Terbit: 8 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada berbagai manfaat wijen hitam bagi kesehatan seperti menurunkan kadar gula darah, kaya akan antioksidan, menjaga kesehatan tulang, dll. Ketahui apa saja nutrisi dan khasiat wijen hitam dalam pembahasan ini.

12 Manfaat Wijen Hitam bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap

Nutrisi Wijen Hitam

Biji wijen adalah tanaman yang berasal dari Sesamum indicum yang banyak tumbuh di Asia. Biji wijen memiliki beberapa varietas seperti biji wijen hitam, coklat, abu-abu, putih, dan emas.

Biji wijen biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan dan minuman, namun juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Secara alami, biji wijen hitam memang mengandung berbagai nutrisi, termasuk:

  • 3 gram protein
  • 9 gram lemak
  • 1 gram lemak jenuh
  • 3 gram lemak tak jenuh tunggal
  • 4 gram lemak tak jenuh ganda
  • 2 gram serat
  • 4 gram karbohidrat
  • 18% kalsium dari kebutuhan harian
  • 16% magnesium dari kebutuhan harian
  • 11% fosfor dari kebutuhan harian
  • 83% tembaga dari kebutuhan harian
  • 22% mangan dari kebutuhan harian
  • 15% zat besi dari kebutuhan harian
  • 9% zinc dari kebutuhan harian

Selain itu, biji wijen hitam juga mengandung makromineral dan trace mineral yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Wijen Hitam bagi Kesehatan

Biji wijen atau dikenal dengan nama black sesame seeds berasal dari famili Pedaliaceae yang merupakan tanaman budidaya tertua di dunia. Biji wijen hitam juga mengandung sumber fitonutrien, antioksidan, serat makanan, makromineral, dan nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Berikut ini daftar manfaat black sesame seeds:

1. Sumber Antioksidan

Biji wijen hitam mengandung senyawa lignan -kelompok polifenol- yang juga berperan sebagai antioksidan. Biji wijen hitam juga mengandung vitamin E jenis gamma-tocopherol yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-sel dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada perkembangan sel kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Memiliki Agen Antikanker

Biji wijen hitam mengandung senyawa sesamol and sesamin yang dipercaya memiliki potensi sebagai antikanker alami. Sesamol dapat mengatasi stres oksidatif atau batas maksimal tubuh dalam menerima paparan radikal bebas, yang kemudian dapat menghambat perkembangan kanker.

Sementara senyawa sesamin memiliki potensi untuk menghancurkan sel kanker dengan mengangkat sel-sel yang sudah rusak (autophagy). Biji wijen hitam juga kaya akan antioksidan untuk mencegah kanker, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Tubuh (Berdasarkan Penelitian Ilmiah)

3. Mengontrol Tekanan Darah

Berdasarkan sebuah studi kecil yang dilakukan pada 30 orang dewasa dengan tekanan darah tidak normal, konsumsi 2,5 gram biji wijen hitam setiap hari selama 4 minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Biji wijen hitam juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan senyawa lignan untuk menjaga tekanan darah normal. Walaupun demikian, para peneliti masih mencari metodologi yang lebih tepat untuk membuktikan khasiat wijen hitam dalam mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Berdasarkan penelitian, konsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dibandingkan dengan lemak jenuh dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Dalam hal ini, biji wijen 41% lemak tak jenuh ganda, dan 39% lemak tak jenuh tunggal.

Selain itu, kandungan lignan dan fitosterol juga memiliki efek penurun kolesterol jahat dan trigliserida secara efektif. Menjaga kadar kolesterol normal akan berdampak baik bagi kesehatan jantung Anda.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Semua jenis biji wijen kaya akan kalsium, magnesium, mangan, dan zinc. Semua mineral dan nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Walaupun begitu, biji wijen juga mengandung oksalat dan fitat (antinutrisi) yang dapat mengurangi penyerapan mineral untuk tulang. Disarankan untuk merendam, menumbuk, atau memanggang biji wijen agar penyerapan mineral untuk tulang tetap maksimal.

