25 Manfaat Vaseline untuk Kulit dan Kecantikan

vaseline-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/Vaseline Macro

DokterSehat.Com– Vaseline adalah salah satu produk andalan untuk kaum wanita. Manfaat Vaseline yang melembapkan sel-sel kulit telah terbukti dan bekerja untuk semua jenis kulit. Tidak hanya itu, Vaseline juga mudah dikombinasikan dengan produk lain untuk membantu memaksimalkan kelembapan kulit. Selengkapnya simak apa itu petroleum jelly hingga kegunaan Vaseline lainnya di bawah ini.

Apa Itu Petroleum Jelly?

Petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk substansi seperti jeli semipadat. Produk yang juga disebut petrolatum ini tidak banyak berubah sejak Robert Augustus Chesebrough menemukannya pada tahun 1859. Chesebrough memerhatikan bahwa pekerja minyak akan menggunakan jeli lengket untuk menyembuhkan luka dan luka bakar mereka. Chesebrough akhirnya mengemas jeli ini sebagai Vaseline.

Manfaat Petroleum jelly berasal dari bahan dasar minyaknya, yang membantu menyegel kulit dengan penghalang pelindung air. Ini membantu kulit menyembuhkan dan mempertahankan kelembapan.

Manfaat Vaselin yang Serbaguna bagi Tubuh

Biasanya Anda tahu bila Vaseline yang terbuat dari petroleum jelly ini digunakan untuk melembapkan kulit, namun ternyata manfaatnya banyak lho, Teman Sehat! Selengkapnya berikut manfaat Vaseline yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Vaseline, berikut ini:

1. Melembapkan kulit

Sebuah studi menunjukkan bahwa kegunaan Vaseline petroleum jelly efektif dalam menjaga kelembapan kulit. Agar kulit tetap lembap, gunakanlah Vaseline petroleum jelly di area kulit tubuh yang terasa kering.

2. Mengatasi bibir kering

Manfaat Vaseline untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah, oleskanlah petroleum jelly pada bibir Anda, terutama pada malam hari sebelum tidur.

3. Mengatasi kaki pecah-pecah

Kaki pecah-pecah kerap terjadi pada kulit kaki yang kering. Sebagai solusinya, oleskanlah petroleum jelly pada area kaki yang bermasalah setelah mandi dan sebelum tidur, kenakan kaus kaki, dan biarkan semalaman. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

4. Pembersih make-up

Kegunaan Vaseline petroleum jelly juga aman untuk membersihkan make up pada bagian mata secara efektif, terutama untuk make up yang tahan air. Oleskan petroleum jelly pada cotton bud atau kapas kosmetik dan bersihkan make up secara perlahan dengan mengusap tanpa tekanan.

5. Merapikan alis

Kegunaan Vaseline petroleum jelly bisa membuat alis Anda terlihat lebih rapi. Caranya, aplikasikan petroleum jelly secukupnya pada sisir alis, kemudian sisir alis ke arah luar.

6. Membuat eye shadow tahan lama

Sebelum mengaplikasikan eye shadow, oleskanlah secara tipis petroleum jelly pada kelopak mata sebagai primer, agar awet digunakan sepanjang hari.

7. Mengatasi rambut bercabang

Oleskan petroleum jelly pada telapak tangan dan gosok secara perlahan pada ujung rambut untuk mengurangi masalah rambut bercabang yang kerap timbul pada rambut yang kering.

8. Membuat rambut lebih berkilau

Selain mengurangi masalah rambut bercabang, kegunaan vaselin petroleum jelly juga dapat sekaligus membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau

9. Mencegah cat rambut menempel di kulit kepala

Untuk mencegah dan melindungi kulit kepala dari pewarna rambut, oleskanlah vaseline petroleum jelly pada sepanjang garis rambut yang diwarnai.

10. Menghindari noda cat kuku pada kulit

Bila akan menggunakan cat kuku, oleskan terlebih dahulu Vaseline petroleum jelly pada area kulit sekitar kuku. Cara ini bisa membantu membersihkan sisa-sisa cat kuku yang sering menempel di kulit sekitar kuku.

11. Melembutkan kutikula kuku

Manfaat Vaseline petroleum jelly juga dapat menghaluskan kutikula kuku. Oleskanlah petroleum jelly pada kuku dan sekitarnya sebelum tidur. Cara ini juga sekaligus dapat membuat kuku Anda tampak lebih berkilau.

12. Menjaga tubuh tetap wangi

Kegunaan vaselin ini jarang Anda ketahui, lhoPetroleum jelly ternyata dapat membuat aroma parfum tahan lebih lama. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada permukaan kulit di mana Anda biasa mengenakan parfum.

13. Mengangkat sel kulit mati

Scrub dengan campuran petroleum jelly bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Buatlah scrub sendiri di rumah dengan cara mencampurkan petroleum jelly dan sedikit gula pasir, lalu aplikasikan pada area yang kasar dengan gerakan memutar tanpa tekanan yang berlebihan agar tidak merusak tekstur kulit.

14. Meredakan iritasi kulit setelah melakukan chemical peeling

Untuk meredakan kulit kering dan merah akibat iritasi ringan dari chemical peeling, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengoleskan Vaseline petroleum jelly.

15. Mengurangi risiko kulit lecet

Vaseline petroleum jelly bisa menjadi solusi untuk mengatasi kulit lecet akibat gesekan kulit pada bahan pakaian atau sepatu.

16. Membantu penyembuhan luka

Manfaat Vaseline dapat membantu menjaga kelembapan kulit selama masa penyembuhan. Sebelum menggunakan Vaseline, terlebih dahulu bersihkan permukaan kulit yang mengalami luka. Untuk penggunaannya, sebaiknya konsultasikan dahulu luka Anda kepada dokter agar dapat diperiksa, karena tidak semua jenis luka dapat diberikan Vaseline.

17. Mencegah jaringan parut pada bekas luka

Meminimalisir munculnya jaringan parut pada bekas luka bisa menggunakan petroleum jelly pada luka yang telah dibersihkan dan sudah terlihat mengering. Sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter agar dapat dipastikan keadaan lukanya.

18. Mengatasi ruam popok

Bunda, manfaat Vaseline juga bisa digunakan untuk ruam akibat penggunaan popok. Anda bisa mencegah terjadinya iritasi kulit akibat penggunaan popok, dengan mengoleskan petroleum jelly pada kulit bayi yang rentan mengalami ruam popok.

19. Mengurangi rasa gatal

Manfaat Vaseline bisa mengurangi gatal akibat kulit kering. Dengan menggunakan petroleum jelly sehabis mandi secara rutin, cara ini akan membantu menjaga kelembapan kulit.

20. Meringankan penuaan kulit

Seiring bertambahnya usia jaringan kulit akan berkurang kelembapannya sehingga timbul kerutan pada kulit, bahkan kulit terasa kering dan gatal. Vaseline petroleum jelly bisa membantu mengurangi keluhan tersebut dengan tujuan memperlambat proses penuaan kulit.

21. Mengatasi keratosis pilaris

Menggunakan petroleum jelly dapat melembapkan kulit yang kasar dan terdapat bintik-bintik kecil seperti jerawat beruntusan yang dinamakan keratosis pilaris.

22. Mengatasi iritasi akibat paparan deterjen

Pada sebagian orang, kandungan pada deterjen dapat memicu kulit terasa gatal karena iritasi. Anda bisa meminimalisir rasa gatal tersebut dengan mengoleskan petroleum jelly.

23. Mengurangi gatal akibat gigitan serangga

Berkat kemampuan melembapkan kulit, manfaat Vaseline petroleum jelly bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

24. Meredakan iritasi kulit akibat terbakar matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membuat kulit kemerahan, kering dan gatal. Jika belum atau sudah terpapar sinar matahari, oleskanlah petroleum jelly untuk mengembalikan kelembapan kulit dan membantu proses pemulihan setelah terpapar sinar ultraviolet atau berjemur.

25. Mengatasi alergi tanaman atau logam

Sama seperti gigitan serangga, rasa gatal akibat alergi terhadap serbuk tanaman ataupun bahan logam pada perhiasan imitasi juga bisa diredam dengan vaseline petroleum jelly.

Nah, itu dia manfaat Vaseline yang sangat beragam, mulai dari merawat kesehatan, kecantikan kulit hingga rambut berkilau. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

Sumber: 

http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/serba-guna-setidaknya-ada-25-manfaat-petroleum-jelly-kecantikan.html di akses 17 Oktober 2018

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/petroleum-jelly diakses 12 Juli 2019

_

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Stephanie Pangestian.