Terbit: 23 Maret 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Manfaat tidur tanpa BH? Ya, tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat tidur tanpa mengenakan BH? Jika belum tahu, maka sebaiknya simak ulasan mengenai keuntungan tidur tidak mengenakan BH berikut ini!

7 Manfaat Tidur Tanpa BH yang Bikin Payudara Sehat dan Indah

Manfaat Tidur Tanpa BH yang Harus Diketahui Wanita

Para wanita seharusnya mengetahui beberapa manfaat tidur tanpa BH sehingga berniat dan memutuskan untuk mulai meninggalkan kebiasaan tidur memakai BH (reguler) yang berisiko untuk kesehatan terutama payudara.

Ingin tahu apa sajakah manfaat tidur tanpa bra? Yuk, simak penjelasannya!

1. Tidur Jadi Lebih Berkualitas

Manfaat tidur tanpa BH bisa membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Sering kali BH yang digunakan pada saat tidur apalagi bukan sleep bra akan mengganggu tidur Anda. Selama tidur, Anda akan gelisah karena BH yang digunakan.

Kegelisahan pada saat tidur akibat BH yang dipakai bisa jadi dikarenakan gatal, tertekan, dan lainnya. Hal ini pun membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak dan tidak berkualitas. Tidur yang kurang atau tidak berkualitas tentunya tidak baik untuk kualitas produktivitas Anda di pagi hingga petang hari.

Sebaliknya, kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat karena itu bisa membantu kinerja tubuh pada saat tidur yang terkait imunitas, pertumbuhan, dan perkembangan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat tidur tanpa bra juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan setiap bra yang dikenakan pasti akan menekan pembuluh darah sekalipun sleep bra walau bisa diminimalisir.

Jika Anda tidur tanpa mengenakan BH maka pembuluh darah Anda benar-benar akan terbebas dari tekanan. Namun, penting juga untuk memakai piyama atau baju tidur yang tepat supaya pembuluh darah Anda di bagian dada benar-benar lega.

Sirkulasi darah Anda akan menjadi lancar dan darah pun bisa terdistribusi dengan baik. Anda pun akan memiliki sistem peredaran darah yang lebih baik. Sirkulasi darah yang baik juga bisa menghindarkan Anda dari efek negatif seperti pusing, varises, dan kram.

3. Memiliki Pernapasan yang Lebih Baik Selama Tidur

Selain memperbaiki sirkulasi darah, manfaat tidur tanpa BH juga akan membuat sistem pernapasan Anda menjadi lebih baik selama tidur. Ingatlah bahwa pernapasan saat tidur adalah hal penting sekaligus bisa menjadi fatal.

Selama tidur, Anda harus bernapas dengan baik karena pada saat itu Anda bernapas secara tidak sadar. Selain itu, bernapas pada saat tidur itu lebih sulit daripada saat berdiri. Jadi, penting untuk memerhatikan bagian dada Anda saat tidur agar pernapasan tetap bagus.

4. Membantu Memperbaiki Sistem Limfatik

Perlu diketahui bahwa sistem limfatik sangat penting bagi imunitas tubuh. Sistem limfatik yang baik akan menyehatkan tubuh karena tubuh akan terbebas dari limbah dan mampu melawan infeksi akibat kuman, bakteri, atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Jarang orang mengetahui bahwa manfaat tidur tanpa bra dapat membantu memperbaiki sistem limfatik. Hal ini dikarenakan tidur tanpa bra membuat aliran getah bening menjadi lancar dan sistem limfatik pun dalam kondisi baik-baik saja.

5. Mengurangi Peluang Infeksi

Manfaat tidur tanpa bra juga bisa berguna untuk menurunkan peluang infeksi akibat jamur dan bakteri. Jika Anda tidur tanpa bra maka kulit Anda menjadi lebih terbuka dan lebih bebas untuk bernapas.

Aliran udara yang keluar masuk kulit menjadi lebih lancar. Ini bisa membuat kulit di bagian dada Anda terhindar dari infeksi. Sebaliknya, jika Anda tidur dengan BH maka permukaan kulit akan tertutup dan mengganggu aliran udara sehingga mudah terinfeksi mikroba.

6. Menghindari Cedera

Pada umumnya, BH yang Anda kenakan memiliki beberapa jenis bahan seperti tali, kawat, karet, dan lainnya. Ini bisa membahayakan terutama bagi Anda yang memiliki posisi tidur sangat dinamis.

Pergerakan yang cenderung tiba-tiba dan tidak disadari bisa saja membuat BH menjadi rusak. Hal ini lebih parah lagi jika BH yang Anda pakai memang telah rusak seperti bagian kawat yang menonjol keluar.

Meskipun kecil kemungkinan peluang bahaya yang sangat berisiko tetapi ini bisa menimbulkan cedera ringan pada bagian kulit payudara dan dada Anda. Manfaat tidur tanpa bra bisa meminimalkan risiko cedera ini.

7. Terhindar dari Hiperpigmentasi

Ada lagi manfaat tidur tanpa BH yang perlu Anda ketahui. Manfaat tersebut juga terkait dengan keindahan payudara Anda. Melepas BH saat tidur bisa membuat Anda terhindari dari tekanan permanen yang dapat menimbulkan hiperpigmentasi sehingga kulit payudara menjadi lebih gelap.

Baca juga: 12 Bahaya Tidur Memakai Bra bagi Kesehatan dan Keindahan Payudara

Apakah Tidur dengan BH Itu Salah?

Memang banyak orang yang mengatakan bahwa memakai BH itu bisa menimbulkan gangguan medis pada payudara dan peredaran darah. Sebenarnya hal ini juga agak keliru karena kesalahan sebenarnya terletak pada bra atau BH yang dikenakan saat tidur.

Posisi tidur yang cukup dinamis akan membuat posisi BH juga mengalami perubahan tak menentu. Hal ini memungkinkan payudara Anda berada pada posisi yang tidak nyaman hingga menyebabkan beberapa gangguan pada payudara.

Jelas, mengenakan BH saat tidur merupakan kesalahan dan bisa menimbulkan gangguan. Namun, jika Anda menggunakan BH yang dirancang untuk tidur (nighttime bra atau sleep bra) maka ini tidak salah.

Beberapa wanita sudah mulai menggunakan sleep bra saat tidur karena tidak menimbulkan efek negatif sebagaimana jika memakai BH biasa saat tidur. Jadi, jika Anda tidak menggunakan bra khusus tidur maka sebaiknya Anda tidak perlu memakai bra pada saat tidur.

Ini dikarenakan tidur tanpa bra tidak hanya menghindarkan Anda dari dampak negatif tetapi ada banyak manfaat tidur tanpa BH yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: 8 Fakta Tentang No Bra Day (No. 4 Tak Disangka)

Apakah Tidur dengan Bra Bisa Mencegah Payudara Melorot?

Setelah mengetahui manfaat tidur tanpa BH, ada baiknya Anda mengetahui jawaban dari sebuah pertanyaan yang dimiliki oleh kebanyakan wanita. Para wanita yang tetap bersikeras memakai bra saat tidur meskipun bukan sleep bra juga harus tahu.

Belum diketahui secara pasti bahwa manfaat tidur dengan bra bisa mencegah payudara kendur atau melorot. Selain itu, belum bisa dipastikan pula bahwa efek melepas BH saat tidur bisa membuat payudara melorot atau menurun.

Keduanya sama-sama masih belum jelas. Namun, ada hal yang sudah jelas yaitu dampak negatif penggunaan BH reguler saat tidur dan manfaat tidur tanpa BH. Maka Anda lebih baik menghindari efek memakai bra saat tidur dan meraih manfaat tidur tanpa bra yang lebih jelas. Anda termasuk orang cerdas bukan?

Bagaimana? Apakah Anda masih ingin memakai BH saat tidur atau sudah mulai berpikir untuk melepas BH saat tidur malam nanti? Buktikan sendiri sederet manfaat tidur tanpa bra ini!

 

  1. Carter, Louise. Tanpa Tahun. 10 Major Benefits of Sleeping without a Bra (You May Not Know)!. https://www.sleepbubble.com/benefits-of-sleeping-without-a-bra-you-may-not-know/. (Diakses 23 Oktober 2019)
  2. Symon, Evlin. 2017. Does Wearing a Bra At Night Helps To Prevent Breast Sagging?. https://medium.com/@evlinsymon/does-wearing-a-bra-at-night-helps-to-prevent-breast-sagging-ee667d43a7. (Diakses 23 Oktober 2019)
  3. Is It OK to Wear a Bra While Sleeping?. https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/Is-It-OK-to-Wear-a-Bra-While-Sleeping. (Diakses 23 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi