Tak Usah Tunggu Matang, Tomat Hijau Ternyata Banyak Manfaatnya!

Tomat-hijau-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ titanium22

DokterSehat.Com– Saat mendengat kata tomat, kita tentu akan langsung membayangkan buah tomat yang berwarna merah dan segar, ya.

Tomat yang paling umum dikonsumsi dan banyak diolah sebagai saus, tentu adalah tomat yang berwarna merah dan sudah matang. Hal ini tentu wajar karena tomat yang matang menunjukkan kandungan gizi yang sudah baik dan siap makan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tomat yang belum matang dan masih berwarna hijau juga memiliki berbagai manfaat yang tak kalah hebatnya dari tomat merah.

Penasaran apa saja manfaat mengonsumsi tomat yang masih berwarna hijau? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Memilih tomat hijau untuk dimakan

Photo Credit: Flickr.com/John Stavley

Tomat hijau merupakan salah satu jenis bahan makanan yang baik dikonsumsi, namun jangan asal dalam memilihnya.

Tomat hijau yang dipilih adalah tomat berwarna hijau yang berukuran besar karena menunjukkan kondisi tomat yang menuju matang. Umumnya ditunjukkan dengan warna hijau terang atau memiliki garis semburat warna kekuningan hampir merah.

Dilansir dari Livestrong, konsumsi tomat hijau yang masih terlalu muda atau masih mentah disebut berbahaya karena mengandung banyak getah hingga racun untuk pencernaan.

Kandungan zat dan gizi yang ada pada tomat hijau

Tomat hijau memiliki kandungan zat gizi yang sama baiknya dengan tomat merah. Beberapa kandungan zat gizi utama pada tomat hijau adalah:

  • Vitamin C
    Meskipun tidak sebanyak tomat merah, kandungan vitamin C dalam satu cup tomat hijau, setara dengan 5-6 buah tomat ukuran sedang, terdapat 42 miligram yang sudah mampu memenuhi hampir separuh kebutuhan vitamin C pria dewasa.
  • Serat
    Kandungan serat yang ada pada tomat hijau cukup tinggi, dimana dalam satu cup tomat hijau terdapat 2 gram serat.
  • Beta karoten
    Meskipun belum berwarna merah, tomat hijau sudah memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yaitu 623 mcg dalam satu cupnya.
  • Vitamin dan mineral lain
    Kandungan vitamin dan mineral unggulan pada tomat hijau adalah potasium, kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin K.

Lalu, apa manfaat yang akan kita peroleh dengan mengonsumsi tomat hijau?

Photo Credit: Flickr.com/sharon

Berbagai kandungan zat dan gizi yang ada pada tomat hijau memiliki manfaat untuk tubuh berupa:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat hijau membuatnya menjadi sumber makanan yang dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata, tulang, dan tekanan darah tubuh

Beta karoten yang tinggi pada tomat hijau akan mendukung fungsi penyerapan vitamin A sehingga kesehatan mata lebih terjaga.

Sedangkan kalsium dan vitamin K yang ada pada tomat hijau baik untuk kesehatan tulang. Potasium pada tomat hijau mampu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

3. Memenuhi kebutuhan serat harian

Serat yang cukup tinggi pada tomat hijau baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian yang akan mendukung melancarkan pencernaan serta kadar gula darah & lemak tubuh.

4. Membantu membentuk otot

Tomat hijau belakangan mulai diteliti manfaatnya dalam pembentukan otot. Suatu studi yang diterbitkan oleh Journal Of Biological Chemistry, menyebutkan bahwa pemberian senayawa yang ada pada tomat hijau, pada hewan uji, memberikan hasil berupa peningkatan massa otot yang cukup baik.

Nah, itu dia kandungan gizi dan manfaat yang ada pada tomat hijau.

Kini Anda tidak hanya bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi tomat merah saja, namun tomat yang belum matang juga bisa Anda konsumsi, baik sebagai campuran salad, bahan baku sayuran atau jus. Selamat mencoba, ya!