Terbit: 30 Juli 2020 | Diperbarui: 4 Agustus 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Tahukah Anda apa saja manfaat zumba bagi kesehatan tubuh? Senam satu ini sangatlah populer di masyarakat. Simak informasi selengkapnya mengenai senam ini dan manfaatnya berikut ini!

15 Manfaat Zumba bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Zumba?

Zumba adalah salah satu jenis senam kebugaran yang pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat oleh seorang penari asal Kolombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 2001 silam.

Senam zumba bisa dikatakan unik karena memadukan antara gerakan aerobik dengan gerakan tarian khas Amerika Latin seperti salsa dan diiringi oleh musik yang berirama ceria mulai dari lagu Latin hingga Hip-hop.

Senam zumba memiliki gerakan dan atmosfer kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Tak pelak, hal ini menjadikan aktivitas fisik tersebut memiliki banyak peminat di seantero dunia. Sebagaimana dilansir dari very well fit, tercatat ada sekitar 200 ribu kelas zumba yang tersebar di 180 negara.

Manfaat Zumba bagi Kesehatan Tubuh

Anda tidak usah ragu untuk mulai melakukan senam zumba. Justru, Anda harus bersemangat karena kegiatan ini akan mendatangkan sejumlah dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat zumba bagi kesehatan tubuh tersebut? Berikut informasinya!

1. Melatih Otot-Otot Tubuh

Manfaat yang pertama adalah untuk melatih otot-otot tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, gerakan zumba mengharuskan hampir semua bagian tubuh dari mulai lengan hingga kaki untuk berpartisipasi.

Akan tetapi, utamanya bagi Anda yang baru pemula sebaiknya lakukan gerakan secara perlahan dan jangan terlalu memaksa. Ikuti arahan dari instruktur senam agar kegiatan ini bisa dilakukan dengan sebenar-benarnya.

2. Melatih Kekuatan Jantung

Manfaat zumba yang selanjutnya adalah untuk melatih jantung agar tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Menurut studi yang dirilis oleh Journal of Sports and Medicine, seseorang yang ingin menjaga agar jantungnya tetap sehat perlu melakukan latihan kardio dengan kriteria sebagai berikut:

  • Mencapai persentase maksimal detak jantung (maximum heart rate) atlet profesional yakni 64 hingga 94 persen.
  • Mencapai persentase maksimal penyerapan oksigen (VO2 max) atlet profesional yakni 40 hingga 85 persen.

Nah, masih dari studi yang sama, ditemukan fakta bahwa mereka yang rutin melakukan senam zumba mampu mencapai angka tersebut, tepatnya 79 persen untuk maximum heart rate (HRmax) dan 66 persen untuk VO2 max.

3. Melatih Koordinasi Tubuh

Saat melakukan Zumba, lengan dan kaki Anda idealnya akan bergerak ke arah yang berbeda sehingga membutuhkan koordinasi yang baik. Nah, tanpa disadari, hal ini juga berpotensi meningkatkan koordinasi tubuh, pun membantu Anda merasa lebih nyaman ketika menggerakkan tubuh.

Akan tetapi, manfaat yang satu ini bisa terasa apabila Anda melakukan senam tersebut secara rutin dan teratur.

4. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Anda mudah merasa lelah? Jika ya, maka zumba adalah salah satu solusi untuk membuat tubuh jadi tidak mudah lelah lagi sehingga hari-hari jadi lebih produktif.

Ya, cepatnya gerakan-gerakan zumba dapat membuat tubuh jadi lebih fit dan tidak mudah lelah. Kendati demikian, lagi-lagi dampak positif ini baru bisa Anda rasakan apabila senam ini dilakukan secara rutin.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Kondisi tentu tidak bisa dibiarkan karena bisa memicu penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah—atau menjaga agar tekanan darah tetap normal—adalah dengan melakukan zumba. Menurut studi yang dirilis pada tahun 2015 silam, mereka yang melakukan senam ini selama 17 minggu berhasil menurunkan tekanan darah.

Hal ini juga diperkuat oleh studi lainnya yang dirilis pada tahun 2016. Studi tersebut mengungkapkan bahwasanya pada wanita obesitas yang melakukan zumba selama 12 minggu, ditemukan fakta jika tekanan darah mereka mengalami penurunan.

5. Meredakan Nyeri pada Tubuh

Apakah Anda termasuk di antara orang-orang yang sering sekali merasakan nyeri atau pegal-pegal? Jika ya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai mengikuti kelas zumba secara rutin.

Sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2016 menemukan fakta bahwa melakukan senam zumba selama 12 minggu terbukti mampu membuat tubuh jadi lebih ‘tangguh’ dan tidak mudah pegal-pegal maupun mengalami rasa nyeri.

6. Memperbaiki Mood

Zumba tak hanya sekedar senam aerobik. Seperti yang sudah dijelaskan, gerakannya juga merujuk pada tarian khas Amerika Latin. Begitu juga dengan musik pengiringnya yang berirama cepat dan ceria.

Atas dasar hal tersebut, aktivitas ini juga diklaim dapat membantu memperbaiki suasana hati (mood). Pasalnya, aktivitas fisik yang dibarengi dengan iringan musik akan mengoptimalkan pelepasan hormon endorfin alias hormon ‘bahagia’.

7. Menghilangkan Stres

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, manfaat zumba selanjutnya adalah untuk menghilangkan stres. Ya, suasana hati yang bahagia akan secara otomatis mampu meredakan rasa stres yang sedang Anda alami.

Setelah seharian beraktivitas di kantor yang tentunya melelahkan dan juga tak jarang menimbulkan stres, zumba bisa Anda jadikan pilihan untuk melepas semua kepenatan tersebut sebelum kembali mempersiapkan diri menjalani aktivitas di esok hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Pole Dance, Tarian yang Mirip Striptis

8. Menurunkan Berat Badan

Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan juga disarankan untuk melakukan senam zumba secara rutin.  Ingat, zumba juga merupakan aktivitas fisik yang jika dilakukan akan memicu terjadinya pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh.

The American Council  on Exercise merekomendasikan setiap individu untuk membakar 300 kalori setiap olahraga untuk membantu menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Nah, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2012 menunjukkan jika satu sesi zumba bahkan bisa membakar kalori sebanyak 369 kalori! Jelas sekali jika zumba adalah solusi tepat untuk berat badan yang sehat, bukan?

9. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Melakukan senam zumba secara rutin juga efektif untuk membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Ya, metabolisme tubuh yang baik tentunya sangat diperlukan guna menjaga agar Anda senantiasa sehat.

10. Menambah Teman

Zumba idealnya diikuti oleh sejumlah individu dalam setiap kelas. Hal ini juga menjadi kesempatan baik bagi Anda untuk bersosialisasi dan menambah teman baru. Punya banyak teman tentu menjadi kesenangan sendiri, bukan?

11. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan melakukan senam zumba secara rutin, Anda kemungkinan akan memiliki berat dan postur tubuh yang ideal. Selain itu, Anda juga jadi lebih sering merasa bahagia daripada sebelumnya.

Hal tersebut lantas juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Tidak percaya? Coba buktikan sekarang!

12. Meningkatkan Kepedulian akan Kesehatan Tubuh

Berlatih zumba juga tanpa disadari dapat meningkatkan kepedulian Anda terhadap diri sendiri, lho! Ya, dengan melakukan aktivitas ini secara rutin, itu menandakan jika Anda ingin tubuh tetap sehat mengingat senam satu ini memang memiliki tujuan utama untuk menjaga kebugaran tubuh.

13. Meminimalisir Risiko Penyakit Kronis

Manfaat zumba yang juga tak kalah penting adalah untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Seperti yang sudah dijelaskan, zumba telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan tekanan darah yang tak lain merupakan salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Selain itu, gerakan senam ini juga dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik salah satunya akan membuat aktivitas pengendalian kadar gula darah di dalam tubuh berjalan lancar.

14. Menjaga Fungsi Sistem Pernapasan

Zumba—sama seperti jenis olahraga lainnya—juga bermanfaat untuk melatih dan menjaga kesehatan serta fungsi sistem pernapasan. Melakukan senam zumba secara rutin diklaim dapat membuat kerja dari sistem pernapasan dalam menyerap oksigen—terutama saat sedang beraktivitas fisik berat—tetap optimal.

15. Mudah dan Menyenangkan

Manfaat zumba yang terakhir adalah, aktivitas ini mudah dilakukan sehingga bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin berolahraga tapi tidak ingin repot. Bahkan, anak-anak pun bisa melakukan senam ini.

Beberapa studio zumba juga menyediakan kelas khusus bagi anak-anak yang diberi nama Zumba Kids, Zumba Jr, dan Zumbini.

Selain itu, aktivitas ini akan sangat menyenangkan karena dilakukan secara berkelompok dengan diiringi oleh musik yang ceria sehingga Anda tidak akan cepat bosan melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 7 Health Benefits of Zumba. https://www.piedmont.org/living-better/7-health-benefits-of-zumba (Diakses pada 30 Juli 2020)
  2. CapCana. 2016. 15 AMAZING BENEFITS OF ZUMBA THAT WILL MAKE YOU DANCE YOUR WAY TO WEIGHT LOSS. http://capcana.com/news/15-amazing-benefits-of-zumba-that-will-make-you-dance-your-way-to-weight-loss/ (Diakses pada 30 Juli 2020)
  3. Iliades, C. 2011. Getting Fit With Zumba. https://www.everydayhealth.com/fitness/getting-fit-with-zumba.aspx (Diakses pada 30 Juli 2020)
  4. Kelly, E. 2018. The Surprising Health Benefits of Zumba. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-zumba#3 (Diakses pada 30 Juli 2020)
  5. Williams, L. 2020. What is Zumba? https://www.verywellfit.com/zumba-pros-cons-and-how-it-works-4688722 (Diakses pada 30 Juli 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi