Inilah Alasan Mengapa Udang Dianggap Sebagai Makanan Sehat

manfaat-udang-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Seafood merupakan salah satu jenis makanan favorit yng banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis seafood yang banyak disukai adalah udang. Siapa yang tak suka udang? Hewan bercangkang ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang tentunya memiliki rasa yang cukup lezat. Tak jarang pula, akibat rasanya yang lezat bisa membuat orang merasa ketagihan dan tidak cukup mengonsumsinya hanya sekali.

Di samping rasanya yang cukup lezat, udang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Adapun beberapa alasan mengapa udang merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya:

1. Sumber Protein dan Rendah Lemak

Alasan pertama mengapa udang dianggap sebagai makanan sehat adalah karena mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, udang juga rendah lemak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa udang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan udang mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Protein tinggi pada udang mampu menekan nafsu makan dan meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Akibatnya, walau kalori yang terbakar cukup banyak, namun masih membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Mengandung Asam Lemak Omega 3

Udang juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan lemak tubuh saat dikonsumsi secara teratur. Menurut sebuah studi, asam lemak omega 3 pada udang juga dapat mengurangi jumlah lemak dan dapat mendorong kematian sel lemak jahat.

3. Sumber Vitamin yang Baik

Pada udang juga mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin B6, kalsium, kalium, dan fosfor. Nutrisi tersebut membantu tubuh menghasilkan energi, memproduksi sel darah, dan mempertahankan fungsi saraf normal. Selain itu, udang juga kaya akan lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol darah.