Bagaimana Cara Menggunakan Vitamin B Complex?

manfaat-vitamin-b-complex-doktersehat

DokterSehat.Com – Selain vitamin C yang banyak dijual di pasaran, kita juga mengenal vitamin B complex. Sebenarnya apa itu vitamin B complex? Apakah kumpulan berbagai jenis vitamin B yang bermanfaat untuk tubuh? Lalu bagaimana cara menggunakan vitamin B complex agar bisa maksimal dan tidak menyebabkan efek samping pada tubuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu vitamin B complex?

Vitamin B complex adalah vitamin B yang terdiri dari 8 jenis. Biasanya dalam suplemen setiap dosis vitamin memasukkan 100 persen kebutuhan harian. Namun, tidak sedikit yang memasukkan lebih dari 100 persen dosis yang diberikan. Jadi, sebelum mengonsumsinya cek komponennya.

Jenis vitamin yang digunakan terdiri dari vitamin B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niacin, B5 atau asam pantothenic, B6 atau pyridoxine, B7 atau biotin, B9 atau asam folat, dan B12 atau kobalamin.

Manfaat dan cara penggunaan

Vitamin B complex memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh dalam mengatasi beberapa masalah. Anda bisa mengonsumsi semua cara langsung atau mengonsumsi vitamin B yang lebih spesifik. Berikut manfaat dan cara penggunaan vitamin B complex selengkapnya.

  1. Migrain

Kalau Anda sering sekali mengalami migrain seperti dua kali dalam seminggu dan terasa sangat mengganggu, ada baiknya memperhatikan pola tidur dan juga mengonsumsi suplemen vitamin B complex khususnya vitamin B6, B9, dan B12. Vitamin ini akan mencegah terjadinya masalah di otak termasuk melancarkan peredaran darah di sana.

  1. PMS

Setiap bulan menjelang menstruasi, wanita akan mengalami PMS. Kondisi PMS ini sedikit berbeda di beberapa wanita. Ada yang mengalami dengan intensitas ringan, tapi tidak sedikit juga yang mengalami intensitas tinggi. Nah, untuk mereka yang mengalami PMS dengan intensitas tinggi bisa menggunakan suplemen vitamin B complex.

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan saat PMS adalah vitamin B5. Vitamin ini akan mencegah tubuh jadi terasa sakit lebih intens. Selain itu vitamin B yang ditambah kalsium juga bisa membuat wanita lebih santai dalam menghadapi PMS.

  1. Depresi dan anxiety

Defisiensi atau kekurangan vitamin B9 dan B12 disinyalir berhubungan erat dengan masalah depresi dan juga anxiety. Kalau Anda mengalami masalah kejiwaan ini ada baiknya untuk segera menggunakan vitamin B complex khususnya yang mengandung dua vitamin di atas dalam jumlah seimbang.

  1. Nyeri di tenggorokan

Sakit tenggorokan yang sangat mengganggu ternyata bisa disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin B khususnya vitamin B12. Anda bisa mengonsumsi vitamin B complex untuk mendapatkan manfaat itu atau multivitamin lain yang mengandung vitamin C. Perpaduan dua vitamin itu akan membantu penyembuhan luka atau inflamasi yang terjadi.

  1. Luka di kulit

Vitamin B juga bisa membantu penyembuhan luka yang terjadi di kulit. Luka yang terjadi di kulit biasa susah kering, apalagi pada penderita diabetes. Akhirnya suplemen vitamin B complex yang mengandung B12 sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan luka ini.

Dengan pengonsumsian secara teratur dan juga mengaplikasikan salep di luka bisa membuat luka cepat sembuh. Kalau luka cepat sembuh, peluang luka cepat membusuk dan akhirnya memicu amputasi tidak akan terjadi.

  1. Masalah saraf di tubuh

Manfaat terakhir dari vitamin B complex adalah untuk mengatasi masalah saraf yang terjadi pada tubuh. Kalau Anda sering mengalami nyeri pada tubuh khususnya di persendian bisa jadi terdapat masalah saraf yang cukup parah dan butuh suplai vitamin B complex khususnya B1, B5, dan B12.

Anda bisa mengonsumsi vitamin B sesuai jenis yang direkomendasikan. Namun, juga bisa mengonsumsi yang sudah menjadi satu. Saat ini sudah banyak suplemen yang bermanfaat untuk mengatasi masalah saraf di tubuh dengan harga tidak terlalu mahal dan efek yang diberikan cukup maksimal.

Siapa yang harus menggunakan vitamin B complex?

Meski bermanfaat dan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, hanya beberapa orang saja yang sangat direkomendasikan. Berikut beberapa orang yang disarankan memenuhi kebutuhan vitamin B complex.

  1. Wanita hamil

Salah satu vitamin B yang sering dikonsumsi sebelum hamil atau saat sedang hamil adalah asam folat. Vitamin ini bermanfaat untuk mempercepat kehamilan dan menjaga janin dari masalah keguguran hingga cacat.

Dosis yang dianjurkan setiap hari untuk asam folat sekitar 400 mcg. Selain asam folat, vitamin B12 juga bermanfaat untuk menjaga kondisi janin agar selalu sehat hingga akhirnya dilahirkan.

  1. Vegetarian

Beberapa jenis vitamin B tidak terdapat pada makanan berbasis nabati atau tumbuhan. Karena tidak bisa mencukupi beberapa vitamin B, kemungkinan terjadi defisiensi akan besar. Oleh karena itu, mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian disarankan untuk menggunakan tambahan suplemen.

  1. Mereka yang sudah berusia lanjut

Vitamin B complex akan membantu dua hal pada mereka yang sudah berusia lanjut. Pertama membantu mengatasi masalah depresi yang mudah terjadi. Selain itu vitamin ini juga bisa membantu masalah penuaan pada otak sehingga kepikunan dan sejenisnya tidak akan terjadi.

  1. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu

Beberapa orang dengan kondisi medis tertentu juga membutuhkan vitamin B complex. Beberapa kondisi yang membutuhkan vitamin ini terdiri dari:

  • HIV/AIDS
  • depresi dan anxiety
  • kanker dan tumor
  • penyakit autoimun
  • penyakit alzheimer
  • penyakit di saluran cerna.

Meski vitamin B complex bermanfaat untuk tubuh, ada banyak hal yang harus kita perhatikan dengan baik saat mengonsumsinya. Hanya konsumsi suplemen ini kalau dibutuhkan. Kalau sudah bisa memenuhinya dari makanan akan lebih baik. Nah, pernahkah Anda menggunakan vitamin B complex? Kalau pernah, untuk mengatasi masalah pada tubuh?