11 Manfaat Ubi Ungu yang Mengagetkan

makanan-dari-ubi-ungu-doktersehat

DokterSehat.Com – Ubi ungu adalah varietas ubi yang tidak kalah unggul dengan ubi jalar biasa yang berwarna kuning atau oranye. Ada beberapa manfaat ubi ungu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi utuh, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dari ubi ungu dalam berbagai aneka olahan. Apa sajakah aneka olahan ubi ungu?

Mari menyimak lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang ubi ungu. Dapatkan informasi bermanfaat mengenai ubi ungu termasuk manfaat ubi ungu, aneka olahan ubi ungu, dan informasi lainnya. Anda bisa mencoba berbagai olahan makanan dari ubi ungu.

Mengenal ubi ungu

Ubi ungu adalah salah satu varietas ubi yang memiliki banyak manfaat. Nama ilmiah ubi ungu adalah Ipomoea batatas L. Tanaman ubi ungu berasal dari benua Amerika lalu dibawa dan dikembangkan di Jepang.

Di luar negeri, ubi ungu juga dikenal dengan nama Okinawa sweet potato. Hal ini berkaitan dengan ubi ungu yang bisa bertahan dan tumbuh dengan baik di Jepang. Kandungan antosianin dan antioksidan memberikan warna ungu sehingga dikatakan ubi ungu.

Di samping warna, perbedaan ubi ungu dengan ubi jalar biasa juga terletak pada aromanya. Aroma ubi ungu terdiri dari aroma bunga, jeruk dan herbal. Terkait rasa, ubi ungu memiliki rasa yang bervariasi seperti manis, agak manis, agak pahit, dan pahit.

Kandungan ubi ungu

Ubi ungu mengandung banyak zat gizi penting. Zat gizi makro yang terkandung di dalam ubi ungu adalah karbohidrat dan protein. Ubi ungu bisa dikatakan tidak memiliki lemak karena kandungan lemak ubi ungu sangat sedikit. Tanaman ubi ungu juga mengandung serat makanan, antosianin, dan antioksidan.

Mineral yang dikandung oleh ubi ungu di antaranya adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium. Ubi ungu juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A.

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat ubi ungu yang perlu kamu ketahui. Manfaat ubi ungu sangat baik untuk kesehatan Anda. Konsumsilah ubi ungu untuk mendapatkan manfaatnya. Jika ingin lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi aneka olahan ubi ungu dalam berbagai bentuk.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Ubi ungu mengandung antosianin dan polifenol yang bisa menekan stres akibat kerusakan oksidatif di dalam tubuh. Antiosianin bisa merangsang antioksidan jenis lain pada ubi ungu. Antioksidan tersebut bisa menangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang berhasil dihalau dan disingkirkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai enzim antioksidan akan mengalami peningkatkan produksi. Hal ini berdampak positif untuk pemecahan senyawa-senyawa yang beracun sehingga tubuh tidak mudah sakit.

2. Mengatasi penuaan dini

Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan pada ubi ungu juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Kandungan antosianin juga mampu memperlambat penuaan sel-sel tubuh.

Pengonsumsian ubi ungu pun bisa memudarkan berbagai masalah penuaan dini seperti keriput, flek hitam, bintik-bintik usia, garis-garis halus, dan lainnya. Konsumsilah makanan dari ubi ungu dan Anda akan terlihat lebih awet muda.

3. Mengurangi berat badan

Ubi ungu sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa rasa lapar. Anda bisa mengonsumsi ubi ungu tanpa takut kandungan lemak atau karbohidrat yang tinggi. Tanaman ubi ungu tidak membuat Anda gemuk.

Selain itu, kandungan serat makanan dari ubi ungu juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini pun bisa menahan Anda dari konsumsi berlebih. Kandungan antosianin di dalam ubi ungu bisa memengaruhi metabolisme pencernaan sehingga penurunan berat badan cenderung lebih mudah dicapai.

4. Meredakan peradangan

Apakah Anda tahu jika ubi ungu mengandung zat yang bersifat antiinflamasi? Zat tersebut bisa meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Pengonsumsian ubi ungu akan menurunkan produksi TNF-alfa.

TNF alfa yang rendah akan menghambat terjadinya peradangan. Beberapa jenis peradangan seperti radang sendi, radang tenggorokan, dan lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi ubi ungu.

5. Mengatasi infeksi

Selain mengatasi peradangan, manfaat ubi ungu juga bisa mengatasi infeksi yang sering diakibatkan oleh bakteri. Ada zat tertentu di dalam ubi ungu yang memiliki sifat antibakteri. Zat tersebut bisa menyingkirkan berbagai bakter penginfeksi seperti E. Coli, Salmonella, dan lainnya.

6. Mencegah penyakit kanker

Manfaat ubi ungu juga bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam ubi ungu mampu menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan jika ubi ungu mampu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker. Anda bisa mencegah penyakit kanker dengan cara yang lebih nikmat yaitu dengan mengonsumsi olahan ubi ungu dalam bentuk yang lezat.

7. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah adalah sebuah kejadian yang bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, pembekuan darah harus dicegah sebelum terjadi. Anda bisa mencegah pembekuan darah dengan mengonsumsi ubi ungu.

Manfaat ubi ungu bisa mencegah pembekuan darah karena mengandung asam klorogenik. Asam klorogenik ini adalah zat yang dapat mencegah pembekuan darah. Proses pembentukan benang-benang fibrin mengalami pengurangan dengan adanya asam klorogenik.

8. Menjaga kesehatan hati

Apakah Anda percaya jika ubi ungu dapat menjaga kesehatan hati? Ya, ubi ungu bisa menjaga dan melindungi hati dari berbagai masalah. Kandungan antosianin pada ubi ungu akan menjaga organ hati agar tetap sehat. Antosianin bisa mengurangi kerusakan sel-sel hati akibat zat-zat beracun.

9. Mengobati penyakit diabetes

Ubi ungu bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan manfaat ubi ungu bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Pengonsumsian ubi ungu bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

10. Mengobati penyakit tekanan darah tinggi

Selain mengobati penyakit diabetes, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa diatasi dengan ubi ungu. Manfaat ubi ungu bisa menurunkan tekanan darah agar tetap berada dalam kisaran normal.

11. Mengobati asam urat

Asam urat juga merupakan masalah medis yang penting untuk menjadi perhatian. Masalah asam urat perlu diobati segera. Ubi ungu memiliki manfaat untuk mengobati asam urat karena ubi ungu dapat menurunkan kadar asam urat melalui kandungan antosianin di dalamnya.

Aneka jenis olahan ubi ungu

Ubi ungu tidak hanya bisa dikonsumsi secara utuh melainkan juga bisa dinikmati dalam bentuk olahan ubi ungu. Ada beberapa makanan dari ubi ungu yang bisa meningkatkan cita rasa ubi ungu tersendiri.

Beberapa contoh aneka jenis olahan ubi ungu sudah ada bisa dibuat menjadi es krim, jus, salad, mie, dan keripik. Ada juga beberapa resep makanan dari ubi ungu yang lebih kreatif dan lebih menggugah selera.

Olahan ubi ungu yang lebih unik dan kreatif bisa berupa puding, bolu panggang atau bolu kukus, bakpao, candil pada bubur sumsum, donat, timus, klepon, dan kue talam. Aneka jenis olahan ubi ungu ini dapat membantu Anda mendapatkan manfaat ubi ungu dengan cara yang lebih nikmat.