Terbit: 11 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia saat memasuki bulan ramadan adalah berburu takjil. Salah satu takjil yang sering diburu adalah buah timun suri. Buah ini menjadi idola karena menjadi buah pelepas dahaga yang cukup baik. Namun, tahukah Anda dibalik kemampuannya memenuhi rasa dahaga, timun suri memiliki manfaat lain. Apa saja manfaat timun suri yang berguna bagi kesehatan?

Kenali 13 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan Tubuh

Apa Saja Manfaat Timun Suri yang Bisa Anda Dapatkan?

Meski buah ini menggunakan nama timun, faktanya timun suri merupakan salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Berbagai nutrisi yang ada di dalamnya seperti vitamin A, C, magnesium, potasium, kalium dan asam linoleat. Berikut adalah beberapa manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat timun suri yang pertama adalah kemampuannya menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan baik. Hal ini dikarenakan timun suri memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, silica, dan antioksidan tinggi. Antioksidan ini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Baik bagi penderita diabetes

Seperti yang Anda tahu bahwa penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih makanan dan minuman. Kondisi gula darah yang cukup tinggi mengharuskannya untuk mengurangi konsumsi gula atau makanan manis.

Namun, timun suri adalah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, timun suri memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan. Sehingga, lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama pada penderita diabetes yang sedang berpuasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Memperlancar pencernaan

Ketika berpuasa, masalah yang sering dialami adalah sistem pencernaan yang tidak lancar sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dikarenakan tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama satu hari penuh.

Cara mengatasinya, cobalah untuk mendapatkan manfaat timun suri, sebab timun suri dipercaya mampu untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung air dan serat yang memang dipercaya baik untuk pencernaan.

4. Mengontrol kolesterol

Manfaat timun suri berikutnya adalah kemampuannya menjaga tingkat kolesterol di dalam tubuh. Sementara itu, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan ketika berbuka puasa bisa memicu penumpukan kolesterol di dalam tubuh.

Jika kolesterol tersebut dibiarkan menumpuk secara terus menerus maka akan berakibat fatal bagi jantung. Oleh sebab itu, cobalah untuk memilih makanan dan minuman yang bebas kolesterol maupun yang bisa mengontrol kolesterol, salah satunya adalah timun suri. Manfaat timun suri bisa didapatkan karena kandungan potasium, saponin, dan magnesium dalam timun suri bisa mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

5. Meningkatkan kekuatan sendi

Manfaat timun suri yang sering kali tidak disangka adalah kemampuannya menjaga kesehatan persendian. Hal ini karena kandungan silica dari timun suri. Silica dibutuhkan tubuh agar sendi tetap kuat serta sehat. Selain itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, kalsium, folat dan magnesium berguna untuk mengatasi gangguan rematik.

6. Melawan radikal bebas

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah yang berasal dari keluarga Cucurbitaceae memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas. Radikal bebas di dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, untuk mengatasi hal ini Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah timun suri.

Timun suri mengandung beberapa zat antioksidan seperti flavonoid, lignin, triterpen, beta-karoten dan vitamin C. Vitamin C sendiri baik untuk sistem kekebalan tubuh, sementara beta-karoten bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

7. Mencegah Alzheimer

Memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi, manfaat timun suri yang bisa didapatkan adalah mengembangkan osteotropik pada persendian dan meningkatkan massa tulang

Selain itu, vitamin K juga dipercaya untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Dengan mengonsumsi timun suri dalam jumlah yang tepat, maka hal itu dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit Alzheimer.

8. Mengandung zat antikanker

Manfaat timun suri berikutnya adalah kemampuannya menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut sebuah penelitian, kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan munculnya sel kanker.

9. Menyehatkan rongga mulut

Produksi air liur akan meningkat saat Anda mengunyah timun suri. Manfaat timun suri yang bisa didapatkan adalah membuat pH rongga mulut menjadi netral. Bagi Anda yang sedang menderita radang gusi dan sakit gigi, timun suri adalah pilihan yang terbaik.

10. Membantu melancarkan buang air kecil

Kandungan air yang tinggi dalam buah timun suri membuat buang air kecil Anda menjadi lancar. Oleh karena itu, buah ini dapat digunakan sebagai obat diuretik alami.

11. Memperlancar proses detoksifikasi

Serat dan air yang terkandung dalam timun suri ini membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun yang bersumber dari polusi, makanan dan minuman bisa menumpun di organ-organ penting tubuh. Apabila tidak segera dikeluarkan, maka hal itu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

12. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi dari timun suri mampu mencegah penuaan dini. Selain itu, zat antioksidannya juga mampu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

13. Menyehatkan kuku dan rambut

Kandungan silica pada timun suri mempunyai peran aktif untuk mencegah kuku rusak atau pecah-pecah. Selain itu, mengonsumsi timun suri juga dipercaya membuat volume rambut meningkat. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan timun suri untuk perawatan rambut tetapi dibutuhkan perawatan yang lain.

Nah, itulah beberapa manfaat timun suri yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi