15 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

doktersehat-manfaat-vitamin-c-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com/rawpixel.com

DokterSehat.Com– Sering kita dengar, banyak wanita masa kini melakukan suntik Vitamin C untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Benarkah manfaat vitamin C memiliki kekuatan yang bagus untuk menjaga dan merawat kulit secara keseluruhan?

Manfaat Vitamin C

Berikut ini fakta tentang manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda, Teman Sehat:

1. Menjaga kulit tetap sehat bersinar

Tanpa konsumsi atau asupan vitamin C yang cukup pada tubuh, jangan harap kulit Anda bisa sehat dan bersinar. Kulit akan terlihat lebih tua, tidak segar, kusam dan tampak lelah. Gejala-gejala tersebut bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya, kulit cenderung lebih mudah kering, lebih mudah berjerawat serta flek.

2. Kekurangan vitamin C sebabkan banyak masalah kulit

Menjaga kesehatan kulit, tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Cukupi saja kebutuhan vitamin C harian Anda. Maka, kulit akan terjaga kesehatan serta kecantikannya secara alami. Dengan mengakrabi vitamin C, baik dikonsumsi atau dengan cara lain, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kulit. Manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan kulit rasanya memang tidak perlu diragukan.

3. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen

Vitamin C mengandung zat antioksidan yang berperan besar dalam pembentukan kolagen. Selain sebagai penjaga keelastisitasan kulit, kolagen ternyata juga merupakan komponen utama pembentuk jaringan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat membuat pelaut yang berlayar dalam waktu lama, kehilangan nyawanya. Tubuh tidak dapat memproduksi kolagen yang artinya, berpengaruh buruk pada komponen utama jaringan tubuh.

4. Vitamin C, jagonya antioksidan

Vitamin C kaya akan antioksidan. Fungsi vitamin C dapat menangkal radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan kulit. Ketika Anda mendapat asupan Vitamin C yang cukup, Anda sudah memperbanyak antioksidan dalam tubuh, yang artinya, dapat menangkal berbagai radikal bebas yang mengancam, kulit pun menjadi terselamatkan kesehatan dan kecantikannya.

5. Mengobati kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran dan buah-buahan segar memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker. Studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C terhubung dengan kemungkinan penurunan kanker paru-paru, mulut, pita suara, tenggorokan, usus besar, rektum, perut, dan kerongkongan.

6. Memerangi stroke

Manfaat vitamin C membantu mengurangi risiko stroke, sejenis penyakit kardiovaskular. Diet penuh sayuran dan buah-buahan memasok sejumlah besar vitamin ini, yang mempertahankan tingkat tekanan darah yang tepat. Ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menjadi alasan untuk stroke.

7. Memperbaiki mood

Fungsi vitamin C memainkan peran kunci dalam produksi neurotransmiter seperti norepinefrin. Mereka memengaruhi suasana hati seseorang dan sangat penting untuk berfungsinya otak.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Imunitas adalah manfaat penting lainnya dari vitamin ini. Vitamin C dikenal luas karena kontribusinya terhadap sistem kekebalan tubuh dan rangsangan pembuluh darah putih di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan luka

Manfaat vitamin C membantu memperbaiki luka. Ini memfasilitasi pertumbuhan jaringan ikat, yang mempercepat proses penyembuhan luka.

10. Menurunkan hipertensi

Orang dengan hipertensi berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Asupan vitamin C membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

11. Kontrol asma

Asam askorbat membantu mengurangi gejala asma. Ini membantu melindungi terhadap efek berbahaya dari polusi di dalam tubuh manusia, yang sering mengakibatkan gejala seperti asma.

12. Menyembuhkan diabetes

Salah satu alasan utama untuk diabetes, seperti yang ditemukan oleh berbagai penelitian, adalah tingkat rendah asam askorbat. Suplemen vitamin C bermanfaat sebagai obat untuk diabetes, karena mereka membantu dalam pengolahan insulin dan glukosa.

13. Mencegah penyakit jantung

Jumlah asam askorbat yang cukup sangat penting untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang dapat menyebabkan radikal bebas. Ini bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung yang disebut atherosclerosis. Vitamin C bertindak sebagai agen pencegahan terhadap penyakit jantung, serta berbagai masalah jantung lainnya.

14. Menyembuhkan toksisitas timbal

Toksisitas timbal adalah masalah kesehatan yang berat yang ditemukan terutama pada anak-anak, terutama di daerah perkotaan. Perkembangan dan pertumbuhan yang tidak normal telah ditemukan pada beberapa anak yang terpapar timah. Mereka mengembangkan masalah perilaku, ketidakmampuan belajar, dan juga cenderung memiliki IQ rendah. Ini dapat merusak ginjal dan meningkatkan tekanan darah pada orang dewasa. Suplemen vitamin C dapat mengurangi tingkat timbal darah.

15. Mengatasi vasodilasi

Pengobatan dengan vitamin C secara efektif menghasilkan vasodilasi (pelebaran pembuluh darah) yang tepat dalam kasus atherosclerosis, gagal jantung kongestif, kolesterol tinggi, angina pektoris, dan tekanan darah tinggi. Hasil telah menemukan bahwa vitamin C dapat memperbaiki pelebaran pembuluh darah dan melindungi kesehatan kardiovaskular.

Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk memperbanyak konsumsi sayuran atau buah-buahan yang mengandung Vitamin C. Fakta mengenai fungsi  Vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan kulit bukan sekadar berita bohong lho, Teman Sehat!