Terbit: 28 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian besar masyarat Indonesia menyukai ubi jalar. Ubi jalar merupakah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki rasa yang cukup lezat. Ubi ini bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti kolak, ubi jalar goreng, ubi jalar rebus, dan masih banyak olahan lainnya.

Selain Lezat, Ubi Jalar Bisa Menurunkan Berat Badan

Selain memiliki rasa yang cukup lezat, ubi jalar ternyata cocok untuk dikonsumsi ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki beberapa kandungan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari masalah sembelit.

Tidak hanya serat, beberapa kandungan ini juga bisa menjadi alasan mengapa ubi jalar dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan. Apa saja kandungan tersebut?

1. Mengandung Gula Alami

Ubi jalar mengandung gula alami sehingga baik untuk tubuh. Sebuah studi di Oregon State University menunjukkan bahwa gula alami yang terkandung di dalam ubi jalar sangat penting dan diperlukan untuk mengaktifkan enzim yang meningkatkan system metabolisme yang kemudian mampu membantu dalam pemrosesan karbohidrat dan lemak.

2. Rendah Kalori

Salah satu alasan mengapa tubuh bisa menjadi gemuk adalah asupan makanan yang mengandung kalori terlalu tinggi. Makanan yang memiliki kandungan kalori terlalu berlebihan akan memicu kenaikan berat badan secara cepat. Sehingga, tak sedikit orang yang melihat kandungan kalori dalam sebuah makanan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi ubi jalar, sebab ubi jalar mengandung rendah kalori. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa cara mengonsumsinya harus dipanggang bukan digoreng.

3. Mengandung Air yang Tinggi

Ubi jalar juga mengandung air yang cukup tinggi yang bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan air pada ubi jalar juga bermanfaat untuk menekan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dalam 100 gram ubi jalar mengandung sekitar 77 persen air.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi