Terbit: 24 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita jarang mengenal manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh. Umumnya vitamin A atau C yang banyak diperbincangkan. Meski demikian, vitamin D juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh khususnya yang berhubungan dengan fungsi tulang dan juga fungsi reproduksi seperti penis pada pria.

5 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Penis

Sumber vitamin D yang mudah didapat

Sebenarnya tubuh manusia bisa menghasilkan vitamin D sendiri setiap harinya. Namun, syarat yang harus dimiliki adalah berjemur selama 10-20 menit setiap hari di bawah sinar matahari pagi. Dengan berjemur, provitamin D akan bekerja dan tubuh akan tercukupi kebutuhan vitamin ini setiap hari.

Sayangnya tidak semua orang sempat berjemur di pagi hari. Mereka yang bekerja tidak bisa melakukannya kecuali akhir pekan. Oleh karena itu mereka disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan seperti salmon, tiram, udang, jamur, kuning telur, dan makanan dengan rambahan vitamin D lainnya.

Kalau Anda mendapatkan sinar matahari setiap hari secara rutin, kebutuhan vitamin D harian sekitar 600 IU. Sementara itu kalau tidak sempat mendapatkan sinar matahari secara langsung, kebutuhan vitamin D harian sekitar 1.000 IU. Kebutuhan vitamin D harian bisa didapat dari makanan atau suplemen yang sudah banyak beredar di pasangan.

Manfaat vitamin D untuk kesehatan penis

Vitamin D secara umum sangat bermanfaat untuk tubuh semua orang. Namun, secara khusus untuk pria, vitamin ini bisa menjaga kesehatan penis dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Meningkatkan fungsi neuromucular

Seperti yang kita ketahui, penis terdiri dari otot polos dan juga jaringan saraf yang cukup banyak khususnya yang berada di kepala atau glans. Dengan asupan vitamin D yang sesuai dengan kebutuhan, kemungkinan terjadi gangguan pada penis akan rendah. Pria akan memiliki otot penis yang kuat dan saraf untuk menerima rangsangannya bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Membuat penis memiliki ereksi sempurna

Vitamin D akan membuat sel endothelial yang berada di sekitar pembuluh darah bekerja dengan sempurna. Kalau sel ini mampu bekerja dengan sempurna, kemungkinan Anda mendapatkan ereksi yang sempurna akan besar. Pria tidak akan khawatir kalau nantinya penis akan mudah kendur dan tidak bisa digunakan untuk bercinta.

  1. Mencegah depresi yang memicu impotensi

Vitamin D sangat penting untuk menjaga mood dengan baik dan menangkal depresi yang cukup mengganggu. Dengan mengonsumsi vitamin D yang sesuai dengan kebutuhan, kemungkinan terjadi masalah pada penis akan rendah. Depresi adalah salah satu sumber masalah seksualitas pria.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin D sama halnya dengan vitamin C yang bisa meningkatkan imunitas pada tubuh, Kalau Anda menjadi sehat dan tidak mudah sakit, kemungkinan terjadi gangguan penis akan rendah. Bahkan, pria bisa melakukan seks kapan saja dia mau tanpa mengkhawatirkan masalah ereksi dan ejakulasi dini.

  1. Memberantas obesitas dan diabetes

Vitamin D yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan takaran bisa mencegah dan melawan kondisi obesitas pada tubuh. Seperti yang kita tahu, obesitas adalah salah satu penyebab utama gangguan ereksi dan bisa memicu kondisi diabetes.

Kalau seorang pria sampai mengalami diabetes, kemungkinan masalah seksual akan muncul. Penis akan perlahan-lahan susah ereksi dan sensitivitasnya anjlok karena gula darah di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Inilah beberapa manfaat dari vitamin D khususnya untuk kesehatan penis yang sangat dikhawatirkan oleh pria. Semoga setelah mengetahui manfaat dari vitamin D di atas, Anda bisa lebih memerhatikan asupan vitamin setiap harinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi