Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda pernah mendengar tentang quinona? Balakangan ini quinoa mulai banyak dikenal dan digadang-gadang merupakan altenatif makanan yang super sehat.

Mengenal Quinoa, Makanan Super Sehat & Cara Mengonsumsinya

Kira-kira, apa itu quinoa, seberapa besar manfaatnya dan bagaimana mengonsumsinya? Yuk, sama-sama kita simak penjelasan lengkap mengenaio quinoa di bawah ini!

Apa itu quinoa?

Memiliki nama yang cantik, quinoa merupakan benih yang menyerupai biji. Quinoa berasal dari tanaman Chenopodium quinoa.

Quinoa-doktersehat-3

Photo Credit: Flickr.com/allispossible.org.uk

Meskipun quinoa memiliki bentuk mirip dengan gandum atau padi, dalam ukuran lebih kecil dan bulat, tanaman quinoa bukanlah jenis tanaman ladang atau serealia, namun lebih mirip pokok tanaman bayam.

Biji pada tanaman quinoa adalah bagian yang dapat dimakan, sehingga quinoa umum disebut sebagai biji-bijian dan mulai banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan, jajanan, hingga camilan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

manfaat-quinoa-untuk-rambut-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/Philipp Alexander

Penambahan quinoa sendiri cukup populer pada nasi, bahkan quinoa disebut-sebut sebagai alternatif pengganti nasi.

Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan quinoa dalam salad, masakan tumis, sayur berkuah, roti, atau minuman.

Manfaat quinoa bagi tubuh

Quinoa memiliki kandungan zat gizi yang cukup super.

Kandungan gizi quinoa
Kandungan protein, karbohidrat, zat gizi bebas gluten, serat, vitamin E, vitamin B kompleks, serta mineral mulai dari magnesium, mangan, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, omega 3, asam amino esensial yang lengkap plus antioksidan, ada dalam quinoa.

Kombinasi kandungan gizi tersebut membuat quinoa memiliki manfaat untuk tubuh, diantaranya:

doktersehat-merawat-kulit-dengan-quinoa

Photo Credit: Flickr.com/Philipp Alexander

– Sumber energi yang baik bagi tubuh

Quinoa memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari nasi dan gandum. Selain itu, kandungan karbohidrat pada quinoa, termasuk tinggi, namun paling rendah diantara keduanya.

Hal ini membuat quinoa dapat memberikan asupan energi yang baik, karena tidak hanya bisa dipilih sebagai sumber karbohidrat saja namun juga mampu memberikan asupan protein yang baik.

– Menjaga kadar gula darah dan kolesterol tubuh

tes-diabetes-doktersehat

Photo Source: Flickr/v1ctor

Kandungan serat dan asam emak esensial, atau omega 3, memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Serat yang cukup dalam tubuh akan membantu menurunkan glukosa darah serta meningkatkan pembuangan kolesterol jahat dari pencernaan. Kebutuhan serat yang tercukupi juga mampu mengontrol rasa lapar berlebihan sehingga kadar gula darah semakin optimal.

Sedangkan omega 3 bisa mendukung pembentukan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol tubuh menjadi lebih sehat.

– Menjaga kesehatan sel tubuh dan melawan radikal bebas

Kandungan mineral, seperti mangan dan magnesium, omega 3 dan antioksidan yang tinggi pada quinoa, membuatnya sangat efektif menjaga kesehatan sel tubuh dengan mencegah terjadinya peradangan pada sel dan melawan radikal bebas dalam tubuh.

Hal ini tidak hanya mampu menjaga kesehatan organ dan sistem tubuh saja, namun juga sangat baik untuk mencegah kanker.

Lantas, bagaimana cara sehat mengonsumsi quinoa?

Quinoa-doktersehat-2

Photo Credit: FLickr.com/Marco Verch

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mengolah quinoa:

  1. Cuci quinoa mentah hingga bersih. Hal ini untuk menghilangkan saponin, atau lapisan pahit, pada lapisan luar kulit quinoa.
  2. Masak quinoa seperti nasi. Rebus 1 gelas quinoa dengan 2 gelas air dan tunggu kurang lebih 15-18 menit, hingga air pada quinoa terserap sempurna.
  3. Quinoa yang sudah matang memiliki rasa yang tawar, sehingga Anda bisa menyajikan quinoa cukup sering agar manfaatnya dirasakan tubuh dengan optimal. Sajikan quinoa dengan berbagai lauk pada makanan utama, mencampurkan dalam salad sayur dengan tambahan dressing, atau tambahkan pada masakan dengan banyak bumbu alami agar terasa lebih nikmat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi