Terbit: 19 Januari 2020 | Diperbarui: 19 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ternyata ada banyak manfaat traveling bagi kesehatan. Siapa yang tidak suka jalan-jalan atau traveling? Ya, kegiatan yang satu ini memang memberikan kesenangan tiada dua bagi traveller. Melakukan travelling, rasa lelah dan stres yang menerpa akibat padatnya aktivitas, pun ditambah oleh problematika kehidupan, seketika bisa lenyap. Lantas, ada apa saja sih kegunaan travelling, utamanya bagi kesehatan tubuh?

12 Manfaat Travelling yang Tak Terduga (Bisa Cegah Penyakit Jantung!)

Manfaat Travelling bagi Kesehatan

Bagi kebanyakan orang (mungkin termasuk Anda salah satunya), jalan-jalan atau travelling adalah kegiatan yang tak hanya sekadar hobi, namun telah menjadi suatu kebutuhan. Anggapan ini tak lepas dari sejumlah manfaat besar yang dibawa oleh aktivitas travelling tersebut.

Berikut ini adalah manfaat travelling yang perlu Anda ketahui:

1. Memulihkan Stres

Manfaat travelling bagi kesehatan yang terbukti ampuh adalah meredakan stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah dipicu oleh rutinitas yang terlalu padat, maupun masalah yang tengah dihadapi.

Oleh sebab itu, perlu adanya suatu aktivitas yang bisa mengobati stres tersebut, di mana salah satunya adalah travelling atau jalan-jalan. Manfaat hobi travelling yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, yang mana dikatakan bahwa orang-orang yang melakukan travelling merasa lebih bahagia dan tidak stres.

2. Merawat Fungsi Organ Tubuh

Stres menjadi ‘gerbang’ dari timbulnya masalah pada organ-organ tubuh, mulai dari otak hingga jantung sekalipun. Nah, karena travelling efektif untuk mengusir rasa stres, maka secara tidak langsung travelling turut berperan dalam merawat fungsi organ tubuh tersebut.

Di samping itu, manfaat liburan juga tak lepas dari aktivitas travelling yang membuat ‘memaksa’ tubuh untuk banyak bergerak, terlebih jika travelling yang Anda lakoni melibatkan aktivitas fisik yang banyak, seperti naik gunung atau pergi ke pantai, yang mana hal tersebut sangat baik untuk kesehatan fungsi organ tubuh.

3. Meminimalisir Risiko Penyakit

Dalam bukunya yang berjudul Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So, Roger Dow yang tak lain adalah presiden sekaligus CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat mengungkapkan bahwasanya melakukan travelling bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.

Pernyataan Dow tersebut bukannya tanpa bukti. Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 12.000 orang, didapatkan hasil bahwa kelompok partisipan yang melakukan travelling lebih sering, memiliki tingkat risiko terkena penyakit stroke dan jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak atau jarang bepergian.

4. Membentuk Postur Tubuh Ideal

Siapa sangka, aktivitas travelling juga cukup membantu Anda untuk mendapatkan postur dan berat badan yang ideal. Pasalnya, saat melakukan kegiatan travelling seperti mendaki gunung, berenang di pantai, atau berjalan santai di kebun teh, Anda secara tidak langsung telah berolahraga.

Jadi, bagi Anda yang kini sedang merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimiliki, cobalah untuk memilih jenis travelling yang juga menuntut aktivitas fisik seperti yang disebutkan di atas, ya.

5. Memperbaiki Mood

Tidak selamanya Anda berada dalam mood yang baik, bukan? Ada saja hal-hal yang menjadi mood-breaker. Tentu ini sangat tidak menyenangkan!

Manfaat travelling bagi kesehatan mental lainnya adalah memperbaiki mood yang buruk tersebut. Survei yang dilakukan oleh Diamond Resorts International mendapati fakta bahwa mereka yang melakukan travelling mengaku jika mood-nya kembali baik setiap kali melakukan perjalanan.

6. Momen Beristirahat

Melakukan travelling, baik itu ke luar kota maupun luar negeri, atau hanya sekadar berkeliling kota, menghasilkan manfaat hobi travelling yakni sebagai medium untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, apalagi sampai menyebabkan Anda kurang tidur.

Ketua National Sleep Foundation (NSF), Max Hirshkowitz mengatakan bahwa travelling menjadi momentum tepat bagi setiap orang yang memiliki waktu tidur kurang akibat aktivitas kerja yang terlalu padat.

7. Panjang Umur

Orang yang sering travelling baik dalam negeri maupun perjalanan ke luar negeri cenderung memiliki harapan hidup yang lebih lama alias panjang umur.

Penelitian menunjukkan bahwa travelling mengurangi stres, menjaga kesehatan dari dalam maupun luar tubuh, dan meningkatkan kesehatan otak, lho!

Manfaat Travelling Lainnya

Selain dapat menyehatkan tubuh, travelling juga memiliki manfaat berikut:

1. Melatih Kemandirian

Jika selama ini Anda masih serba bergantung pada orang lain, orang tua misalnya, maka travelling adalah ajang bagi Anda untuk melatih diri agar bisa lebih mandiri.

Manfaat travelling yang satu ini akan lebih terasa apabila Anda melakukan solo travelling, yakni bepergian seorang diri mengunjungi destinasi wisata yang telah ditentukan.

Kondisi yang ‘memaksa’ Anda untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri, mulai dari memesan kamar hotel, naik transportasi umum, hingga bertanya pada orang sekitar, secara tidak langsung membentuk pribadi yang mandiri.

2. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Apakah selama ini Anda memiliki masalah dalam berkomunikasi? Jika ya, maka salah satu cara terbaik untuk melatih kemampuan berkomunikasi adalah dengan pergi travelling.

Saat jalan-jalan, Anda akan ‘dipaksa’ untuk banyak berbicara dengan orang lain, seperti saat berada di tempat wisata, atau ketika hendak menanyakan jalan kepada warga sekitar. Jangan heran ketika sudah pulang dari liburan, Anda jadi lebih percaya diri dan mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain.

3. Menambah Wawasan

Travelling akan membawa Anda pada situasi dan lingkungan baru yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Ini menghasilkan manfaat travelling selanjutnya yakni menambah wawasan Anda terhadap ‘dunia’ dan kebudayaan baru, yang mana hal tersebut bermanfaat bagi pengembangan diri Anda ke depannya.

4. Menambah Teman

Bepergian akan membuat Anda bertemu dengan orang-orang baru, baik itu saat di perjalanan dari dan menuju destinasi wisata, atau di tempat wisatanya itu sendiri.

Ini tentu saja merupakan hal yang positif karena ada kemungkinan Anda akan berkenalan dan akhirnya memiliki teman baru. Di zaman sekarang ini, memiliki banyak relasi sangatlah penting demi pengembangan diri dan karier Anda.

5. Meningkatkan Kreativitas

Jangan salah, manfaat travelling bagi kesehatan mental juga termasuk meningkatkan kreativitas, lho. Pasca-bepergian, otak Anda akan kembali fresh, pun ditambah dengan wawasan baru yang didapat selama travelling.

Hal ini tentu saja akan membuat otak Anda dialiri banyak ide-ide segar yang lantas bisa Anda terapkan di pekerjaan sehingga bisa berdampak pada peningkatan performa Anda sebagai karyawan.

Tips Sehat Saat Travelling

Travelling pada dasarnya untuk melepas penat dan menemukan kebahagiaan. Oleh karena itu tubuh harus dalam keadaan prima karena perjalan bisa sangat melelahkan, seperti masuk keluar bandara, kurang tidur, stres karena mengantre atau hal lainnya.

Agar tubuh tetap bugar dalam perjalanan, berikut tips sehat saat travelling yang bisa Anda terapkan:

1. Vaksin Sebelum Travelling

Jika akan melakukan perjalanan ke luar negeri, mendapatkan vaksin sangat penting untuk melindungi Anda dari penyakit. Vaksinasi yang tepat diperlukan tergantung negara mana yang akan dikunjungi, tetapi biasanya traveller memerlukan suntikan untuk tipus, rabies, dan hepatitis A atau B.

Buatlah janji dengan dokter untuk mendapatkan vaksin, minimal enam minggu sebelum berangkat, jika vaksin yang diperlukan memerlukan lebih dari satu suntikan dan satu kunjungan.

2. Membawa Kotak P3K

Guna memastikan keamanan perjalanan, selalu membawa kotak P3K. Beberapa benda yang paling penting termasuk sepasang pinset, gunting kecil, termometer, perban, dan salep antibiotik untuk mengatasi kecelakaan kecil yang mengancam kesehatan saat perjalanan.

Tak lupa membawa tabir surya, pembersih tangan dan tisu tangan, krim hidrokortison untuk reaksi kulit yang gatal. Obat-obatan bebas juga disertakan, seperti penghilang rasa sakit, obat alergi, obat flu dan batuk, obat anti-diare, dan obat mabuk perjalanan.

3. Minum Air yang Cukup

Melakukan perjalanan selalu menyebabkan dehidrasi, terutama ketika melakukan perjalanan udara. Untuk itu sebaiknya Anda minum air setiap jam. Tubuh tetap terhidrasi tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga dapat mengurangi risiko sakit karena tubuh akan lebih mampu melawan semua kuman di pesawat maupun di lingkungan yang baru.

Jangan lupa! Selalu membawa botol air dari rumah yang dapat diisi kembali di bandara yang menyediakan air bagi para penumpang.

4. Perhatikan Pola Makan

Jangan asal makan ketika dalam perjalanan, cek terlebih dahulu kebersihan, bahan yang digunakan, dan proses pembuatannya. Makan makanan yang dimasak tidak benar akan menyebabkan masalah kesehatan, dan ini akan akan mengganggu perjalanan Anda.

Berikut tips makan yang benar saat travelling:

  • Pilihlah restoran yang bersih dan bereputasi baik.
  • Meskipun murah, hindari makanan pinggir jalan atau pedagang kaki lima.
  • Pastikan semua makanan dimasak dengan benar untuk mencegah diare.
  • Makanlah buah yang hanya bisa dikupas.
  • Minumlah hanya air botolan.
  • Hindari es, kecuali Anda yakin itu terbuat dari air kemasan atau air yang matang.

5. Tetap Aktif dengan Berjalan Kaki

Meskipun olahraga saat travelling mungkin tidak semua orang bisa melakukannya, tetapi tubuh harus tetap aktif. Salah satu yang mudah dilakukan adalah berlari.

Begitu mendarat, cara terbaik untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda adalah berjalan keliling kota. Selain menyehatkan, Anda juga bisa melihat pemandangan, hemat ongkos, dan tentu membakar kalori.

Itu dia manfaat travelling bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Walaupun kerap menguras kantong, namun melihat manfaat yang dihasilkan, rasanya tidak ada salahnya untuk Anda setidaknya setahun sekali melakukan aktivitas satu ini. Selamat jalan-jalan, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2018. 10 Wonderful Benefits of Traveling. https://www.dumblittleman.com/benefits-of-traveling/. (Diakses 19 Desember 2019)
  2. Louise. 2019. 5 Tips For Staying Healthy While Traveling. https://www.forbes.com/sites/jqlouise/2019/08/30/5-tips-for-staying-healthy-while-traveling/#5da2fc6e578c. (Diakses 19 Desember 2019)
  3. Rodriguez. Diana. 2011. Prepare for a Healthy Trip. https://www.everydayhealth.com/healthy-travel-pictures/top-tips-for-healthy-travel-0125.aspx. (Diakses 19 Desember 2019)
  4. Matador Team. 2015. 7 scientific facts that prove travel is good for your health. https://matadornetwork.com/bnt/7-scientific-facts-prove-travel-good-health/. (Diakses 19 Desember 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi