12 Manfaat Uap Wajah (Facial Steam) untuk Kecantikan

manfaat-uap-wajah-doktersehat

DokterSehat.com – Uap wajah adalah salah satu prosedur kecantikan alami yang direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, dll. Ketahui teknik uap wajah, manfaat uap wajah, cara uap wajah, dan tips kecantikan lainnya.

Manfaat Uap Wajah

Uap wajah adalah perawatan kecantikan alami yang menggunakan uap dari air panas diarahkan langsung ke wajah. Uap wajah atau facial steam ditujukan untuk membuka pori-pori wajah agar sebum atau bakteri yang terperangkap di wajah dapat dibersihkan secara optimal.

Berikut ini adalah manfaat uap air panas untuk kecantikan wajah, yaitu:

1. Membersihkan Wajah

Uap wajah atau steam wajah dapat membantu membersihkan wajah secara lebih efektif. Teknik uap wajah akan membuka pori-pori sehingga lebih mudah untuk menyapu penumpukan kotoran, bakteri, dan sebum di lapisan kulit wajah.

Uap panas yang mengepul dan diarahkan ke wajah dapat mencegah penyumbatan pori-pori dari penumpukan kotoran tersebut. Apabila dibiarkan, sebum dan kotoran yang terperangkap dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo.

2. Meningkatkan Sirkulasi Wajah

Wajah Anda juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mempertahankan kesehatan kulit. Penumpukan bakteri, paparan debu, dan penggunaan riasan wajah terlalu lama membuat kulit wajah tidak “bernapas.”

Manfaat facial steam adalah untuk melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan sirkulasi oksigen di kulit wajah. Aliran darah dan oksigen yang lancar ini dapat membuat kulit wajah Anda menjadi sehat, berseri-seri, pipi merah natural, dan terlihat glowing secara alami.

3. Mencegah Jerawat

Penyebab jerawat adalah penumpukan bakteri dan sel-sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori. Manfaat uap wajah untuk jerawat adalah untuk membuka pori-pori tersebut sehingga sel-sel kulit mati, bakteri, dan sebum penyebab jerawat dapat dibersihkan secara efektif.

Cara mencegah jerawat lainnya adalah dengan rajin membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan mencuci muka sebelum tidur setiap hari. Anda mungkin juga harus menggunakan krim pelembab dan tabir surya.

Baca Juga: Steam Wajah Bikin Kulit Bersih dan Berseri, Begini Caranya

4. Menghidrasi Wajah

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan terlihat kering, terkelupas, pecah-pecah dan terasa gatal. Kondisi ini mungkin akan mengganggu penampilan Anda. Salah satu cara menghidrasi kulit adalah dengan melakukan perawatan dengan facial steam atau uap wajah.

Manfaat steam wajah dengan air panas adalah untuk membantu meningkatkan produksi minyak alami wajah yang bertugas untuk melembapkan kulit. Anda dianjurkan untuk melakukan uap wajah maksimal dua kali seminggu, bila terlalu sering maka itu akan membuat kulit wajah Anda lebih kering lagi.

5. Membersihkan Sebum

Sebum adalah zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous tubuh Anda yang berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit secara alami, namun terlalu banyak sebum akan menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko komedo dan jerawat.

Salah satu cara membersihkan sebum yang paling efektif adalah dengan uap wajah. Manfaat uap wajah dengan air panas adalah untuk membantu melepas sebum yang terperangkap di bagian dalam pori-pori kulit, yang secara otomatis akan mencegah jerawat dan komedo.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Kolagen dan elastin adalah dua zat penting untuk mempertahankan elastisitas dan kekencangan struktur kulit. Terdapat banyak produk perawatan kulit yang memiliki kandungan kolagen dan elastin, namun Anda bisa mendapatkan kandungan tersebut secara alami melalui facial steam atau uap wajah.

Uap wajah akan meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi lebih kencang, kenyal, mengurangi kerutan, dan terlihat awet muda.

7. Membantu Penyerapan

Teknik uap wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit. Permeabilitas kulit adalah indikator kemampuan kulit dalam menyerap partikel.

Dalam kasus ini, facial steam atau uap wajah akan membuka pori-pori dan membantu kulit menyerap produk-produk perawatan kulit yang Anda gunakan sehingga produk tersebut akan lebih efektif bekerja di kulit Anda.

Baca Juga: 12 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Alami dan Ampuh

8. Menenangkan Kulit

Uap wajah yang hangat akan menenangkan kulit Anda dan membuat Anda merasa lebih rileks. Terlebih lagi apabila Anda menambahkan minyak esensial atau rempah-rempah yang juga bagus untuk wajah, yaitu lavender oil, rose oil, rosemary oil, tea tree oil, dll.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori akan membuat kulit Anda jadi kusam dan terlihat tua. Salah satu manfaat uap wajah dengan air panas adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan memberikan sifat anti-penuaan alami.

10. Membersihkan Bekas Make Up

Menggunakan make up terlalu tebal dan terlalu lama akan memberikan efek negatif bagi kulit Anda. Terlebih lagi, produk pembersih wajah tidak dapat membersihkan bekas make up secara efektif yang menyebabkan penumpukan bakteri hingga ke pori-pori.

Anda dianjurkan untuk melakukan steam wajah untuk membersihkan bekas make up dan bakteri lainnya yang terperangkap di pori-pori secara sempurna.  

11. Membantu Melegakan Hidung Tersumbat

Selain manfaat uap air panas untuk kecantikan wajah, uap air panas juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan sakit kepala saat Anda mengalami pilek atau flu biasa. Terlebih lagi, bila Anda menambahkan minyak esensial alami yang memiliki aromaterapi seperti, almond oil, lavender, tree tea oil, minyak oregano, dll.

12. Perawatan Kecantikan Alami

Manfaat facial steam adalah perawatan ini murah dan mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon atau membeli produk kecantikan lainnya. Selain itu, Anda dapat melakukan perawatan ini sendiri di rumah minimal satu kali seminggu.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Hangat untuk Wajah Cantik dan Awet Muda

Cara Uap Wajah

Berikut ini adalah cara uap wajah, yaitu:

manfaat-uap-wajah-doktersehat

  • Siapkan air panas di sebuah mangkuk
  • Masukan beberapa tetes minyak esensial sesuai dengan keinginan Anda
  • Letakkan handuk di atas kepala Anda agar uap panas fokus ke arah wajah Anda
  • Posisikan kepala Anda di atas mangkuk berisi air panas tersebut
  • Jangan terlalu dekat karena itu akan membakar wajah Anda
  • Tetap pada posisi tersebut sekitar 5-10 menit

Steam wajah akan membuat Anda berkeringat dan itulah proses pori-pori mulai terbuka untuk membersihkan segala kotoran yang menumpuk. Setelah itu bilas wajah Anda sampai bersih dan keringkan kembali. Gunakan toner untuk menutup kembali pori-pori.

Tips Kecantikan Wajah dengan Facial Steam

Berikut ini adalah tips kecantikan wajah dengan facial steam, yaitu:

  • Jangan menggunakan air yang terlalu panas. Sebaiknya gunakan air hangat agar tidak membakar kulit wajah Anda
  • Hanya melakukan steam wajah satu kali dalam seminggu. Terlalu sering steam wajah akan membuat wajah jadi kering
  • Durasi uap wajah maksimal adalah 10 menit, tidak dianjurkan melebihi waktu tersebut

Itulah pembahasan tentang manfaat facial steam. Uap wajah adalah perawatan kulit alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Santos-Longhurst, Adrienne. 2018. 10 Benefits of Face-Steaming and How to Do It at Home. https://www.healthline.com/health/benefits-of-steaming-face. (Diakses pada 29 November 2019).
  2. Lukelady. 2019. 14 Benefits of Steaming Face. https://www.lukelady.com/blogs/news/benefits-of-steaming-face. (Diakses pada 29 November 2019).