Manfaat USG 4 Dimensi bagi Ibu Hamil, Apa Saja?

inilah-manfaat-usg-4-dimensi-bagi-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Semakin hari semakin banyak ibu hamil yang tertarik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 4 dimensi. Para ibu hamil pada masa kini, tidak mau melewatkan teknologi canggih yang telah dimanfaatkan untuk pemeriksaan kehamilan. Hal ini dikarenakan mereka telah mengetahui manfaat usg 4 d untuk ibu hamil.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang berbagai manfaat dari penggunaan usg 4 dimensi untuk pemeriksaan kehamilan, ada baiknya kita mengenal lebih dulu tentang usg 4 dimesi. Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Apa itu USG 4 dimensi?

USG atau Ultrasonografi adalah salah satu metode pemeriksaan kehamilan yang digunakan oleh dokter untuk melihat gambaran janin di dalam rahim dengan memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi.

Pada umumnya, metode pemeriksaan USG pada ibu hamil digunakan untuk melihat perkembangan janin, seperti berat dan panjang janin, jenis kelamin, posisi kepala, pergerakan janin, kelainan pada janin, volume air ketuban, dan lainnya yang terkait dengan kondisi kehamilan di dalam rahim.

Teknologi Ultrasonografi ini memiliki beberapa beberapa macam yaitu USG 2 dimensi, USG 3 dimensi, USG 4 dimensi, USG poppler, dan USG transvagina. USG 4 dimensi tentunya lebih canggih daripada usg 2 dimensi dan 3 dimensi.

USG 2 dimensi hanya memiliki dimensi panjang dan lebar saja. Sedangkan USG 3 dimensi memiliki dimensi tambahan yakni berupa koronal (kedalaman). Dan USG 4 dimensi lah yang memiliki dimensi paling lengkap yakni panjang, lebar, kedalaman (koronal), dan dimensi waktu berupa pergerakan. USG 4D direkomendasikan pada minggu ke 22-32.

Tentu saja penggunaan USG 4 dimensi membuat penampakan janin menjadi lebih detail, akurat, dan nyata. Anda bisa melihat pergerakan janin Anda seperti sebuah video. Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan pun menjadi lebih seru karena Anda bisa melihat bagaimana buah hati Anda beraksi di dalam rahim.

Dan tahukah Anda bahwa penggunaan USG 4 dimensi tidak hanya memiliki sisi keseruan saja?? Ya, penggunaan USG 4D pada ibu hamil ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang cukup banyak. Mari kita simak apa saja manfaat usg 4D pada ibu hamil.

Baca juga : Berbahayakah Jika Ibu Hamil Sering Melakukan USG?

Manfaat USG 4 dimensi bagi ibu hamil

USG 4 dimensi memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil. Manfaat USG 4D tidak hanya untuk melihat pergerakan janin saja tetapi ada beberapa hal yang juga merupakan manfaat usg.

Berikut ini adalah manfaat usg 4 dimensi bagi ibu hamil :

1. Melihat fitur wajar yang lebih detail

Pada saat pemeriksaan USG 4D, Anda akan melihat gambar janin yang lebih jelas di layar. Apabila pada USG 2D dan USG 3D, Anda tidak dapat melihat detail dari wajah janin maka lain hal pada USG 4D. Melalui USG 4 dimensi, Anda akan melihat wajah janin dengan jelas. Anda dan pasangan bisa segera mengidentifikasi setiap hal dari wajah janin mirip dengan siapa.

2. Mengetahui arah bernapas

Meskipun kedengarannya agak aneh, ini memang merupakan faktor penting yang ingin dilihat oleh dokter. Dokter merasa penting untuk memahami bagaimana cara janin bernapas bersama dengan cara di mana paru-paru mereka memompa udara. Pengaturan waktu antara menghirup dan menghembuskan udara begitu penting untuk dihitung. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi segala jenis masalah pernapasan atau masalah di dalam paru-paru.

3. Mengetahui anggota badan

Melalui pemindaian USG 4D, dokter kandungan Anda akan dapat mengetahui kelengkapan seluruh anggota badan janin dengan lebih baik. Selain itu, dokter juga bisa mengetahui arah anggota badan dari janin Anda dan mulai menganalisisnya untuk hari H.  Analisis ini mempermudah dokter Anda dan Anda menjelang hari untuk melahirkan, sehingga hanya ada sedikit ketidaknyamanan pada menit terakhir.

4. Mendeteksi gangguan neurologis

Pemindaian USG 4D sangat jelas sehingga dapat memberi Anda gambaran sekilas tentang perkembangan otak dan beberapa bagiannya. Oleh karena itu, dokter Anda pasti akan dapat melihat lebih dekat untuk memahami kondisi otak dan susunan saraf bayi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah cacat atau kekurangan lebih lanjut pada perkembangan neurologis anak.

Baca juga: Berapa Kali Seharusnya USG Dilakukan?

5. Mengamati perilaku janin

Banyak dokter dan peneliti mengatakan, apa yang nampak pada janin di dalam rahim  mencerminkan seperti itulah perilaku bayi setelah terlahir. Selama pemindaian USG 4D, Anda dapat menonton gerakan, ekspresi wajah, perilaku, dan reaksi anak Anda. Hal ini akan memberikan Anda gambaran tentang kebiasaan dan perilaku bayi Anda nanti.

6. Analisis mendalam dari perkembangan internal

Anda telah mengetahui bahwa pemindaian USG 4 dimensi menunjukkan gambar dalam definisi tinggi sehingga dokter akan lebih mudah untuk melihat perkembangan internal tubuh Anda bersama dengan janin. Sangat penting untuk memastikan bahwa segala sesuatu di dalam rahim dan rahim Anda baik-baik saja. Jika dokter mendeteksi beberapa perkembangan abnormal, Anda mungkin diminta untuk mengikuti perawatan medis rutin untuk hal yang sama. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

 

Sumber :

  1. Yazid Subakti dan Deri Rizki A. 2009. Panduan Pintar Kehamilan untuk Muslimah. Jakarta: QultumMedia.
  2. Suwignyo S dan Fitrio C. 2010. Panduan Super Lengkap Hamil Sehat. Depok: Penebar Plus.