karbohidrat, lemak, dan protein.
  • Lakukan pengecekan gula darah secara rutin dan pemeriksaan tubuh secara menyeluruh.
  • Buat tubuh relaks karena terkadang gangguan seks muncul dari perasaan cemas.

Inilah beberapa ulasan tentang masalah seksual yang akan dialami oleh pria penderita diabetes. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi