Mantan Perokok Harus Sering-Sering Makan Buah Ini

cedera-paru-doktersehat

DokterSehat.Com– Anda mantan perokok? Meskipun sudah berhenti merokok, tubuh kita sudah terlanjur mendapatkan paparan racun dalam jumlah yang sangat banyak sehingga tentu cukup rentan untuk terkena penyakit, khususnya pada saluran pernafasan. Karena alasan inilah kita harus lebih baik dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh,┬átermasuk dalam menjaga pola makan yang sehat. Pakar kesehatan menyarankan mereka yang sudah berhenti merokok untuk rutin mengkonsumsi buah tomat demi mencegah menurunnya fungsi paru-paru dengan cepat.

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan di John Hopkins Bloomberg School of Public Health. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa fungsi paru-paru memang cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bagi para perokok dan mantan perokok, penurunan fungsi ini akan berlangsung jauh lebih cepat.

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal European Respiratory Journal pada 23 Desember 2017 ini, disebutkan bahwa jika mantan perokok mengkonsumsi dua buah tomat dalam sehari, maka kerusakan paru-paru dalam tubuhnya akan diperbaiki dengan signifikan. Tak hanya bagi para perokok, mereka yang tidak merokok juga sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsinya demi menjaga kesehatan paru-parunya.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 650 orang dewasa ini dilakukan sejak tahun 2002. Pada tahun 2012, para partisipan ini kemudian dicek kembali fungsi paru-parunya, khususnya dalam hal kemampuan menarik oksigen. Hasilnya adalah, mereka yang berhenti merokok namun rajin mengkonsumsi tomat mengalami penurunan fungsi paru-paru lebih lambat hingga 80 ml dalam jangka waktu satu dekade.

Melihat adanya fakta ini, sering-seringlah mengkonsumsi buah yang terkenal memiliki rasa yang segar ini demi menjaga kesehatan paru-paru.