Terbit: 14 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lidah yang sehat seharusnya tidak sakit saat digunakan untuk makan. Permukaannya tetap agak merah atau merah muda dan tidak ada luka atau bagian abnormal di sana. Kalau lidah mengalami gangguan, Anda jadi susah makan atau menelan. Kondisi ini akan semakin parah kalau lidah yang mengalami gangguan merupakan tanda penyakit tertentu.

4 Masalah pada Lidah yang Mengganggu dan Harus Segera Disembuhkan

Untuk mengenal lebih jauh tentang masalah lidah yang cukup mengganggu serta cara mengatasinya, simak ulasan di bawah ini.

  1. Lidah merah

Lidah yang sehat harusnya berwarna merah muda. Kalau Anda mendapati lidah memiliki warna merah dan ada bulatan-bulan seperti pulau di pinggiran lidah, masalah sedang terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi karena kekurangan B12, gejala demam berdarah, dan penyakit Kawasaki. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Lidah pucat

Lidah pucat atau berwarna agak putih dan terjadi pembengkakan biasanya dipicu oleh infeksi bakteri atau leukoplakia. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya meski penyembuhan harus segera dilakukan agar tidak terjadi peradangan yang kronis. Hindari merokok dan minuman beralkohol. Berbanyak makan buah dan sayur untuk mengatasi kondisi ini.

  1. Lidah gelap

Lidah gelap atau cenderung hitam biasanya terjadi akibat mulut terlalu kering, efek obat tertentu, merokok, dan kebersihan gigi yang tidak terjaga. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri. Meski demikian, tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta mengurangi kebiasaan buruk merokok.

  1. Lidah yang bengkak

Lidah bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk infeksi herpes oral. Selain itu makanan yang terlalu panas juga menyebabkan lidah bengkak dan sakit. Kecuali karena minuman yang panas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter agar tidak ada komplikasi.

Nah, inilah beberapa masalah pada lidah yang sering terjadi. Mana yang pernah Anda alami?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi