Terbit: 22 Juli 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Maqui berry adalah salah satu buah eksotis berwarna ungu tua yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini dipasarkan sebagai ‘superfruit’ karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Apa saja manfaat maqui berry yang bisa Anda dapatkan? Cek selengkapnya pada pembahasan ini.

10 Manfaat Maqui Berry, Jaga Kesehatan Jantung hingga Usus

Kandungan Maqui Berry

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat maqui berry, hal penting yang harus diketahui apa saja nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut adalah berbagai kandungan yang ada di dalam buah ini, antara lain:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.
  • Lemak.
  • Air.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Kalium.
  • Kalsium.
  • Natrium.
  • Zat besi.
  • Kalori.

Perlu diketahui juga, jika melihat kandungan antioksidan buah ini dengan nilai ORAC (oxygen radical absorbance capacity) hasilnya adalah 37.174 per 100 g. Sebagai perbandingan, kandungan antioksidan blueberry kurang dari 27.412 per 100 g.

Di negara asalnya, Chili, buah ini dikonsumsi dalam bentuk maqui berry juice atau sebagai buah segar. Di luar negara asal, biasanya buah ini tersedia dalam bentuk maqui berry powder atau dalam bentuk suplemen makanan (termasuk kapsul dan ekstrak cair).

Manfaat Maqui Berry bagi Kesehatan

Buah ini dianggap sebagai ‘makanan fungsional’ karena memiliki senyawa pelindung yang tinggi seperti anthocyanin, delphinidin, flavonoid, dan asam ellagic. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah yang kaya akan anthocyanin ini telah dikaitkan dengan  jantung yang lebih sehat. Sebuah studi mengungkapkan, antioksidan ini dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung sebesar 32%.

Meskipun penelitian yang lebih pasti diperlukan, ekstrak buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

2. Membantu Melawan Peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa maqui berry memiliki potensi untuk memerangi kondisi yang terkait dengan peradangan. Dalam beberapa penelitian tabung reaksi, senyawa dalam buah ini menunjukkan efek antiinflamasi yang kuat.

Selain itu, sebuah studi klinis lain menunjukkan, perokok yang mengonsumsi 2 gram ekstrak buah ini dua kali sehari mengalami penurunan peradangan paru-paru yang signifikan.

3. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Manfaat maqui berry berikutnya adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah secara alami. Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam buah ini dapat secara positif memengaruhi tubuh memecah dan menggunakan karbohidrat menjadi energi.

Dalam studi klinis tiga bulan pada orang dengan prediabetes, 180 mg ekstrak buah ini sekali sehari mengurangi kadar gula darah rata-rata sebesar 5 %. Manfaat ini didapatkan mungkin karena kandungan anthocyanin yang tinggi. Meski begitu, klaim ini membutuhkan penelitian lanjutan.

Selain itu, dalam sebuah studi populasi besar, diet tinggi senyawa ini dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Setiap hari mata terkena banyak sumber cahaya, dari matahari, lampu, monitor, atau televisi. Sementara itu, paparan cahaya yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Namun, antioksidan yang ditemukan dalam buah ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat cahaya.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah ini dapat mencegah kerusakan akibat cahaya pada sel mata, hal ini menunjukkan bahwa buah tersebut mungkin bermanfaat untuk kesehatan mata.

Baca Juga: 12 Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Sebuah penelitian pada kondensat napas ekspirasi dari perokok asimtomatik mengungkapkan, asupan ekstrak maqui yang kaya akan anthocyanin mampu meningkatkan konsentrasi EBC IL-6 dan menurunkan H2O2 pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok ringan. Perubahan tersebut menunjukkan peningkatan resistensi terhadap infeksi saluran pernapasan dengan menurunkan stres oksidatif di paru-paru.

6. Menurunkan Kadar Insulin Penderita Diabetes

Sebuah penelitian kecil mengungkapkan, seseorang yang telah didiagnosis dengan prediabetes dan diberikan dosis tunggal ekstrak buah yang kaya akan delphinidin, kadar glukosa darah puasa dan insulinnya mengalami penurunan.

Sedangkan studi sebelumnya menemukan, orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak buah ini setiap hari selama tiga bulan, hemoglobin glikosilasi (HbA1c) mengalami penurunan. Selain itu, kolesterol LDL menurun dan kolesterol HDL meningkat secara signifikan.

Namun, studi ini menunjukkan kadar insulin dan glukosa puasa tidak menurun secara signifikan.

7. Mengurangi Gejala Arthritis

Dikarenakan dapat membantu meredakan peradangan, buah ini bermanfaat bagi Anda yang menderita rheumatoid arthritis dan nyeri sendi. Secara tradisional, buah ini juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan, disentri, sakit tenggorokan, dan sejumlah kondisi peradangan lainnya yang berhubungan dengan fungsi kekebalan yang buruk.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Maqui berry dikenal sebagai buah pelangsing karena mengandung jumlah kalori yang rendah dan digunakan untuk melawan sel-sel lemak. Hal ini membuatnya dipercaya mampu mencegah penyimpanan lemak yang menghasilkan penambahan berat badan.

Selain itu, buah ini bisa mencegah rasa lapar sehingga membantu menekan nafsu makan. Efeknya, hal ini akan membuat proses pembakaran lemak yang efisien, sehingga mendukung program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan.

Baca Juga: 11 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Radikal bebas bertanggung jawab atas berbagai penyakit dan kondisi seperti penuaan dini. Buah ini memiliki sifat anti-penuaan dan membuat kulit lebih sehat. Kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya menurunkan munculnya noda dan kerutan kulit.

Perlu Anda ketahui, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Dalam penelitian tabung reaksi, ekstrak buah ini mampu menekan kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

10. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus yang merupakan bagian dari sistem pencernaan menampung bakteri, virus, dan jamur, atau dikenal juga sebagai mikrobioma usus. Selain memengaruhi kondisi usus itu sendiri, mikrobioma usus yang beragam dapat secara positif memengaruhi sistem kekebalan tubuh, otak, hingga jantung.

Namun, masalah dapat muncul ketika bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam maqui dan buah beri lainnya dapat membantu membentuk kembali mikrobiota usus dan meningkatkan jumlah bakteri baik.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Maqui Fruit. https://www.fruitsinfo.com/maqui-fruit.php. (Diakses pada 22 Juli 2021).
  2. Anonim. Health benefits of Maqui berry. https://www.healthbenefitstimes.com/maqui-berry/. (Diakses pada 22 Juli 2021).
  3. Levy, Jillian. 2021. How Maqui Berry Benefits the Gut, Heart, Skin & Eyes. https://draxe.com/nutrition/maqui-berry-benefits/. (Diakses pada 22 Juli 2021).
  4. Meixner, Makayla. 2018. 10 Benefits and Uses of Maqui Berry. https://www.healthline.com/nutrition/maqui-berry-benefits. (Diakses pada 22 Juli 2021).
  5. Wong, Cathy. 2020. The Benefits of Maqui Berry. https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-maqui-89479. (Diakses pada 22 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi