Terbit: 30 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan tentang buah mangga, maka hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah buah yang segar dengan rasa yang manis. Tak disangka, buah ini ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, lho. Salah satunya adalah dengan mencegah paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari.

Mangga Cegah Paparan Radiasi Ultraviolet

Mangga Melindungi Tubuh dari Paparan Radiasi Ultraviolet

Pakar kesehatan menyebut mangga tinggi kandungan protein, serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin K, serta potasium. Berbagai kandungan ini bisa mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan sepreti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, kandungan ini juga bisa menyehatkan rambut, kulit, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan.

Banyak orang yang tidak tahu jika mangga bisa memberikan perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Sebagai informasi, radiasi sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, menyebabkan datangnya keriput, flek hitam, dan masalah kulit lainnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa sinar matahari yang terik di siang hari bisa membuat kita terpapar radiasi ultraviolet dalam jumlah yang tinggi. Beruntung, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam mangga bisa mencegah dampak buruk ini. Bahkan, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak mangga bisa melawan radiasi sinar UV-B dalam menyebabkan penuaan dini pada tikus percobaan.

Tak hanya antioksidan, kandungan anti peradangan dan pendukung sistem kekebalan tubuh di dalam mangga bisa melindungi tubuh dari berbagai kerusakan dan radikal bebas dari sinar matahari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tak hanya daging buah mangga, kulit buah mangga juga bisa memberikan manfaat yang sama. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi seperti mangiferin, norathyriol, resveratrol, serta quercetin.

Berbagai kandungan ini bisa membantu kulit melawan penuaan dini dan paparan buruk sinar UV. Sayangnya, kulit mangga juga memiliki kandungan urushiol, sejenis getah organik yang bisa menyebabkan reaksi alergi bagi beberapa orang.

Tips Mendapatkan Manfaat Kesehatan Maksimal dari Mangga

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yan bisa kita lakukan demi mendapatkan manfaat kesehatan mangga dengan maksimal, yakni dengan menjadikannya smoothies, menjadikannya keripik yang dipanggang, dijadikan campuran salad, hingga dimakan secara langsung. Bahkan, kulit mangga yang sudah dibersihkan sebenarnya juga bisa dijadikan salad demi mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Berbagai Manfaat Lain dari Mangga

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah mangga.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Bisa Mencegah Kolesterol Tinggi.

Kandungan pektin, sejenis serat larut di dalam mangga sangatlah tinggi. Kandungan ini bisa membantu mengendalikan kolesterol sehingga mencegah masalah kolesterol tinggi.

  1. Bisa Mencegah Kanker

Selain bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol, pakar kesehatan menyebut kandungan pektin yang tinggi di dalam mangga juga bisa mencegah datangnya kanker. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The European Prospective Investigation of Cancer, disebutkan bahwa kandungan ini bisa mencegah kanker di dalam saluran pencernaan.

  1. Baik bagi Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi mangga akan mendukung produksi enzim pencernaan menjadi lebih maksimal. Hal ini akan membuat fungsinya akan semakin meningkat.

  1. Mengatasi Anemia

Mangga ternyata tinggi kandungan zat besi. Kandungan ini bisa mengatasi masalah anemia dengan meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh.

  1. Membantu Mencegah Jerawat

Meskipun masih menjadi perdebatan para pakar kesehatan, ada yang menyebut mengoleskan daging buah mangga bisa membuat pori-pori menjadi lebih bersih, menjaga kelembapan kulit, dan mecegah datangnya komedo serta jerawat.

 

Sumber:

  1. Amritha. K. 2018. Mango May Help Protect You From Ultraviolet (UV) Radiation. https://www.boldsky.com/health/wellness/mango-may-help-protect-you-from-ultraviolet-radiation-130262.html. (Diakses pada 30 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi