Terbit: 30 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada berbagai manfaat tomat cherry. Tomat cherry biasa digunakan sebagai pelengkap makanan seperti salad, pizza, pasta, dll. Tomat cherry memiliki rasa manis dan segar. Jenis tomat ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ketahui apa saja kandungan tomat cherry, manfaat tomat cherry bagi kesehatan, dll.

11 Manfaat Tomat Cherry bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Kandungan Tomat Cherry

Tomat cherry adalah salah satu jenis tomat yang dipercaya sebagai campuran genetik antara currant liar dan tomat kebun. Secara komposisi biokimia, tomat cherry memiliki aroma dan rasa manis berbeda, serta bentuknya bulat kecil seperti buah ceri.

Tomat cherry ini banyak digunakan sebagai komponen kunci dari produk diet Mediterania karena mengandung berbagai nutrisi penting. Berikut ini adalah kandungan tomat cherry, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mangan
  • Kalium
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Vitamin K
  • Vitamin B kompleks
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Zinc
  • Rendah Kalori

Tomat cherry juga mengandung senyawa penting seperti karotenoid, likopen, dan fenolik. Kandungan  berbagai vitamin, mineral, dan senyawa itulah yang memberi manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

Manfaat Tomat Cherry

Tomat cherry dimanfaatkan dalam berbagai sajian makanan seperti salad, pasta, pizza, soup, sandwich, tumis, manisan, dll. Selain enak dan memberi aroma manis, tomat cherry juga memiliki berbagai khasiat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berikut ini adalah manfaat tomat cherry bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah Kanker

Tomat cherry memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi dari jenis tomat lainnya. Beta karoten adalah senyawa organik yang ditemukan secara alami pada sayuran dan buah-buahan berwarna terang seperti merah, kuning, dan oranye.

Berdasarkan penelitian di Jepang, beta karoten dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Cancer Research juga menyatakan bahwa kandungan beta karoten dapat efektif mencegah tumor dan risiko kanker prostat.

Kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidan lainnya di tomat cherry juga berperan dalam menekan pembentukan radikal bebas penyebab kanker. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengeksplorasi obat kanker berbasis kandungan ini.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tomat cherry telah lama dipercaya dalam produk diet Mediterania. Tomat cherry mengandung rendah kalori. Satu cangkir sajian tomat cherry hanya memiliki 30 kalori sehingga cocok sebagai menu diet sehat Anda. Tomat cherry juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat serat adalah untuk melancarkan pencernaan serta memberi efek kenyang lebih lama.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Tomat cherry kaya akan kandungan kalium. Manfaat kalium adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah secara efektif. Asupan kalium yang cukup berperan untuk meningkatkan keseimbangan cairan dan mengurangi tekanan pada arteri.

Mengonsumsi tomat cherry secara rutin dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium harian, namun harus tetap dibarengi dengan pola makan dan pola hidup sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Membantu Mengatasi Konstipasi

Tomat cherry mengandung banyak air dan serat yang berperan dalam meningkatkan pergerakan usus dan menghidrasi tubuh sehingga mengurangi konstipasi atau sembelit. Berbagai jenis tomat termasuk tomat cherry juga sering dikaitkan sebagai obat pencahar alami, namun penelitian lanjutan dibutuhkan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Seperti jenis tomat biasa, tomat cherry juga kaya akan vitamin A, likopen, dan beta karoten yang bersifat sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata terhadap berbagai kerusakan seperti katarak, mata minus, dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Mata sehat adalah investasi untuk masa depan. Selain tomat cherry, buah dan sayuran lain yang bagus untuk mata adalah wortel, jeruk, bayam, kale, dll.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti berbagai buah dan sayuran lainnya yang memiliki nutrisi alami untuk meningkatkan sistem imun, tomat cherry juga memiliki manfaat yang sama. Kandungan vitamin C dan antioksidan berperan dalam menambah kekebalan tubuh Anda. Menjaga kekebalan tubuh adalah cara paling dasar untuk melindungi diri dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit umum.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Tomat cherry mengandung berbagai nutrisi alami yang berefek baik untuk kesehatan jantung, yaitu serat, vitamin C, kalium, dan folat. Kalium menurunkan asupan natrium yang apabila diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat maka akan berperan baik dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sementara folat pada tomat cherry juga berfungsi untuk menyeimbangkan level homocysteine yang kemudian dikaitkan sebagai faktor untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Kesehatan Kulit

Manfaat tomat cherry selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan bagi kulit adalah untuk memperbaiki kulit secara alami, mengurangi efek peradangan, serta memicu produksi kolagen agar kulit tampak lebih muda.

Selain itu, kandungan likopen di tomat ceri juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah jerawat, dan mempertahankan kebersihan kulit. Beberapa wanita bahkan menggunakan tomat cherry sebagai salah satu bahan masker wajah alami.

9. Kesehatan Rambut

Vitamin A di dalam kandungan tomat ceri berperan untuk membantu pertumbuhan rambut dan menjaga tekstur rambut agar tetap lembut dan sehat.Vitamin A juga dapat melembapkan kulit kepala dan mencegah rambut rontok.

Walaupun demikian, perhatikan jumlah asupan vitamin A harian Anda. Overdosis vitamin A akan berbahaya bagi kesehatan dan malah memicu kerontokan rambut.

10. Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan

Terdapat manfaat tomat cherry untuk ibu hamil. Tomat cherry kaya akan kandungan folat atau vitamin B9 yang berperan untuk mendukung perkembangan otak bayi dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Asam folat juga penting untuk pertumbuhan jaringan dan fungsi sel selama kehamilan.

11. Melawan Radikal Bebas

Kandungan vitamin C, likopen, dan beta karoten pada tomat cherry berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari berbagai zat-zat beracun, kerusakan sel, dan risiko penyakit kronis.

Tomat cherry juga mengandung likopen yang dikaitkan dengan efektivitas untuk menekan paparan radikal bebas berbahaya serta mencegah penyakit kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker perut.

Itulah berbagai manfaat tomat cherry bagi kesehatan. Tomat cherry dapat Anda nikmati dalam sajian seperti pasta, sandwich, salad, sup, hingga jus. Buah kecil dan merah ini tidak hanya enak namun berkhasiat untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. AllThatGrows. 2018. Discover The Health Benefits of Cherry Tomatoes. https://www.allthatgrows.in/blogs/posts/health-benefits-of-cherry-tomatoes. (Diakses pada 30 Januari 2020).
  2. Camila Lama, Siddhi, Ph.D. 2018. Are Cherry Tomatoes as Healthy as Other Tomatoes?. https://www.livestrong.com/article/371958-cherry-tomatoes-nutrition-information/. (Diakses pada 30 Januari 2020).
  3. Corleone, Jill. 2018. What Are the Health Benefits of Eating Cherry Tomatoes?. https://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-eating-cherry-tomatoes-4042.html. (Diakses pada 30 Januari 2020).
  4. Ware, Megan, RDN, L.D. 2017. Everything you need to know about tomatoes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php. (Diakses pada 30 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi