Manfaat Udara Laut dan Air Laut bagi Kesehatan yang Tidak Disangka

manfaat-liburan-di-laut-doktersehat

DokterSehat.Com – Liburan di kawasan laut ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai hiburan saja. Banyak wisatawan yang tidak menyadari bahwa ada manfaat udara laut dan air laut yang berguna bagi kesehatan tubuhnya baik secara fisik maupun kejiwaan.

Temukan beberapa manfaat udara laut dan manfaat air laut bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui oleh banyak orang!

Manfaat Udara Laut bagi Kesehatan Tubuh

Tanpa Anda sadari, udara laut yang pasti Anda nikmati saat liburan akan memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Penasaran ingin tahu apa saja manfaat udara laut bagi kesehatan tubuh?

Inilah beberapa manfaat udara laut bagi kesehatan tubuh!

1. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Manfaat udara laut bisa meningkatkan kesehatan pernapasan Anda. Hal ini dikarenakan udara laut banyak mengandung ion negatif. Ion negatif udara laut juga membantu Anda untuk menyerap oksigen. Ini sangat baik sebagai terapi pernapasan bagi penderita asma.

Tidak hanya paru-paru Anda yang menjadi lebih sehat, berbagai jaringan lain yang ada di dalam tubuh Anda pun juga menjadi lebih sehat karena cepat mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk tetap dapat menjalan fungsi dengan sebaik-baiknya.

2. Memperbaiki suasana hati

Udara laut tidak hanya bermanfaat bagi paru-paru Anda saja. Manfaat udara laut juga bisa memperbaiki suasana hati Anda yang buruk. Kandungan beberapa mineral di dalam udara laut seperti fosfor, belerang, yodium, natrium klorida, dan lainnya bisa memengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Di samping itu, udara laut yang diiringi angin sepoi-sepoi bisa menyeimbangkan kadar seratonin Anda sehingga baik untuk memperbaiki suasana hati yang sedang tak karuan atau stres. Inilah alasan mengapa banyak orang yang cenderung pergi menikmati udara laut ketika sedang memiliki sebuah masalah.

3. Meremajakan tubuh

Udara laut juga memiliki manfaat yang disukai oleh banyak wanita terutama wanita yang mulai berusia kepala tiga. Siapa yang mengira bahwa manfaat udara laut bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini yang mulai tampak di wajah.

Menakjubkan bukan? Udara laut yang bergerak memunculkan hembusan angin dan suara desiran ombak. Ini akan membuat sel-sel tubuh Anda menjadi sangat rileks. Kondisi tersebut sangat baik untuk mendukung peremajaan sel-sel tubuh.

4. Menyegarkan pikiran

Manfaat udara laut semakin lengkap karena tidak hanya membawa efek positif pada fisik dan jiwa saja. Udara laut juga memiliki manfaat untuk menyegarkan kembali pikiran Anda yang sudah penat karena aktivitas sehari-hari yang padat.

Jika Anda seseorang yang memiliki jadwal dan kerjaan yang padat maka liburan ke kawasan laut bisa membuat pikiran Anda kembali segar. Udara laut bisa memengaruhi serotonin Anda sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan santai.

Baca Juga: Liburan di Laut? Inilah 7 Seafood yang Aman untuk Anak

5. Menemukan ide kreatif

Apabila tubuh Anda menjadi lebih sehat, suasana hati pun membaik, dan pikiran kembali segar maka Anda bisa dengan mudah menemukan ide-ide kreatif yang bisa menunjang produktivitas Anda di sekolah ataupun di kantor.

Kondisi fisik, jiwa, dan pikiran yang tenang dan kembali segar bisa membuat Anda lebih mudah untuk kembali bekerja bahkan tidak mustahil bila Anda bisa menemukan jawaban dari sebuah perenungan mendalam tentang kehidupan yang cukup kompleks ini.

Manfaat Air Laut bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya udara laut saja yang memberikan manfaat bagi kesehatan, air laut juga memiilki beberapa manfaat. Simaklah beberapa manfaat air laut bagi kesehatan tubuh melalui penjelasan di bawah ini.

Inilah beberapa manfaat air laut bagi kesehatan tubuh!

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat air laut bagi kesehatan tubuh secara fisik adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah ini bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda. Di samping itu, Anda juga bisa terhindari dari  beberapa masalah kesehatan jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda bisa mendapatkan manfaat air laut ini, salah satunya dengan cara berenang di laut. Kandungan air laut yang kaya akan vitamin dan mineral ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Manfaat air laut yang bisa mencegah Anda jatuh sakit secara sering. Hal ini dikaernakan kandungan beberapa zat yang telah disebutkan di dalam air laut memiliki sifat antibiotik dan antibakteri yang sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

3. Membantu mengobati peradangan

Sifat antiinflamasi juga melengkapi kebaikan air laut di samping sifat antibakteri dan antibiotiknya. Melalui sifat antiinflamasi air laut, beberapa masalah peradangan seperti asma, radang sendi, bronkitis, dan lainnya bisa diobati.

Manfaat air laut bisa mengobati beberapa kondisi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Anda bisa menyelam atau berenang di laut. Akan tetapi, tetaplah berenang dalam batas wilayah aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Jangan Takut Berenang di Laut, Ini Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Setelah Berenang di Laut

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat air laut juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan mineral di dalam air laut bisa meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, air laut juga bisa menjaga kelembapan kulit yang baik untuk penampilan.

5. Mengobati depresi

Sama seperti udara laut yang juga memiliki manfaat terhadap kondisi kejiwaan, air laut juga bermanfaat untuk mengobati depresi. Garam yang tersimpan di dalam air laut akan memengaruhi kadar melatonin dan serotonin di otak Anda sehingga mampu mengobati depresi.

Kini Anda telah mengetahui beberapa manfaat udara laut dan manfaat air laut bagi kesehatan tubuh baik secara fisik, mental maupun pikiran. Apakah Anda semakin bersemangat untuk liburan di laut yang indah dan menyehatkan?

Namun, jangan sampai yah semangat yang menggebu ini membuat Anda jadi lupa atau lalai dengan bahaya yang bisa saja terjadi di laut. Tetaplah waspada dan patuhi aturan yang ada agar Anda terhindar dari bahaya. Selamat memiliki liburan yang sehat dan menyenangkan!