Beragam Manfaat Vitamin B yang Harus Anda Ketahui

manfaat-vitamin-b-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu vitamin yang memegang peranan cukup penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh lainnya adalah vitamin B. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat vitamin B apa saja yang bisa didapatkan tubuh.

Mengenal Manfaat Vitamin B dan Jenisnya

Sebelum Anda mengetahui apa saja manfaat vitamin B, perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang mengalami defisiensi vitamin B bisa mengalami depresi, rasa cemas berlebih dan perubahan suasana hati.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang lebih mudah depresi memiliki tingkat folat (vitamin B9) dalam darah yang lebih rendah. Folat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang polong, kacang tanah, kacang polong dan jeruk.

Perlu diketahui, vitamin B mengandung tiamin, riboflavin, niacin/niacinamide, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan asam pantotenat.

Selain itu, terdapat beberapa jenis vitamin B dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Apabila semua zat ini digabungkan maka hal itu disebut vitamin B kompleks. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat vitamin B, di antaranya

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf

Sistem saraf dalam tubuh tetap sehat karena manfaat vitamin B terutama vitamin B1. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan dalam mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Makanan-makanan yang mengandung vitamin B1 sepertii daging sapi, buah dan sayur, biji-bijian, roti, susu dan telur.

Asupan harian vitamin B1 yang harus dipernuhi adalah 0,8 mg untuk wanita dan 1 mg untuk pria. Karena jumlah ini tidak terlalu banyak, maka asupan vitamin B1  bisa dipenuhi dari konsumsi sehari-hari sehingga tidak memerlukan suplemen tambahan.

  1. Membantu mencerna karbohidrat

Dosis asupan harian vitamin B2 yang disarankan adalah 1,1 mg untuk wanita dan 1,3 mg untuk pria. Manfaat vitamin B terutama vitamin B2 adalah meningkatkan sistem saraf agar tetap optimal sehingga membantu mencerna karbohidrat, lemak dan protein dari makanan.

Sumber vitamin B2 bisa Anda dapatkan dari nasi, telur, susu, ikan dan sayur. Jauhkan beberapa makanan tersebut dari sinar matahari karena bisa merusak vitamin B2 yang ada di dalamnya.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat vitamin B terutama vitamin B3  adalah menjaga kesehatan kulit sekaligus mengubah makanan menjadi energi. Sumber vitamin B3 terbaik bisa didapatkan dari kacang, ikan, telur, daging sapi dan susu.

Kandungan niacin atau yang juga dikenal dengan vitamin B3 ternyata juga ampuh dalam mengunci kelembapan sel-sel kulit. Tidak heran jika manfaat vitamin B ini sangat disarankan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering

Tidak hanya itu saja, vitamin B juga berperan penting dalam proses pertumbuhan sel. Baik itu sel kulit mau pun sel rambut. Tidak heran jika orang yang mengonsumsi vitamin B akan memiliki kulit yang sehat dan rambut yang lebat.

Selain itu, salah satu manfaat vitamin B, terutama vitamin B12 adalah mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Mengonsumsi makanan atau suplemen dengan kandungan vitamin B12 akan menjadikan kulit tetap cerah.

4. Membantu pertumbuhan tubuh

Manfaat vitamin B terutama vitamin B5 dapat membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Perlu diketahui, makanan yang Anda makan bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Sumber vitamin B5 dapat ditemukan pada makanan seperti daging ayam, nasi merah, tomat, brokoli, telur dan kentang.

  1. Menjaga kadar oksigen dalam darah

Manfaat vitamin B terutama vitamin B6 cukup penting karena vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah karbohidrat dan protein dari makanan menjadi energi. Bahkan, manfaat vitamin B lanjutannya adalah memengaruhi sistem imunitas hingga saluran pencernaan dan otot.

Selain itu, vitamin B6 ternyata juga dapat mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala. Hal ini lantaran vitamin B6 menutrisi sekaligus melembapkan sel-sel kulit.

Sumber vitamin B6 terbaik bisa Anda dapatkan dari daging ayam, kacang, susu, ikan hingga pisang. Dosis harian vitamin B6  sebaiknya adalah 1,4 mg untuk pria dan 1,2 mg untuk wanita.

  1. Membantu memecah lemak

Manfaat vitamin B, khususnya vitamin B7 yang bisa didapatkan karena kemampuannya memecah karbohidrat dan lemak menjadi glukosa dan asam lemak yang kemudian dijadikan tenaga bagi tubuh. Sumber vitamin B7 bisa Anda dapatkan dari kembang kol, wortel, pisang, sereal dan hati.

  1. Membantu produksi sel darah merah

Supaya tubuh dapat memproduksi sel darah merah yang sehat, vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin B9 dan vitamin B12. Bahkan, vitamin B9 bisa membantu sel-sel tubuh dalam menjaga kondisi DNA dan menurunkan risiko janin di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem sarat pusat.

Dalam satu hari, dosis vitamin B9 yang dibutuhkan hanya 0,2 mg per hari. Sedangkan bagi ibu hamil atau yang berencana ingin hamil, disarankan mengonsumsi vitamin B9 sedikit lebih banyak yaitu 0,4 mg per hari. Sumber vitamin B9 bisa Anda dapatkan dari asparagus, bayam, brokoli, kacang, dan sereal

Selain itu, vitamin B12 juga penting dalam menjaga sistem saraf tetap sehat, memproduksi sel darah merah serta memproses vitamin B9. Sumber vitamin B12 bisa didapatkan dari keju, susu, telur, daging dan salmon. Asupan harian yang disarankan adalah 1,5 mcg per hari.

Bahkan, vitamin B12 memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Manfaat vitamin B12 ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya rambut rontok.

Pada akhirnya, karena vitamin B merupakan salah satu vitamin yang memiliki banyak macam. Tidak heran jika vitamin ini memiliki fungsi yang cukup beragam. Anda juga dapat memperoleh vitamin B dari beberapa jenis makanan. Masihkah Anda ragu mendapatkan manfaat vitamin B?