Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Memiliki badan yang ideal dan jauh dari obesitas adalah impian sebagian besar pria saat ini. Untuk mendapatkan badan yang ideal hingga memiliki perut yang bagus pria jadi rajin ke tempat angkat beban atau gym dan menggunakan alat-alat yang ada di sana.

Masalah Penis yang Sering Mengganggu Pria Penggemar Angkat Beban

Angkat beban memang baik untuk tubuh jika dilakukan dengan benar. Lemak yang ada di dalam tubuh cepat luntur dan otot bisa terbentuk dengan baik. Lebih lanjut, angkat beban juga membuat tubuh selalu bugar meski ada efek sampingnya.

Kalau pria tidak melakukan angkat beban dengan baik dan tidak memperhatikan sanitasi tubuhnya, beberapa masalah penis di bawah ini bisa saja terjadi.

  1. Infeksi jamur

Selama ini kita selalu berpikir kalau infeksi jamur selalu terjadi pada wanita. Infeksi ini akan membuat mereka mengalami gangguan seperti gatal hingga akhirnya mengalami keputihan.

Pada pria, infeksi jamur juga terjadi dan menyebabkan mereka juga mengalami gatal pada penis. Ruam merah dan perasaan perih juga akan dirasakan disertai dengan cairan agak kental berwarna putih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Infeksi jamur yang disebabkan oleh candida ini bisa muncul karena tubuh pria terlalu kotor lembap. Saat berada di gym, pria juga sering menggunakan celana dalam atau boxer yang ketat agar tidak mengganggu gerakannya.

Celana yang ketat ini menyebabkan bakteri mudah tumbuh. Kalau pria tidak segera membersihkan diri, penis akan mulai terasa gatal-gatal.

  1. Ruam gatal

Ruam yang berakhir dengan gatal ini biasanya menyerang area lipatan kaki di selangkangan. Ruam merah yang menghasilkan rasa gatal dan bertahan selama berbulan-bulan ini disebabkan oleh Tinea curtis yang merupakan jamur.

Agar kondisi ini tidak terjadi, pria disarankan untuk tidak mengenakan celana terlalu ketat. Lebih baik menggunakan celana olahraga yang besar sehingga suhu dan kelembapan di area selangkangan tidak naik.

Lebih lanjut, setelah berolahraga di gym, keringkan badan sesegera mungkin khususnya area selangkangan. Setelah kering segera mandi dan bersihkan dengan sabun.

  1. Lecet karena gesekan

Saat sedang melakukan olahraga di gym, celana dalam dan juga celana pendek yang digunakan akan sering menyebabkan gesekan. Gesekan ini akan membuat kulit di sekitar selangkangan dan penis jadi iritasi sehingga terasa sakit, panas, dan kadang disertai dengan gatal kalau agak mengering.

Lecet ini bisa semakin parah karena bisa dengan mudah ditumbuhi bakteri atau jamur. Terlebih lokasinya di area selangkangan yang notabene sangat lembap dan sering berkeringat.

Kalau Anda mendapati lecet di area selangkangan, segera cuci bersih dan beri obat agar bisa segera kering. Jangan biarkan lecet menjadi borok atau menimbulkan gangguan lainnya.

  1. Hernia

Masalah pada penis terakhir adalah hernia. Sebenarnya penis tidak mengalami gangguan secara langsung karena hernia terjadi karena usus atau organ di dalam perut turun ke bawah dan menembus lapisan lainnya.

Penis adalah organ yang akan terdampak kondisi ini sehingga muncul benjolan di sekitar skrotum dan lipatan kaki. Hernia ini menyebabkan rasa sakit yang membuat pria tidak nyaman melakukan apa pun termasuk seks.

Kondisi hernia ini bisa terjadi karena pria mengangkat beban terlalu besar sementara tubuh tidak kuat. Tekanan yang kuat ini menyebabkan hernia yang harus diatasi dengan operasi.

Kalau Anda tidak mau mendapatkan hernia, gunakan sabuk di area perut untuk ikut membantu menyangga. Selanjutnya gunakan celana yang ketat seperti compressor agar kondisi hernia bisa dicegah.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi