Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk orang yang memiliki rutinitas pekerjaan yang padat setiap hari? Jika benar, maka Anda memiliki risiko kematian di usia dini. Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian, bahwa seseorang yang memforsir tubuh dan otaknya setiap hari akan meningkatkan risiko datangnya berbagai macam penyakit yang berujung kematian.

Wah, Tidur di Akhir Pekan Ternyata Bisa Kurang Risiko Kematian

Berangkat dari fenomena tersebut, membuat para ilmuan mencari tahu dan mengkaji ulang tentang cara mencegah terjadinya risiko menyeramkan tersebut. Alhasil dari serangkaian observasi ilmiah, ditemukan hasil bahwa seseorang yang menggunakan waktu liburnya untuk beristirahat dan tidur bisa terhindar dari kematian dini.

Studi itu dilakukan oleh Stockholm University, Swedia, yang menguji beberapa responden dengan tingkat rutinitas yang super padat. Didapati hasil bahwa mereka yang menghabiskan waktu akhir pekan dengan beristirahat, menjadi lebih bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan sebagainya.

Sebab, sebagai pegawai kantoran yang melakukan rutinitas, aktivitas tubuh terbatas. Anda hanya duduk selama sehari penuh tanpa ada gerakan berarti lainnya. Selain itu, tingkat stres juga sangat tinggi yang menyebabkan organ pada tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Apalagi jika Anda adalah seorang perokok aktif dan gemar mengonsumsi junk food. Maka risiko itu akan semakin besar. Oleh karenanya, disarankan untuk tetap bergerak selama jam kerja, baik itu berdiri atau berjalan untuk meregangkan tubuh agar aliran darah menjadi lancar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Lebih dari itu, gunakan waktu liburan Anda untuk beristirahat. Disarankan untuk tidur melebih dari 8 jam, yakni sekitar 10 jam sebagai pengganti kualitas tidur yang terpotong di hari aktif kerja. Walaupun harus beraktivitas, lakukanlah aktivitas yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran yang telah kacau akibat pekerjaan yang menumpuk di kantor.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi