11 Manfaat Yakult untuk Kesehatan Tubuh (No. 6 Tak Sangka)

manfaat-yakult-doktersehat
Photo source: Nikkei Asian Review

DokterSehat.Com – Siapa tak kenal dengan minuman yang satu ini? Ya, rasanya hampir semua orang pernah minum Yakult, baik secara rutin maupun hanya sesekali. Yakult yang memiliki cita rasa manis campur asam ini lantas memberikan banyak manfaat bagi tubuh, utamanya terkait sistem pencernaan. Lalu, apa saja manfaat Yakult untuk kesehatan?

Apa Itu Yakult?

Yakult adalah minuman probiotik yang dihasilkan dari fermentasi susu dan gula. Yakult telah hadir di Indonesia dari sekitar tahun 90-an. Minuman ini sendiri berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dengan merek ‘Jahurto’ yang berarti yoghurt.

Yakult mengandung bakteri ‘baik’ bernama Lactobacillus casei shirota strain dalam jumlah yang sangat banyak, yakni lebih dari 6,5 miliar per botol. Lactobacillus casei shirota strain ini sejatinya memang hidup di dalam usus, dan berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan serta menghambat perkembangan bakteri jahat.

Manfaat Yakult bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai minuman kesehatan, Yakult memiliki sejumlah khasiat atau manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini manfaat yakult untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar tubuh senantiasa terhindar dari serangan penyakit, maka dibutuhkan sistem kekebalan tubuh (imun) yang kuat guna menangkal bakteri atau virus penyebab penyakit.

Kandungan bakteri ‘baik’ yang ada pada Yakult menghasilkan manfaat minum yakult untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain akan membantu melawan bakteri jahat atau virus tersebut sebelum sempat menginfeksi tubuh.

Sekalipun Anda sudah terlanjur terserang penyakit, maka manfat minum Yakult adalah untuk mengobati penyakit tersebut. Namun, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi minuman probiotik ini.

2. Menyehatkan Usus

Berbicara mengenai sistem pencernaaan, usus adalah organ pencernaan utama yang harus selalu terjaga kesehatannya. Usus yang bermasalah akan menyebabkan sejumlah penyakit gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga radang usus.

Masalah pada usus sendiri umumnya lebuh disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari makanan, utamanya makanan yang tidak higienis. Nah, disinilah peran Yakult dengan Lactobacillus casei shirota strain-nya tersebut untuk mencegah dan mengatasi gangguan pada usus akibat bakteri.

Manfaat minum Yakult setiap hari adalah untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ di dalam usus sehingga bisa memukul mundur bakteri ‘jahat’ yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.

3. Mengatasi Sakit Lambung (Maag)

Anda mungkin sedikit berpikir, “bagaimana bisa Yakult yang notabene memiliki cita rasa asam justru bisa mengatasi maag?”.

Nyatanya, salah satu manfaat Yakult memang untuk mengatasi maag secara alami. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan kandungan bakteri ‘baik’ pada minuman yang lebih  nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin ini. Tak hanya mengatasi maag, manfaat minum Yakult setiap hari juga bisa mencegah terjadinya penyakit lambung tersebut.

4. Mengobati Perut Kembung

Perut kembung kerap disebabkan oleh konsumsi makanan mengandung lemak dan berminyak. Rasa kembung tersebut lantas diikuti oleh sejumlah gejala (symptom) lainnya, seperti mual dan tubuh terasa lemas.

Nah, manfaat Yakult juga mencakup pengobatan perut kembung. Sifat probiotiknya diklaim mampu mencegah dan mengatasi reaksi alami tubuh terhadap makanan berlemak.

5. Menurunkan Kadar Lemak pada Tubuh

Kabar gembira untuk Anda yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Selain rajin mengonsumsi berbagai jenis makanan penurun berat badan melalui metode diet tertentu, Anda bisa sambil mengonsumsi Yakult secara rutin.

Manfaat Yakult untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan sifat probiotik pada Yakult yang efektif mengikat lemak dan mencegahnya dari penumpukan.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol ‘jahat’ (LDL) adalah musuh besar bagi tubuh karena menjadi pemicu dari timbulnya sejumlah penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Di samping mengonsumsi makanan penurun kolesterol, Anda bisa minum yakult setiap hari demi mengontrol kadar LDL secara signifikan. Kendati demikian, manfaat Yakult yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Mencegah Eksim

Tidak hanya merawat kesehatan usus, bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang terkandung pada minuman Yakult juga diklaim mampu mencegah terjadinya eksim, yakni penyakit kulit jangka panjang yang cukup mengganggu, pun mengurangi estetika kulit Anda.

Jika Anda termasuk orang yang mengidap eksim, maka selain rajin menjaga kebersihan kulit, mengonsumsi Yakult adalah langkah tepat guna memaksimalkan penyembuhannya.

8. Detoks Alami

Tanpa disadari, apa yang selama ini Anda konsumsi sedikit banyak ‘menyumbang’ racun yang jika dibiarkan bisa berbahaya bagi tubuh. Terutama pada sistem pencernaan, racun yang menumpuk bisa dihilangkan dengan mengonsumsi Yakult setiap hari salah satunya.

Manfaat minum Yakult untuk detoks tubuh secara alami ini juga tak lepas dari peran bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang berjumlah sangat banyak di setiap botolnya.

9. Menghindari Penyakit Kronis

Manfaat Yakult untuk kesehatan memang lebih dikhususkan untuk merawat sistem pencernaan. Namun perlu diketahui, masalah pencernaan bisa jadi awal dari timbulnya jenis penyakit lain yang menyerang seluruh organ tubuh.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi Yakult secara rutin, secara tidak langsung Anda melakukan langkah pencegahan terhadap risiko serangan penyakit berbahaya selain di sistem pencernaan.

10. Membantu Ibu Hamil Ketika Buang Air Besar (BAB)

Para ibu hamil kerap mengalami gangguan pencernaan berupa sembelit atau sulit buang air besar (BAB). Akibatnya, tak jarang ibu hamil mengejan ketika sedang BAB. Aktivitas mengejan tersebut tentu saja tidak diperkenankan karena bisa memengaruhi janin yang berada di dalam kandungan.

Guna mengatasi sembelit pada ibu hamil, konsumsilah Yakult maksimal 2 kali sehari. Manfaat Yakult yang sebagian besar melancarkan pencernaan secara otomatis juga mampu mengatasi sembelit sehingga ibu hamil tidak perlu sampai mengejan untuk mengeluarkan feses.

11. Memperbanyak Jumlah Bakteri ‘Baik’ pada Usus

Usus adalah organ tubuh di mana terdapat banyak sekali bakteri di dalamnya. Bakteri pada usus tersebut lantas terbagi 2 (dua), yakni bakteri ‘jahat’ dan bakteri ‘baik’.

Pada kondisi di mana jumlah bakteri ‘jahat’ lebih banyak ketimbang bakteri ‘baik’ (akibat konsumsi makanan tertentu), manfaat Yakult adalah untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ (L. casei shirota strain) tersebut sehingga kesehatan usus tetap terjaga.

Itu dia informasi mengenai manfaat minum Yakult setiap hari yang perlu Anda ketahui. Kendati sempat ada klaim dari otoritas keamanan pangan Eropa (EFSA) yang menyatakan bahwa minuman probiotik seperti Yakult tidak terbukti kuat mampu menyehatkan usus, tetap tidak ada salahnya untuk Anda mengonsumsi minuman yang satu ini, bukan? Semoga bermanfaat!