6. Mengatasi Inflamasi

Ekstrak atau minyak biji wijen diduga memiliki sifat antiinflamsi untuk mengontrol peradangan dalam tubuh. Peradangan atau inflamasi sebenarnya adalah respon alami dari sistem imun saat melawan zat asing penyebab infeksi atau penyakit.

Peradangan berlebihan atau jangka panjang akan memicu efek samping atau kondisi kronis. Maka dari itu, tubuh membutuhkan makanan yang mengandung antiinflamasi demi keseimbangan dan kesehatan tubuh.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat wijen hitam selanjutnya untuk mengontrol gula darah. Kandungan pinoresinol pada biji wijen hitam membantu mengontrol gula darah agar tetap normal. Selain itu, biji wejan tinggi akan protein dan lemak sehat yang juga tidak membuat lonjakan gula darah dalam tubuh.

8. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan nutrisi lengkap di dalam wijen hitam dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut termasuk vitamin E, vitamin B6, zat besi, zinc, selenium, dan tembaga.

Setiap nutrisi tersebut berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Sebagai contoh, zinc dapat mengaktifkan sel darah putih (sistem imun) untuk melawan patogen penyebab infeksi dan vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

9. Menjaga Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid membutuhkan konsentrasi selenium tinggi untuk memproduksi hormon tiroid sesuai kebutuhannya. Biji wijen adalah sumber selenium tinggi yang dapat mendukung fungsi tiroid.

Selain itu, biji wijen mengandung nutrisi lain yang baik untuk kelenjar tiroid, yaitu zinc, vitamin B6, zat besi, dan tembaga. Semua kombinasi vitamin dan mineral ini akan membantu kesehatan kelenjar tiroid.

10. Sumber Vitamin B Kompleks

Semua jenis biji wijen merupakan sumber vitamin B kompleks. Setiap 3 sendok biji wijen mengandung vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin B6. Manfaat vitamin B kompleks adalah menjaga fungsi metabolisme dan produksi sel-sel sehat.

11. Sumber Serat Sehat

Serat adalah nutrisi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Wijen hitam (30 gram) atau sekitar tiga sendok makan mengandung 3,5 gram serat atau memenuhi 12% kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

12. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Wijen hitam juga dimanfaat untuk produk kecantikan rambut dan kulit. Banyak produsen yang memasukan ekstrak atau minyak wijen hitam dalam produk sampo, sabun, dan pelembap kulit.

Pasalnya, wijen hitam mengandung vitamin yang bagus untuk rambut dan kulit, termasuk antioksidan, zat besi, zinc, dan asam lemak sehat. Berdasarkan penelitian di tahun 2011, minyak wijen memiliki potensi untuk mencegah kulit dari paparan sinar ultraviolet hingga 30%.

Efek Samping Wijen Hitam

Tidak ada catatan tentang efek samping wijen hitam. Wijen hitam cenderung aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan alergi.

Umumnya, wijen hitam digunakan sebagai taburan makanan seperti salad, sayuran, nasi goreng, pasta, mie, atau makanan yang dipanggang. Sebagian orang juga menggunakan minyak wijen untuk perawatan kulit dan rambut.

Itulah manfaat wijen hitam bagi kesehatan. Wijen hitam adalah makanan alami dengan nutrisi tinggi namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan. Anda harus konsumsi makanan sehat dengan nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan secara umum.

 

  1. Kubala, Jillian, MS, RD. 2020. Black Sesame Seeds: Nutrition, Benefits, and More. https://www.healthline.com/nutrition/black-sesame-seeds-benefits. (Diakses pada 8 September 2020).
  2. McCulloch, Marsha, MS, RD. 2019. 15 Health and Nutrition Benefits of Sesame Seeds. https://www.healthline.com/nutrition/sesame-seeds. (Diakses pada 8 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi