Terbit: 28 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menebak-nebak apakah tomat merupakan sayur atau buah, rasanya menjadi lelucon yang tidak ada habisnya, sementara manfaat buat tomat sendiri lebih menarik untuk dibahas. Terutama untuk kesehatan dan kecantikan mata. Seperti yang dilansir dari homeremediesforlife.com, berikut ini beberapa manfaat tomat untuk mata Anda.

buah-tomat-doktersehat

Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Lingkaran hitam pada mata, cukup mengganggu penampilan. Anda akan tampak tidak segar, lelah sepanjang hari dan bisa membuat tidak percaya diri. Tmat mengandung lycopene, anti-oksidan yang dapat mengurangi warna gelap di bawah mata. Sifat alami pada tomat ini dapat mencerahkan kulit sampai batas maksimum.

Tomat juga memiliki sifat pelembap dan dapat meregenerasi, memudarkan lingkaran hitam pada mata. Manfaat buah tomat yang juga mengandung Vitamin A, B, C, sulfur, potasium, kalsium dan zat besi bisa meregenerasi kulit kusam dan rusak, memperbarui sel dan menstimulasi metabolisme sel.

Untuk menghilangkan kantung mata, Anda bisa menggunakannya sebagai masker. Potong buat tomat dan langsung tempelkan pada sekitar mata, atau Anda dapat membuatnya menjadi pasta tomat yang kental.

Tomat untuk Mata Sehat

Kandungan Vitamin A, dapat membantu mata Anda terhindar dari infeksi. Tomat bisa menjadi alternatif selain wortel. Kandungan Vitamin A, dapat mencegah bakteri dan virus yang bisa masuk ke dalam mata, tetap menjaga mata tetap lembap. Hal ini seperti yang dilansir dari drhealthbenefits.com.

Manfaat buah tomat lainnya adalah membantu proses penyaringan cahaya, juga untuk menghilangkan cahaya biru yang berpotensi merusak jaringan mata Anda. Hal ini didapat karena tomat mengandung lutein dan zeaxanthin.

Bagaimana? Mulai dari sekarang, tidak ada lagi alasan untuk meragukan manfaat buah tomat, bukan? Rajin-rajin mengonsumsinya ya, jika tidak suka dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi