10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Doktersehat-manfaat-yoga-untuk-kesehatan

DokterSehat.Com – Manfaat yoga untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas di masyarakat. Untuk Anda yang selalu menerapkan pola hidup sehat, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Meski awalnya dikenal dengan olahraga meditasi, saat ini yoga juga populer untuk kesehatan. Sebenarnya, yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang dapat membuat tubuh lebih segar, mengurangi rasa gelisah hingga mengendalikan stres.

Untuk Anda yang ingin mengambil manfaat yoga bagi kesehatan, berikut ini adalah manfaat yoga untuk kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui.

10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan kesabaran dan fokus

Manfaat yoga bagi kesehatan yang pertama adalah memberikan efek rileks. Yoga mengandalkan pada pernapasan sehingga bisa memberikan efek yang baik bagi ketenangan dan kesabaran Anda. Bila Anda sedang jenuh, coba lakukan beberapa gerakan yoga dan meditasi agar bisa meredakan kepenatan Anda. Orang yang rajin meditasi dan yoga, biasanya memiliki pancaran aura yang menyejukkan. Selain itu, seseorang yang rutin melakukan yoga biasanya juga lebih tenang menghadapi berbagai macam situasi dan tantangan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga: Tips Aman Melakukan Yoga Bagi Pemula

  1. Olah kekuatan tubuh

Manfaat yoga bagi kesehatan yang sudah dikenal luas adalah efeknya yang positif terkait olah kekuatan tubuh. Banyak orang yang malas melakukan yoga karena menganggap gerakannya kurang spesifik dan tidak memberikan efek. Yoga justru bisa membantu Anda mengolah kekuatan tubuh. Bila Anda mengikuti gerakan yoga yang benar, maka Anda akan mengetahui bahwa yoga juga menyita energi Anda sehingga bisa membakar tenaga yang sudah ditabung di tubuh.

  1. Menenangkan pikiran

Manfaat yoga bagi kesehatan selanjutnya adalah efek menenangkan pikiran. Salah satu kenikmatan yoga adalah perasaan tenang yang bisa Anda dapatkan melalui meditasi. Biasanya yoga dilakukan di tempat yang menunjang konsentrasi, bisa juga dengan menggunakan musik yang menenangkan sehingga memberi efek penyembuhan bagi batin-batin yang lelah.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat yoga bagi kesehatan yang banyak orang tidak sangka adalah menjaga kualitas tidur.  Bila Anda memiliki jiwa yang terpelihara dengan baik hal ini bisa berdampak pada kualitas tidur Anda. Efek positifnya Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Istirahat berkualitas adalah hal yang sulit didapatkan terutama di zaman sekarang karena semakin banyaknya beban pekerjaan yang dimiliki oleh orang-orang.

  1. Membuat Anda lebih lincah

Manfaat yoga untuk kesehatan no-5 adalah membuat Anda lebih lincah dan energik. Selain membuat tubuh lebih bugar, dengan yoga tubuh juga terlatih untuk bergerak. Yoga bisa membantu Anda mendapatkan kelincahan. Selain itu, manfaat yoga bagi kesehatan lainnya adalah meningkatkan keseimbangan tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Manfaat yoga untuk kesehatan sangat cocok bagi Anda yang memiliki risiko penyakit kronis seperti jantung atau tekanan darah tinggi. Yoga dapat membantu tubuh Anda untuk mengurangi risikonya. Bahkan, yoga juga dapat meringankan gejala nyeri, gangguan cemas, insomnia, dan depresi.

  1. Mengatasi sakit punggung

Yoga adalah pilihan olahraga yang tepat bagi Anda yang memiliki sakit punggung. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Salah satu penyebabnya, karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

  1. Mengurangi asma

Asma adalah masalah pada sistem pernapasan yang sangat mengganggu. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma dewasa ringan hingga sedang menunjukkan, beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan dapat membantu meringankan gejala asma.

  1. Meningkatkan gairah seksual

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa yoga meningkatkan kepuasan seksual. Hal ini karena yoga membuat aliran darah berjalan lancar, termasuk pada alat kelamin. Selain itu, yoga juga dipercaya dapat meningkatkan libido seseorang.

baca juga: 3 Pose Yoga yang Ampuh Mengencangkan Payudara

  1. Mencegah penuaan dini

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa yoga dan meditasi dapat dikaitkan dengan perubahan sel yang memengaruhi proses penuaan tubuh. Dengan melakukan yoga secara rutin, tubuh Anda akan terhindar dari masalah penuaan dini yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, struktur sel tubuh disebut dengan telemore, bit DNA di ujung kromosom yang semakin pendek setiap kali sel membelah. Ketika telomere menjadi terlalu pendek, sel-sel tidak dapat lagi membelah dan mereka mati. Yoga tampaknya dapat membantu mempertahankan panjangnya.

Selain beberapa manfaat yoga seperti yang disebutkan di atas, yoga adalah kegiatan yang baik bagi Anda yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung. Yoga memberi Anda kekuatan, fleksibilitas, dan kesadaran pikiran-tubuh.

Dengan banyaknya manfaat yoga ini, tentunya Anda sudah tidak ragu lagi untuk melakukan olahraga yang satu ini. Lakukan yoga secara rutin untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.