Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Super Makan Kangkung untuk Tubuh!

Manfaat-gizi-kangkung-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Andrea Peipe

DokterSehat.Com– Anda penggemar kangkung? Sayuran yang satu ini memang seakan tak pernah hilang popularitasnya, ya. Kangkung menjadi banyak digemari, tidak hanya karena rasanya yang nikmat dan cocok untuk banyak jenis masakan, namun juga karena kemudahan dalam memperoleh dan mengolahnya.

Kangkung biasanya dianggap sayur sehari-hari sehingga kerap dianggap sebagai menu yang sederhana, padahal kangkung punya berbagai keunggulan dibandingkan dengan sayur jenis lainnya, lho.

Kandungan gizi kangkung

Kangkung sebagai sayuran berdaun dengan warna hijau ini, memiliki berbagai kandungan gizi, yaitu vitamin, mineral, dan cairan yang baik untuk kesehatan tubuh.

pantangan makanan asam urat kolesterol tinggi sayuran tinggi purin
Bayam, kembang kol, jamur, dan kacang polong.

Beberapa kandungan gizi unggulan yang ada pada kangkung, adalah:

  • Vitamin A
    50 gram kangkung, yang setara dengan 4-5 sendok besar kangkung, dapat memenuhi 70% kebutuhan vitamin A harian orang dewasa.
  • Vitamin C
    Sedangkan, kandungan vitamin C yang ada pada 50 gram kangkung, juga telah mampu mencukupi 50% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.
  • Mineral yang lengkap
    Keunggulan kangkung selain dari kandungan vitamin A dan C, ada pada kandungan mineral yang cukup lengkap. Hal ini ditunjukkan dengan kangkung yang mengandung mineral penting untuk tubuh, yaitu kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi.
  • Kandungan cairan dan serat yang tinggi
    Tak hanya sampai disitu, kangkung juga terbukti memiliki kandungan cairan yang cukup tinggi. Kangkung memiliki batang dan daun dengan kandungan jenis serat yang berbeda dan akan melengkapi kebutuhan jenis serat harian tubuh.

Manfaat mengonsumsi kangkung bagi kesehatan tubuh

Dari kombinasi kandungan gizi yang ada pada kangkung tersebut, kita akan merasakan manfaat bagi tubuh, berupa:

1. Memberikan asupan cairan alami sehingga menghindari dehidrasi

Kangkung termasuk salah satu jenis sayuran dengan kandungan cairan yang paling tinggi. Hal ini tentu bermanfaat untuk memberikan asupan cairan alami yang terkandung pada kangkung.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan mendukung performa kerja atau aktivitas tubuh yang semakin optimal.

Lebih jauh, asupan cairan dari kangkung akan membantu pemenuhan kebutuhan cairan harian, sehingga dapat mendukung lancarnya pencernaan. Apalagi, kangkung juga memiliki kandungan jenis serat yang cukup lengkap.

2. Menjaga kesehatan organ hati

Kangkung disebut memiliki enzim yang berfungsi untuk mendukung fungsi detoksifikasi organ hati yang semakin optimal.

Hal ini tentu sangat baik, mengingat funsgi utama organ hati adalah untuk mengeluarkan zat sisa dan racun dalam tubuh. Enzim detoksifikasi yang ada pada kangkung akan mendukung kesehatan organ hati yang lebih optimal.

3. Mencegah anemia

Keunggulan kandungan mineral yang lengkap pada kangkung, membuat konsumsi kangkung menjadi sangat ampuh untuk mencegah terjadinya anemia.

doktersehat anemia

Zat besi dan fosfor, sebagai salah satu zat mineral utama yang ada pada kangkung, menjadi senjata ampuh untuk melawan anemia, karena berperan dalam mendukung asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi sel dan organ tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang telah disebutkan, kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada kangkung, tentu membuat konsumsi kangkung menjadi sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

mengobati-mata-minus-doktersehat

Vitamin A merupakan zat gizi vital yang penting untuk kesehatan mata, karena melindungi kornea mata dengan memberikan cairan lapisan dari bakteri dan virus.

5. Mencegah berbagai penyakit ringan dan kronis

Vitamin C yang bisa dengan mudah dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 4-5 sendok besar kangkung, tentu akan memberikan manfaat berupa peningkatan tubuh yang optimal.

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-maskerVitamin C alami dari bahan makanan segar, akan meningkatkan penyerapan dalam tubuh, sehingga bisa memberikan perlindungan bagi tubuh pada penyakit demam, flu, batuk, hingga kanker dan penyakit jantung, mengingat vitamin C juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.