11 Manfaat Travelling yang Tak Terduga (Cegah Penyakit Jantung)

manfaat-travelling-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak suka jalan-jalan atau traveling? Ya, kegiatan yang satu ini memang memberikan kesenangan tiada dua bagi yang melakukannya. Melakukan travelling, rasa lelah dan stres yang menerpa akibat padatnya aktivitas, pun ditambah oleh problematika kehidupan, seketika bisa lenyap. Lantas, ada apa saja sih manfaat travelling, utamanya bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Travelling yang Tak Diduga-duga

Bagi kebanyakan orang (mungkin termasuk Anda salah satunya), jalan-jalan atau travelling adalah kegiatan yang tak hanya sekedar hobi, namun telah menjelma sebagai sebuah kebutuhan. Anggapan ini tak lepas dari sejumlah manfaat besar yang dibawa oleh aktivitas travelling tersebut.

Berikut ini adalah manfaat travelling yang perlu Anda ketahui.

1. Memulihkan Stres

Manfaat travelling bagi kesehatan yang terbukti ampuh adalah meredakan stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah dipicu oleh rutinitas yang terlalu padat, maupun masalah yang tengah dihadapi.

Oleh sebab itu, perlu adanya suatu aktivitas yang bisa mengobati stres tersebut, di mana salah satunya adalah travelling atau jalan-jalan. Manfaat hobi travelling yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, yang mana disitu dikatakan jika orang-orang yang melakukan travelling merasa lebih bahagia dan tidak stres pasca melakukan kegiatan tersebut.

2. Merawat Fungsi Organ Tubuh

Stres menjadi ‘gerbang’ dari timbulnya masalah pada organ-organ tubuh, mulai dari otak hingga jantung sekalipun. Nah, karena travelling efektif untuk mengusir rasa stres, maka secara tidak langsung travelling turut berperan dalam merawat fungsi organ tubuh tersebut.

Di samping itu, manfaat travelling yang satu ini juga tak lepas dari aktivitas travelling yang membuat ‘memaksa’ tubuh untuk banyak bergerak, terlebih jika travelling yang Anda lakoni melibatkan aktivitas fisik yang banyak, seperti naik gunung atau pergi ke pantai, yang mana hal tersebut sangat baik untuk kesehatan fungsi organ tubuh.

3. Meminimalisir Risiko Penyakit

Dalam bukunya yang berjudul Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So, Roger Dow yang tak lain adalah presiden sekaligus CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat mengungkapkan bahwasanya melakukan travelling bermanfaat untk meminimalisir risiko penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.

Pernyataan Dow tersebut bukannya tanpa bukti. Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 12.000 orang, didapatkan hasil bahwa kelompok partisipan yang melakukan travelling lebih sering, memiliki tingkat risiko terkena penyakit stroke dan jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak atau jarang bepergian.

4. Membentuk Postur Tubuh Ideal

Siapa sangka, aktivitas travelling juga cukup membantu Anda untuk mendapatkan postur dan berat badan yang ideal. Pasalnya, saat melakukan kegiatan travelling seperti mendaki gunung, berenang di pantai, atau berjalan santai di kebun teh, Anda secara tidak langsung telah berolahraga.

Jadi, bagi Anda yang kini sedang merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimiliki, cobalah untuk memilih jenis travelling yang juga menuntut aktivitas fisik seperti yang disebutkan di atas, ya.

5. Memperbaiki Mood

Tidak selamanya Anda berada dalam mood yang baik, bukan? Ada saja hal-hal yang menjadi mood-breaker. Sangat tidak menyenangkan, bukan?

Manfaat travelling bagi kesehatan mental lainnya adalah memperbaiki mood yang buruk tersebut. Survei yang dilakukan oleh Diamond Resorts International mendapati fakta bahwa mereka yang melakukan travelling mengaku jika mood-nya kembali baik setiap kali melakukan perjalanan.

6. Momen Beristirahat

Melakukan travelling, baik itu ke luar kota, ke luar negeri, atau hanya sekedar berkeliling kota, menghasilkan manfaat hobi travelling yakni sebagai medium untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, apalagi sampai menyebabkan Anda kurang tidur.

Ketua National Sleep Foundation (NSF), Max Hirshkowitz mengatakan bahwa travelling menjadi momentum tepat bagi setiap orang yang memiliki waktu tidur kurang akibat aktivitas kerja yang terlalu padat.

7. Melatih Kemandirian

Jika selama ini Anda masih serba bergantung pada orang lain, orang tua misalnya, maka travelling adalah ajang bagi Anda untuk melatih diri agar bisa lebih mandiri.

Manfaat travelling yang satu ini akan lebih terasa apabila Anda melakukan solo travelling, yakni bepergian seorang diri mengunjungi destinasi wisata yang telah ditentukan.

Kondisi yang ‘memaksa’ Anda untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri, mulai dari memesan kamar hotel, naik transportasi umum, hingga bertanya pada orang sekitar, secara tidak langsung membentuk pribadi yang mandiri.

8. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Apakah selama ini Anda memiliki masalah dalam berkomunikasi? Jika ya, maka salah satu cara terbaik  untuk melatih skill komunikasi adalah dengan pergi travelling.

Saat jalan-jalan, Anda akan ‘dipaksa’ untuk banyak berbicara dengan orang lain, seperti saat berada di tempat wisata, atau ketika hendak menanyakan jalan kepada warga sekitar. Jangan heran ketika sudah pulang dari liburan, Anda jadi lebih percaya diri dan mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain.

9. Menambah Wawasan

Travelling akan membawa Anda pada situasi dan lingkungan baru yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Ini menghasilkan manfaat travelling selanjutnya yakni menambah wawasan Anda terhadap ‘dunia’ dan kebudayaan baru, yang mana hal tersebut bermanfaat bagi pengembangan diri Anda ke depannya.

10. Menambah Teman

Bepergian akan membuat Anda bertemu dengan orang-orang baru, baik itu saat di perjalanan dari dan menuju destinasi wisata, atau di tempat wisatanya itu sendiri.

Ini tentu saja merupakan hal yang positif karena ada kemungkinan Anda akan berkenalan dan akhirnya memiliki teman baru. Di zaman sekarang ini, memiliki banyak relasi sangatlah penting demi pengembangan diri dan karier Anda.

11. Meningkatkan Kreativitas

Jangan salah, manfaat travelling bagi kesehatan mental juga termasuk meningkatkan kreativitas, lho. Pasca bepergian, otak Anda akan kembali fresh, pun ditambah dengan insight baru yang didapat selama travelling.

Hal ini tentu saja akan membuat otak Anda dialiri banyak ide-ide segar yang lantas bisa Anda terapkan di pekerjaan sehingga bisa berdampak pada peningkatan performa Anda sebagai karyawan.

Itu dia manfaat travelling yang perlu Anda ketahui. Walaupun travelling kerap menguras kantong, namun melihat manfaat yang dihasilkannya, rasanya tidak ada salahnya untuk Anda setidaknya setahun sekali melakukan aktivitas satu ini. Selamat jalan-jalan!