Masak Dengan Minyak Kelapa, Sehatkah?

DokterSehat.Com – Jika Anda mendengar kata minyak, Anda pasti teringat dengan minyak goreng yang biasa digunakan untuk menggoreng, menumis dan lain sebagainya. Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. Minyak goreng dari tumbuhan biasanya dihasilkan dari tanaman seperti kelapa, biji-bijian, kacang-kacangan, jagung, kedelai, dan kanola.

Namun jika Anda ingin mencari alternatif minyak yang lebih sehat, maka sebaiknya ganti minyak sayur yang Anda gunakan dengan minyak kelapa untuk memasak. Seperti dilansir dari stylecraze.com, minyak kelapa memiliki lebih sedikit kalori, mengandung asam laurat kaya antioksidan (seperti yang ditemukan dalam ASI) dan non-kolesterol daripada minyak sayur.

Minyak kelapa, meskipun tidak memiliki protein dan karbohidrat, akan tetapi dapat membantu menyerap mineral dan nutrisi lainnya yang masuk ke tubuh. Minyak VCO atau virgin coconut oil juga mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang tahan terhadap suhu panas yang tinggi sehingga tidak merusak minyak dan mengubahnya menjadi lemak jenuh atau racun yang berbahaya saat digunakan untuk memasak.

Selain digunakan untuk memasak atau campuran makanan, minyak kelapa juga baik digunakan begitu saja untuk merawat kesehatan kulit dan memperbaiki rambut rusak karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi.

Meski memang belum banyak penelitian yang menunjukkan minyak kelapa merupakan pengganti terbaik minyak sayur, namun dilihat dari kandungan nutrisi dan potensinya, minyak kelapa memang lebih baik untuk kesehatan daripada minyak sayur.