Terbit: 10 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memasak menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan hampir setiap hari oleh sebagian besar wanita, khususnya ibu rumah tangga. Kegiatan memasak ini umumnya dilakukan di dapur dengan menggunakan peralatan memasak seperti kompor, penggorengan, panci, dan lain sebagainya.

Begini Cara Masak dengan Microwave Agar Makanan Tetap Lezat dan Sehat

Namun, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, memasak tidak hanya dilakukan dengan alat konvensional saja, namun bisa menggunakan alat yang lebih canggih dan tentunya lebih praktis, yakni microwave.

Akan tetapi, tidak semua makanan bisa dimasak dengan menggunakan microwave karena pada dasarnya microwave hanya sebagai alat untuk memanaskan makanan saja. Untuk itu, berikut adalah beberapa jenis makanan yang ternyata bisa Anda masak dengan menggunakan microwave, diantaranya:

  • Kentang Panggang

Kentang tidak hanya bisa diolah menjadi kentang rebus ataupun kentang goreng saja. Bagi penggemar kentang, jenis olahan kentang ini sudah tidak asing lagi. Kentang panggang juga tidak kalah enak dengan olahan kentang yang biasa Anda buat. Makanana sederhana ini mengandung vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik. Dalam pengolahannya, Anda hanya cukup memanggangnya dengan microwave selama kurang lebih 10 menit.

  • Popcorn

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa popcorn hanya bisa diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak panas di atas kompor. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan ringan ini ternyata juga bisa dimasak dengan microwave? Caranya, siapkan berondong jagung, gula, garam, minyak, dan kantong kertas makanan. Namun, jangan terlalu lama sebab bisa mengeluarkan senyawa baik pada jagung tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  • Nasi Goreng

Memang terdengar aneh, tapi microwave juga bisa digunakan untuk memasak nasi goreng. Anda hanya perlu memasukkan semua bahan-bahan untuk membuat nasi goreng ke dalam wadah. Pastikan bahan-bahan tersebut tercampur rata terlebih daulu. Sebab, saat dipanaskan nanti, nutrisi pada bumbu tersebut akan menyusut sehingga manfaatnya pun berkurang. Jangan lupa untuk menaburi beberapa bahan alami seperti bawang merah atau bawang putih agar terhindar dari asam serta material negatif yang dihasilkan oleh hasil pemanasan microwave tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi