Latihan Treadmill Secara Rutin dan Dapatkan 6 Manfaatnya!

treadmill-doktersehat

DokterSehat.Com – Treadmill menjadi salah satu alat wajib yang yang ada di gym. Bahkan karena penggunaannya yang sangat praktis, banyak orang yang memilih untuk memiliki treadmill sendiri di rumah. Pada dasarnya berlari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi latihan menggunakan treadmill tentunya memiliki beberapa keunggulan lainnya dibandingkan harus lari di luar ruangan tanpa menggunakan alat.

Latihan menggunakan treadmill akan membuat kita lebih fokus dan konsisten terhadap gerakan lari kita. Selain itu, kemudahan dalam menggunakan treadmill juga bisa memotivasi kita untuk lebih rajin berlatih secara rutin. Apa manfaat treadmill yang akan kita dapatkan jika melakukannya secara rutin? Simak jawabannya berikut ini!

1. Menurunkan berat badan

Manfaat treadmill yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Olahraga lari untuk menurunkan berat badan memang terbilang ampuh jika Anda menjalainya dengan benar.

Berlari di treadmill sejauh 1 mil, bisa membakar rata-rata sebanyak 100 kalori. Jika Anda meningkatkan kecepatan Anda dan melakukan latihan treadmill dengan intensitas yang lebih tinggi tentunya akan semakin banyak kalori yang bisa Anda bakar.

2. Membentuk otot

Manfaat treadmill selanjutnya adalah membantu membentuk otot tubuh. Selain menurunkan timbangan, membentuk otot juga merupakan hal yang sangat penting dalam diet dan pembentukan badan. Ketika berlari di atas treadmill otot kaki Anda akan bekerja dan lama kelamaan semakin membentuk.

Tentu saja bukan hanya otot kaki Anda saja yang bisa terbentuk, Anda juga bisa membentuk otot tangan Anda dengan aktif mengayunkan tangan Anda ketika berlari di atas di treadmill. Anda juga bisa membentuk otot perut Anda, semuanya tergantung pada bagaimana cara Anda berlari.

3. Meningkatkan fungsi otak dan menghilangkan stres

Latihan treadmill secara rutin juga bisa meningkatkan fungsi otak, membuat Anda lebih bahagia, dan juga mengurangi stres. Ketika Anda berlari di atas treadmill, otak akan melepaskan lebih banyak senyawa endorfin. Endorfin merupakan senyawa kimia di otak yang bisa membuat Anda merasa bahagia.

Selain itu, fakta bahwa Anda bisa latihan treadmill sambil melakukan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya seperti mendengarkan musik, menonton TV, hingga membaca buku juga semakin membuat Anda merasa bahwa treadmill adalah kegiatan yang menyenangkan. Alhasil Anda pun menjalaninya tanpa beban dan tidak merasakan stres.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Sama halnya seperti lari, latihan treadmill secara rutin dan konsisten juga sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Latihan treadmill rutin bisa meningkatkan kekuatan jantung dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Ketika sirkulasi darah menjadi lebih lancar, otot Anda juga mampu bekerja lebih lama lagi karena telah mendapatkan asupan oksigen yang lebih banyak.

Selain menguatkan jantung, manfaat treadmill lainnya adalah menurunkan kolesterol jahat dan juga meningkatkan kolesterol baik. Jantung yang kuat dan juga kadar kolesterol jahat yang rendah akan mampu menjauhkan Anda dari risiko terkena serangan jantung.

5. Meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan manfaat berjalan kaki yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah keadaan di mana tulang mulai menurun kepadatannya dan menjadi perpori. Tulang yang mengalami osteoporosis akan sangat rentan terhadap fraktur dan trauma.

Manfaat ini juga bisa Anda dapatkan sebagai salah stau manfaat treadmill secara rutin. Semakin banyak Anda lari atau jalan di atas treadmill, maka semakin banyak mineral di tulang yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat.

6. Meningkatkan fleksibilitas sendi

Selain masalah tulang, semakin bertambahnya usia juga semakin membuat kita bermasalah dengan sendi. Latihan treadmill dengan rutin akan menjaga flehsibilitas sendi Anda. Jika fleksibilitas sendi kita meningkat maka kita juga bisa terhindar dari berbagai masalah seperti kelainan tulang dan juga radang sendi.

Masalah fleksibilitas sendi yang menurun mungkin tidak bisa dilawan sepenuhnya seiring dengan pertambahan usia. Tapi paling tidak Anda bisa mencegah masalah tersebut untuk datang lebih cepat.

Itu dia berbagai manfaat treadmill yang bisa Anda dapatkan jika menjalaninya dengan rutin. Lakukanlah latihan treadmill sesuai porsi dan kemampuan tubuh Anda.