Terbit: 30 April 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Manfaat yoga untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas di masyarakat. Hampir semua orang dapat melakukan olahraga ini. Selain mengajarkan Anda untuk berlatih fokus dan melatih pernapasan, yoga adalah cara yang baik untuk melatih fleksibilitas dan kekuatan. Apa saja manfaat senam yoga lainnya yang bisa didapatkan tubuh? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

13 Manfaat Yoga, Baik untuk Kesehatan Mental hingga Fisik

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Pada dasarnya yoga adalah olahraga yang menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan gerakan tubuh yang dirancang untuk mendukung relaksasi dan mengurangi stres. Hal itu menjadikan yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yoga yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi Stres

Manfaat yoga yang pertama dan cukup populer adalah kemampuannya untuk mengatasi stres dan meningkatkan relaksasi. Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat ini didapatkan karena yoga dapat mengurangi sekresi hormon kortisol, hormon yang diproduksi tubuh saat mengalami stres fisik maupun emosional.

2. Meredakan Kecemasan

Manfaat senam yoga berikut ini memiliki kaitan erat dengan stres. Stres biasanya membuat seorang lebih cemas. Guna mengatasi kecemasan, banyak orang mulai berlatih untuk melakukan yoga. Sebuah studi mengungkapkan, beberapa wanita yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan dan mengikuti kelas yoga dua kali seminggu selama dua bulan, memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan yoga.

3. Mengurangi Peradangan

Selain meningkatkan kesehatan mental, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat yoga dapat mengurangi peradangan. Peradangan adalah respon imun yang normal, tetapi peradangan kronis dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit proinflamasi seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi efek menguntungkan yoga pada peradangan, temuan ini menunjukkan bahwa yoga dapat membantu melindungi terhadap penyakit tertentu yang disebabkan oleh peradangan kronis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh karena bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna memasok jaringan dengan nutrisi. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Yoga juga dapat dijadikan terapi tambahan bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas hidup. Sebuah studi mengungkapkan, yoga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesejahteraan spiritual, meningkatkan fungsi sosial, dan mengurangi gejala kecemasan pada orang yang memiliki penyakit kronis atau akut.

6. Membantu Mengatasi Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga memiliki efek antidepresi dan membantu mengurangi gejala depresi. Hal ini mungkin karena yoga mampu menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang memengaruhi kadar serotonin, neurotransmitter yang sering dikaitkan dengan depresi.

7. Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis adalah masalah berulang yang bisa memengaruhi banyak orang dan memiliki berbagai kemungkinan penyebab, mulai dari cedera hingga radang sendi. Terdapat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa berlatih yoga dapat membantu mengurangi berbagai jenis rasa sakit kronis.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, memasukkan yoga ke dalam rutinitas harian mungkin bermanfaat bagi mereka yang menderita sakit kronis. Manfaat yoga yang bisa didapatkan adalah mengurangi rasa sakit kronis dari carpal tunnel syndrome dan osteoarthritis.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam rutinitas harian dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, studi lain mengungkapkan, manfaat yoga pada pasien limfoma dapat mengurangi gangguan tidur, mengurangi kebutuhan obat tidur, dan meningkatkan durasi tidur.

Yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan bangun. Tentu, hal ini juga terkait dengan manfaat senam yoga yang memiliki efek signifikan pada kecemasan, nyeri kronis, dan stres—di mana semuanya menjadi kontributor masalah tidur.

9. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

Manfaat yoga lainnya yang cukup populer adalah digunakan untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Sebuah studi mengungkapkan, berlatih yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pada orang yang sudah lanjut usia.

Cobalah berlatih yoga 15-30 menit setiap hari untuk membuat perbedaan besar bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

10. Meningkatkan Pernapasan

Pranayama atau pernapasan yoga adalah latihan yang berfokus pada cara mengendalikan napas melalui teknik pernapasan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat yoga dapat membantu peningkatan kapasitas vital. Kapasitas vital adalah ukuran jumlah udara maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru-paru. Hal ini menjadi penting bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, masalah jantung, dan asma.

Penelitian lain mengungkapkan, yoga dapat meningkatkan fungsi paru pada pasien dengan asma ringan hingga sedang. Meningkatkan pernapasan dapat membantu membangun daya tahan, mengoptimalkan kinerja, dan menjaga kesehatan paru-paru serta jantung.

11. Meredakan Migrain

Manfaat yoga berikut ini berguna bagi Anda yang memiliki migrain. Sebuah studi menunjukkan seseorang yang menjalani terapi yoga selama 3 bulan, intensitas, frekuensi, dan rasa sakit kepala bisa berkurang. Yoga bisa menjadi terapi tambahan yang berguna untuk mengurangi frekuensi migrain. Yoga dapat membantu menstimulasi saraf vagus yang efektif dalam meredakan migrain.

12. Membentuk Kebiasaan Makan Sehat

Makan dengan penuh perhatian juga dikenal sebagai makan intuitif adalah sebuah konsep yang mendorong konsentrasi penuh saat makan. Ini adalah tentang memperhatikan rasa, bau, dan tekstur makanan. Metode ini juga mengajak Anda memperhatikan setiap perasaan atau sensasi yang dialami saat makan.

Cara ini telah terbukti meningkatkan kebiasaan makan sehat sehingga gula darah terkontrol, meningkatkan penurunan berat badan, dan mengatasi perilaku makan yang tidak teratur.

Yoga memberikan penekanan yang sama pada perhatian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat digunakan untuk mendorong perilaku makan sehat.

13. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat yoga untuk wanita atau pria adalah bisa membantu meningkatkan kekuatan otot. Sebuah studi mengungkapkan, melakukan yoga selama 12 minggu dapat meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas tubuh. Berlatih yoga dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan, terutama jika diterapkan bersama dengan olahraga lainnya.

 

  1. Anonim. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. (Diakses pada 30 April 2020).
  2. Anonim. The Health Benefits of Yoga. https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga. (Diakses pada 30 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi