Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

khasiat-terong-belanda-doktersehat
Photo source: Steemit.com @sarahwil

DokterSehat.Com – Apakah Anda suka meminum jus terong belanda yang sudah banyak ditemukan di rumah makan, kafe, atau penjual jus? Kalau jawabannya adalah iya maka itu hal yang baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat terong belanda bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan.

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang terong belanda termasuk mengenal karakteristik terong belanda, kandungan gizi terong belanda, manfaat terong belanda, dan resep jus terong belanda yang nikmat dan menyegarkan.

Mengenal Terong Belanda

Terong belanda adalah salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari keluarga Solanaceae (terong). Buah ini memiliki nama latin yaitu Solanum Betaceum. Mungkin banyak yang menyangka bahwa buah terong belanda (dutch eggplant) berasal dari tanah Belanda. Hal ini adalah sebuah kekeliruan dan perlu diluruskan.

Buah terong belanda berasal dari kawasan Amazon yang ada di Benua Amerika. Mungkin Anda akan bertanya lalu mengapa dinamakan terong belanda? Hal ini dikarenakan buah terong belanda ini pertama kali dibawa dan diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahan pertama di Indonesia.

Terong belanda tidak seperti terong ungu yang memiliki bentuk lonjong dan panjang. Bentuk buah terong belanda berbentuk oval menyerupai telur. Buah terong belanda umumnya memiliki warna merah marun. Aroma terong belanda cukup khas dan unik bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Kulit luar dari terong belanda memiliki rasa yang pahit tetapi daging buah memiliki rasa yang segar dan mengandung banyak air. Terong belanda biasa dinikmati dalam bentuk jus buah atau sop buah yang sama-sama menyegarkan dan juga menyehatkan.

Kandungan Gizi Terong Belanda

Tanaman terong belanda di samping memiliki rasa yang menyegarkan, tanaman ini juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah terong belanda kaya akan zat-zat gizi.

Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada di setiap 100 gram buah terong belanda:

  • Energi          : 48 kkal
  • Karbohidrat  : 11,3 gram
  • Protein         : 1,5 gram
  • Lemak          : 0,3 gram
  • Vitamin B     : 0,04 mg
  • Vitamin C     : 17 mg
  • Kalsium        : 13 mg
  • Zat Besi        : 1 mg
  • Fosfor          : 24 mg
  • Potasium      : 320 mg

Manfaat Terong Belanda bagi Kesehatan

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bahwa dibalik kelezatan terong belanda tersimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Meskipun tidak seperti buah lain yang memiliki manfaat segudang, manfaat terong belanda tidak bisa dipandang sebelah mata:

Berikut ini adalah beberapa manfaat terong belanda bagi kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat terong belanda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalam buah terong belanda bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan pada vitamin C pada buah terong belanda mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mengatasi beberapa penyakit ringan

Kandungan vitamin C dan vitamin lainnya serta kalsium di dala buah terong belanda membuat terong belanda memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit ringan. Beberapa penyakit ringan tersebut seperti bisulan, sakit tenggorokan, dan sakit maag. Di belahan negara lain, buah terong belanda dipercaya berkhasiat untuk mengobati amandel.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat terong belanda bisa untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Zat-zat gizi yang terkandung di dalam buah terong belanda akan menurunkan kadar kolesterol jenis Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal dengan istilah kolesterol jahat.

Selain itu, manfaat terong belanda juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol jenis High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Dengan terjadinya penurunan kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat sehingga aliran darah tidak memiliki masalah.

4. Mengobati tekanan darah tinggi secara alami

Buah terong belanda bermanfaat untuk menyebuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan potasium di dalam buah terong belanda bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Bagi Anda penderita hipertensi, konsumsilah buah terong belanda bila ingin hipertensi Anda cepat sembuh.

5. Mencegah penyakit anemia

Tidak hanya kondisi medis berupa tekanan darah tinggi saja yang bisa diobati dengan mengonsumsi buah terong belanda, anemia pun bisa dicegah dengan konsumsi buah terong belanda. Kandungan berbagai vitamin, mineral zat besi, dan serat pada buah terong belanda bermanfaat untuk menambah darah sehingga anemia bisa dicegah.

6. Mencegah penyakit kanker

Selain anemia, ternyata manfaat terong belanda bisa juga untuk mencegah penyakit kanker secara alami dan aman. Penyakit pembunuh ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah terong belanda. Pengonsumsi terong belanda yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan kandungan likopen di dalam tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker.

7. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat buah terong belanda bisa menjaga jantung Anda agar selalu sehat dan memiliki fungsi yang normal. Kandungan mineral yaitu kalium di dalam terong belanda bisa menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung sehingga jantung tetap terpelihara kesehatannya dengan baik.

8. Menstabilkan gula darah

Apakah kamu tahu bahwa manfaat terong belanda bisa membuat kadar gula darah Anda tetap stabil? Buah terong belanda bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah melalui kandungan serat di dalam terong belanda. Bagi Anda penderita diabetes bisa mengonsumsi terong belanda karena memiliki kadar glikemik yang rendah.

9. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Manfaat terong belanda bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dipercaya bisa melindungi dari terjadinya kerusakan pada otak. Penyakit yang disebabkan kerusakan otak pun bisa dicegah seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat terong belanda juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan beberapa vitamin yang mendukung untuk terawatnya kulit tubuh dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan berseri. Selain itu, kandungan flavonoid, fenol, dan anthocyanin bisa mencegah stress pada kulit dan mengatasi penuaan dini.

Resep Jus Terong Belanda yang Lezat dan Sehat

Rasa buah terong belanda memang cukup asam. Akan tetapi, Anda bisa menyulapnya menjadi makanan atau minuman yang lezat. Kebanyakan orang mengolah buah terong belanda menjadi jus atau sop buah. Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuat jus terong belanda yang lezat dan sehat?

Berikut ini adalah resep jus terong dan belanda yang lezat dan sehat:

Bahan

  1. 100 gram terong Belanda
  2. 100 gram yogurt
  3. 1 buah cheri
  4. gula sesuai selera
  5. pemanis seperti susu kental manis, sirup dan madu
  6. es serut atau es yang sudah dihancurkan

Cara membuat

  1. Campur semua bahan-bahan di dalam blender untuk kemudian dihaluskan menjadi sebuah jus nikmat.
  2. Tunggu sebenar hingga terong belanda menjadi halus
  3. Apabila sudah halus maka tuanglah jus ke dalam sebuah gelas
  4. Hiaskan gelas yang berisi jus terong belanda dengan menggunakan cheri dan pemanis

 

 

Sumber:

  1. Universitas Negeri Yogyakarta. DKBM Indonesia. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318122/pendidikan/DKBM-Indonesia.pdf